Strategi Wardan Tingkatkan Kualitas Peserta MTQ Inhil

Administrator - Kamis,14 November 2019 - 14:29:18 wib
Strategi Wardan Tingkatkan Kualitas Peserta MTQ Inhil
Bupati Inhil HM Wardan menyerahkan uang pembinaan pada perwakilan kafilah yang mengikuti TC MTQ tingkat Provinsi Riau. Foto: Rpc

RADARRIAUNET.COM: Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir dibawah kepemimpina HM Wardan sangat optimis mampu meningkatkan kualitas peserta MTQ Kabupaten Inhil.Hal itu dikemukakan usai memberikan uang pembinaan pada sejumlah Kafilah atau peserta MTQ tingkat Provinsi Riau ke-38 saat ini tengah mengikuti training centre (TC). Termasuk kafilah berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Agar peserta ini lebih semangat maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memberikan dukungan berupa dana pembinaan.

Dana pembinaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Inhil Wardan disaat acara penutupan TC, pembinaan dan pelatihan MTQ di Tembilahan, akhir pekan kemarin. Dan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan bimbingan, pelatihan dan pembianaan kepada qari/qariah serta hafiz/hafizah cabang MTQ yang akan diperlombakan.

Peserta mengikuti pembinaan dan pelatihan ini, terdiri dari para juara MTQ Ke-49 Kabupaten Inhil 2019, yang dilaksanakan di Kecamatan Tembilahan Hulu untuk semua cabang yang diperlombakan pada waktu lalu.

Dalam arahannya, Bupati Wardan mengaku merasa bangga dapat hadir pada kesempatan itu. Karena menurutnya, hal itu merupakan sebuah kehormatan, baik baginya maupun kepada peserta dan pelatih.

"Saya selalu memantau pelaksanaan dari pelatihan ini. Alhamdulillah, semua dapat berjalan dengan baik dan sukses. Bahkan sesuai dengan diharapkan," ungkap bupati, dilansir riaupos.co.

Kegiatan itu, lanjut bupati, tentu dapat terlaksana berkat kesungguhan dari semua peserta dan pelatih. Dan dia berharap, semoga dengan keseriusan dan niat baik itu dapat dijabah oleh Allah SWT.

"Mudah-mudahan selama 1 bulan ini bisa betul-betul memberikan semangat bagi para kafilah untuk menghadapi MTQ mendatang di Kabupaten Kampar. Maka, siapkan mental dan fisik yang prima," pesannya.

Masih kata bupati, seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah berharap ke kafilah untuk meraih hasil maksimal. Dan yang paling penting itu bisa berupaya semaksimal mungkin untuk menghadapi MTQ tingkat provinsi. 

sebuah kehormatan, baik baginya maupun kepada peserta dan pelatih."Saya selalu memantau pelaksanaan pelatihan ini. Alhamdulillah, semua dapat berjalan dengan baik dan sukses," ungkap bupati.

Kegiatan itu, lanjut bupati, dapat terlaksana berkat kesungguhan dari semua peserta dan pelatih. Dia berharap semoga dengan keseriusan dan niat baik itu dapat diijabah oleh Allah SWT.

"Mudah-mudahan selama 1 bulan ini betul-betul memberikan semangat bagi para kafilah untuk menghadapi MTQ mendatang. Siapkan mental dan  fisik yang prima," pesannya.

Masih dikatakan bupati, seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah berharap kepada kafilah untuk dapat meraih hasil maksimal. Dan yang paling penting harus berupaya dan semaksimal mungking untuk menghadapi MTQ tingkat provinsi. Terakhir untuk memberikan semangat kepada seluruh kafilah, bupati juga menjanjikan bonus berupa umrah bagi kafilah yang berhasil memperoleh peringkat pertama.

Setelah dilakukan Training Centre (TC) Pembinaan dan Pelatihan TH 2019 bagi kafilah Kabupaten Indragiri Hilir selama 1 bulan, Sabtu (10/11/2019) dilakukan penutupan yang dihadiri lansung Bupati HM.Wardan bersama Ketua LPTQ, Kakan Kemenag, dan beberapa Kepala Dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir di Mesjid YAMP Komplek Kantor Bupati.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan bimbingan, pelatihan dan pembianaan kepada Qari Qrariah, Hafiz hafizah dan cabang MTQ lainnya guna mempersiapkan Kafilah Inhil menghadapi MTQ tingkat Provinsi Riau Ke-38 TH 2019 akan datang di Kabupaten Kampar.

Adapun peserta yang mengikuti Pembinaan dan Pelatihan ini adalah para juara 1 MTQ Ke-49 Kab Inhil TH 2019 yang dilaksanakan di Kecamatan Tembilahan Hulu beberapa waktu yang lalu dari semua cabang.Pelatihan dan pemantapan Qori - Qoriah yang dilaksanakan selama 1 bulanDiikuti Sebanyak 28 orang berkat Kerjasama LPTQ dan BAZNAS.

Sebelumnya, Bupati Inhil HM Wardan menargetkan Kabupaten Indragiri Hilir menjadi juara umum pada kegiatan MTQ tingkat Provinsi Riau.Hal tersebut disampaikannya dalam penutupan pelatihan pemantapan persiapan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang dilaksanakan di Mesjid Yayasan Amal Masjid Pancasila (YAMP) Tembilahan, Ahad 10 November 2019.

Pelatihan dan pemantapan itu dalam rangka mempersiapkan kafilah-kafilah Kabupaten Inhil untuk berlomba di ajang MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan diadakan di Bengkinang, Kabupaten Kampar, pada tanggal 23 November 2019 mendatang.

Bupati Inhil, HM Wardan mengucapkan terimakasih atas keseriusan dan kesungguhan  pihak panitia LPTQ dalam mempersiapkan diri, jiwa dan raga kafilah-kafilah yang akan berlomba nantinya. "Pelatihan dan pemantapan selama 1 bulan ini, kepada para kafilah diharapkan siap menuju MTQ Provinsi Riau," ujar Bupati.

Mengenai target Kabupaten Indragiri Hilir di MTQ tingkat Provinsi Riau nanti, Bupati Inhil berharap Inhil membawa pulang piala juara umum MTQ."Target (juara) saya tidak muluk-muluk, membawa pulang piala juara umum. Juara 1 akan diberangkatkan umroh serta juara 2 akan ada bonus," ungkap Bupati yang disambut tepuk tangan pihak LPTQ dan para kafilah.

Selain itu Bupati HM Wardan juga menyinggung program 1 Desa 1 Rumah Tahfidz dan Maghrib Mengaji andalan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir."Tujuan utamanya bukan untuk hasil MTQ, tetapi dengan program tersebut agar SDM generasi muda dibina dan ditanamkan jiwa Qurani," tuturnya.

Bupati merasa prihatin dengan generasi muda yang banyak terjerumus dan terpengaruh oleh narkoba, menghisap lem, dan sebagainya sehingga merusak generasi Bangsa."Insya Allah tahun 2020 Islamic Center akan di bangun dan perencanaannya sudah dibuat, dengan harapan negeri ini menjadi negeri Kampung Quran," pungkasnya.

Selain itu, Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melepas 4.800 peserta pawai taaruf dalam rangkaian Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 tingkat Kabupaten Inhil di Astaka utama MTQ.

Peserta pawai taaruf terdiri dari 20 kafilah perwakilan kecamatan se-Kabupaten Inhil, serta seluruh instansi pemerintah, organisasi massa dan mahasiswa.Bupati Inhil, HM Wardan mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh panitia kabupaten dan panitia lokal beserta seluruh masyarakat yang sangat berantusias mengikuti dan meramaikan MTQ ke-49 Kabupaten Inhil.

"Saya memantau dan melihat secara langsung persiapan MTQ, belum dimulai saja masyarakat sudah meramaikan, ini suatu hal yang membanggakan kabupaten kita," ucapnya.

Bupati juga mengajak seluruh instansi dan masyarakat Inhil untuk mempererat tali silaturahmi dalam momen MTQ tahun 2019 ini. "Mari kita bersatu untuk membumikan Alquran," ajaknya.

Lanjut Bupati, ketika sudah dilaksanakan MTQ tingkat desa dan kecamatan, maka kini saatnya diselenggarakan untuk tingkat kabupaten. "Kita harapkan yang kita laksanakan ini mendapatkan berkah," sebutnya.

Bupati berharap, dengan persiapan yang sudah dilakukan selama ini Kabupaten Inhil akan dapat membawa pulang piala MTQ Riau yang akan diadakan di Kabupaten Kampar nanti. "Mari kita bersama-sama mensukseskan MTQ ini," pesanya.

Sementara itu, hadir juga pada pembukaan pawai taaruf MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Inhil, Wakil Bupati Inhil, unsur Forkopimda dan Forkopincam.Terpisah, Ketua Dewan Penasehat Organisasi Wanita Indragiri Hilir (Inhil) Hj Zulaikha Wardan, mengatakan bahwa keberadaan organisasi dapat dijadikan sarana meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga.

Pernyataan ini disampaikannya saat menghadiri puncak Peringatan Hari Kartini ke - 140 tingkat Kabupaten Inhil tahun 2019 di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Selasa (23/4/2019) pagi kemarin.

Dalam kesempatan ini Zulaikhah menyampaikan melalui organisasi wanita mari tingkatkan kualitas dan kreatifitas diri melalui program-program pemerintah yang telah dirancang guna membantu mensejahterakan keluarga.

"Peran organisasi sangat strategis, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan terhadap keluarga kita masing-masing," ungkap Zulaikhah Wardan.Oleh karenanya, dia mengajak momen hari Kartini, dapat pula dijadikan kaum perempuan di Kabupaten Inhil sebagai  sarana untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas di dalam menjalankan roda organisasi.

Sedangkan Pembina Organisasi Wanita Inhil H Darusalam, mengatakan pada saat ini kaum perempuan telah memainkan peran strategis dalam kemajuan pembangunan daeraha khususnya di Kabupaten Inhil."Semua ini kita rasa tidak terlepas dari jasa-jasa dan perjuangan RA Kartini dimasa Lalu,"jelas Darusalam, yang juga menjabat sebagai Asisten I Setdkab Inhil itu.

 

RR/IKC/R1C/RPC/