Terpapang Spanduk Besar , Petugas RSUD PH Tembilahan Tidak Tahu Ada Posko

Administrator - Senin,28 September 2015 - 10:47:56 wib
Terpapang Spanduk Besar , Petugas RSUD PH Tembilahan Tidak Tahu Ada Posko
Masyarakat Inhil dibuat bingung dengan keberadaan Posko Kesehatan Tanggap Darurat Kabut Asap di RSUD. Meski terpampang spanduk, petugas tidak mengetahui adanya posko. /FOTO: riauterkini

TEMBILAHAN (RRN) - Anehnya, petugas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan, tidak tahu di tempat tugasnya terdapat Posko Kesehatan Tanggap Darurat Akibat Kabut Asap. Kejadian ini dialami seorang warga Maryanto saat memeriksakan matanya seperti iritasi saat kabut asap makin tebal wilayah Inhil, khususnya kota Tembilahan. Saat ia mendatangi meja petugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ingin memeriksakan matanya, petugas disana merasan heran dan menyebutkan tidak ada posko ini. "Tidak ada posko ini bang," jawab petugas yang berjaga di IGD sekira pukul 12.00 Wib tersebut.


Saat dikatakan, kalau begitu untuk apa ada spanduk besar bertuliskan posko tersebut di depan IGD tersebut. Petugas tersebut lantas menyatakan akan menanyakan dulu kepada petugas kesehatan yang jaga di ruang IGD, setelah itu barulah ia mempersilahkan yang bersangkutan masuk dan menunggu dokter. Saat ini, pemeriksaan bergabung dengan pasien penderita penyakit lainnya yang masuk ke IGD.


Setelah diperiksa, lalu diberi resep dam disuruh mengambil di apotek RSUD PH tersebut. Dipertanyakan, kenapa obat tersebut harus diambil di apotek, seharusnya, kalau memang ini disediakan sebagai posko dampak kabut asap, obat yang lazim dialami bagi penderita kabut asap, sudah tersedia di posko tersebut.


Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr Irianto menyampaikan, telah memerintahkan stafnya untuk menjelaskan kepada petugas yang tidak tahu mengenai adanya posko tersebut. "Barusan saya perintahkan dokter Udin ke IGD untuk menjelaskannya ke petugas yang belum tahu," jawabnya ketika dikonfirmasi awak media.


Lanjutnya, (padahal) sudah ada SK petuhas yang melayani di posko tersebut. Sedangkan mengenai lokasi posko di ruangan IGD, karena RS ini tidak memiliki ruangan khusus, maka digabung saja di IGD tersebut. (teu/rtc)