Kesiapan Venue Berkelas Dunia PON XX Papua Terus Digesa

Administrator - Minggu,25 Juli 2021 - 13:47:28 wib
Kesiapan Venue Berkelas Dunia PON XX Papua Terus Digesa
Suasana diskusi bertajuk "Venue Kelas Dunia PON XX Papua"

RADARRIAUNET.COM - Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) menggelar diskusi bertajuk "Venue Kelas Dunia PON XX Papua" dengan menghadirkan sejumlah pihak diantaranya Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw serta sejumlah tokoh lainnya.

Pelaksanaan PON tinggal hitungan 70 hari, Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 akan digelar di Papua. Perhelatan pesta olah raga tertinggi di tanah air ini akan digelar pada, 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Kementerian PUPR pun telah membangun delapan venue untuk pertandingan PON XX di Papua. Termasuk membangun segala infrastruktur penunjang lainnya.

2a (1)


Selain venue-venue yang dibangun oleh Kementerian PUPR, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menyatakan, pihaknya pun telah membangun dua venue untuk mendukung pertandingan olahraga pada PON XX.

"Kami Kabupaten Jayapura membangun dua venue juga ada Stadion Barnabas Youwe yang siap akan digunakan, tapi juga ada Gelanggang Olahraga (GOR) itu namanya Habel Melkias Suwae (HMS). Itu semua ada di Kota Sentani. Jadi itu juga sudah siap
digunakan untuk kepentingan PON nanti," kata Mathius Awoitauw dalam acara Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk "Venue Kelas Dunia PON XX Papua" pada Sabtu 24 Juli 2021.

Kedua fasilitas itu dibangun dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Jayapura.

Kedua venue ini telah rampung dibangun dan tinggal hanya tahap pengecekan terakhir agar siap digunakan.

Masyarakat Jayapura pun menyambut baik penyelenggaraan PON XX di Papua. Pihaknya pun semaksimal mungkin akan menjadi tuan rumah yang baik.

2C

Hal ini pun dilakukan dengan menggencarkan program vaksinasi untuk masyarakat Jayapura, khususnya mereka yang tinggal di sekitar arena.

Menurut dia, sudah hampir 50 persen masyarakat telah mengikuti vaksinasi. Ditargetkan 100 persen masyarakat telah mendapatkan vaksinasi pada akhir Juli 2021.

Ini menjadi momentum yang bagus bagi Papua menyambut PON pada Oktober mendatang, dan vaksinasi juga merupakan perintah Presiden RI bahwa semua orang yang terlibat dalam PON wajib divaksinasi.

Pihaknya pun menargetkan penyelenggaraan PON XX bisa berjalan dengan sukses. Termasuk sukses dalam bidang prestasi, ekonomi dan administrasi.

Selain itu, pihaknya pun berharap PON XX bebas dari COVID-19. Agar semua orang yang datang dan pulang dalam keadaan sehat.


Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti secara langsung di FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (FMB9/JOHN/VR/TR)