Ria Irawan "Direnggut" Kanker, Jagad Hiburan Berduka

Administrator - Selasa,07 Januari 2020 - 11:00:59 wib
Ria Irawan
Ria Irawan

RADARRIAUNET.COM: Kabar duka datang dunia hiburan Tanah Air. Artis peran  Ria Irawan meninggal dunia "direnggut" penyakit kanker yang dideritanya, pada Senin (6/1/2020) sekitar pukul 04:00 WIB. Ria Irawan menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Dilansir dari Kompas.com, pada Senin pagi itu tampak jenazah Ria dibawa ke rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, untuk disemayamkan.

Jenazah Ria Irawan tiba di rumah duka sekitar pukul 07.30 WIB. Beberapa anggota keluarga turut berada dalam mobil ambulans, salah satunya Dewi Irawan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, puluhan pelayat sudah mendatangi rumah duka yang berada di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Tenda-tenda dan deretan kursi pun sudah dipasang dan sebagian sudah terisi oleh pelayat.

Sejumlah artis yang terlihat hadir adalah Sha Ine Febriyanti yang tiba bersama dengan suami. Sementara, sebagian kerabat terlihat tengah melantunkan doa di samping jenazah Ria. Terlihat di antaranya adalah suami Ria Mayky Wongkar, Dewi Irawan, Jajang C Noer, dan Oka Antara.

Sebelumnya, pada tahun 2009, Ria Irawan didiagnosis terkena kanker getah bening. Sempat dinyatakan sembuh, namun kanker getah bening yang diidap Ria Irawan kembali aktif. Ria Irawan pun kembali menjalani pengobatan sejak September 2019 lalu. Namun, kondisi Ria semakin memburuk hingga dirinya menghembuskan napas terakhir pada Senin (6/1) subuh.

Sang suami, Mayky Wongkar mengatakan, Ria Irawan memang sudah kritis sebelum meninggal. “Memang sudah kritis, Mas,” ucap Mayky saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin.

Mayky Wongkar, menceritakan kronologi meninggalnya Ria Irawan kepada media. Sejak beberapa hari terakhir, Ria Irawan dirawat secara intensif karena kondisi yang terus menurun.

"Terus hari ini pukul 4 (WIB) gue ninggalin dia (Ria) buat salat Subuh, tapi gue enggak ninggalin dia sendirian sih karena kan beberapa hari ini keluarga ada di sekitar gue sama Ria," kata Mayky Wongkar di rumah duka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Namun seusai ia menunaikan salat Subuh, suasana di kamar perawatan tak lagi sama. Pihak keluarga tampak panik dan sangat bersedih.

"Subuh jam 4 itu gue pergi salat, ada Mbak Dewi Irawan dan suster nemenin pas gue balik semua udah pada nangis, suster bilang kayaknya udah enggak nafas," papar Mayky Wongkar.

Memang, sejak pekan lalu, kondisi sel kanker di paru-paru Ria Irawan semakin memburuk. Dokter pun berencana melakukan tindakan pada hari ini namun sayang nyawanya tak sempat tertolong.

"Dokter bilang 'Hari Senin ini, mau kayak dimasukin alat kamera kecil gitu buat nyari sumber kankernya itu dimasukin ke paru,' pokoknya harus nyari sumbernya itu," jelasnya.

"Soalnya kan sedot terus tapi tumbuh lagi dan enggak baik buat paru dia, eh nggak lama ya gitu lah (meninggal)" Mayky Wongkar mengakhiri

Ria Irawan divonis menderita kanker endometrium pada 2014. Setelah dilakukan kemoterapi, radiasi dan tindakan medis lainnya, Ria Irawan dinyatakan sembuh dari penyakit mematikan itu.

Namun pada 2017, sel kankernya kembali aktif dan menjalar ke diafragma. Sejak 2019, penyakit itu menyebar organ tubuh lainnya seperti otak dan paru-paru. Sebelumnya, ia sempat menjalani berobat jalan.

Belakangan ini, Ria Irawan memang kerap bolak-balik rumah sakit untuk mengobati sakit kanker yang dialaminya. Kanker telah menyebar hingga ke bagian kepala Ria Irawan sehingga membuat kondisinya memburuk.

Dimakamkan di Tanah Kusir

Artis peran Ria Irawan ini dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Jenazah Ria Irawan tiba di TPU Tanah Kusir pukul 12:45 WIB dengan diiringi oleh para pelayat yang hadir.

Dari pantauan, sejumlah artis seperti Jajang C Noer hingga Ray Sahetapy turut mengantarkan Ria Irawan di tempat peristirahatan terakhirnya.

Suasana haru pun terlihat ketika jenazah Ria mulai dimasukan ke liang lahat. Tangis dan doa dipanjatkan oleh para pelayat. Mayky, suami dari Ria Irawan ikut turun ke liang lahat menguburkan sang istri tercinta. Sementara kakak Ria, Dewi Irawan, berada di atas liang lahat melihat sang adik dikebumikan.

Ria Irawan meninggal dunia di usia 50 tahun Senin pagi. Ria Irawan meninggal setelah berjuang melawan kanker stadium 4. Pada tahun 2009, Ria Irawan didiagnosis terkena kanker getah bening. Sempat dinyatakan sembuh, tetapi kanker getah bening yang diidap Ria Irawan kembali aktif.

Kakak kandung Ria, Dewi Irawan melalui akun Instagram-nya mengunggah foto keranda milik Ria yang tampak sudah berada di dalam mobil ambulans. "Pulang, adikku sayang," tulis Dewi Irawan disertai emoji hati di Instagram Story-nya seperti dikutip Kompas.com.

Setelah itu, Dewi juga me-repost ucapan belasungkawa dari artis peran Marsha Timothy. "Innalillahi A Innailahi rojiun...Selamat jalan mba Ria Irawan, May you rest in love.

Turut berduka cita sedalam dalamnya, semoga untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan dan keikhlasan," kata istri aktor Vino G Bastian itu.

 

RR/kps/lpt/zet