Kerja Sama Vaksin dengan Tiongkok Dinilai Cerdas

Administrator - Minggu,26 Juli 2020 - 00:10:42 wib
Kerja Sama Vaksin dengan Tiongkok Dinilai Cerdas
Ilustrasi. Medcom.id

RADARRIAUNET.COM: Kerja sama vaksin virus korona (covid-19) dengan Tiongkok disambut baik banyak pihak. Langkah itu dinilai cerdas.

"Saya kira Indonesia cukup cerdas bekerja sama dengan beberapa negara," kata Pakar epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono, dalam diskusi virtual Crosscheck bertajuk ‘Vaksin China, Uji Klinis Bukan Kelinci Percobaan’, Minggu, 26 Juli 2020.

Pandu menyebut efektivitas uji klinis lebih moncer di wilayah dengan tingkat infeksi yang tinggi. Hal itu sejalan dengan kasus covid-19 yang masih bertambah di Indonesia.

Pengembangan vaksin, kata Pandu, tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Salah satu jalan pintasnya adalah bekerja sama dengan negara lain sambil mengembangkan vaksin mandiri.

"Kita harus banyak strategi dalam dunia pengembangan vaksin di masa emergency," ujar dia.

Pandu berharap pengembangan vaksin dalam negeri terus berlanjut. Kendati telah bekerja sama dengan Tiongkok.

"Tidak boleh berhenti dan kita harus teruskan," tegas dia.

Untuk diketahui Vaksin covid-19 dari perusahaan Sinovac asal Tiongkok akan memasuki uji klinis tahap tiga pada Agustus 2020. Uji klinis dilakukan oleh PT Bio Farma yang bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung.

Sebelum uji klinis, vaksin harus dilewati uji Laboratorium di Bio Farma dan perizinan lainnya. Uji klinis akan dilaksanakan dengan mengambil sampel sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia antara 18 hingga 59 tahun.

 

RRN/Medcom