Tanda dan Gejala Seseorang Alami Gangguan Jiwa

Administrator - Selasa,02 Juli 2019 - 12:21:41 wib
Tanda dan Gejala Seseorang Alami Gangguan Jiwa
Ilustrasi. cnni pic

Jakarta : Aksi seorang perempuan berinisial SM yang membawa anjing ke masjid di Bogor, Jawa Barat viral di media sosial. Kepolisian menyebut perempuan itu mengalami gangguan kejiwaan.

Selain surat keterangan medis, salah satu gejala gangguan kejiwaan yang dimiliki SM terlihat dari keterangan yang tak konsisten dan emosi yang meledak-ledak .

Disitat CNN Indonesia, gangguan kejiwaan pada seseorang ditandai dengan sejumlah gejala. Gangguan kejiwaan ini termasuk dalam masalah kesehatan mental. Orang dengan gangguan kejiwaan memerlukan perawatan yang serius, serupa dengan kesehatan fisik.


1. Perubahan kepribadian

Gangguan kejiwaan ditandai dengan perubahan kepribadian pada seseorang. Dikutip dari Psychiatry, orang dengan gangguan jiwa bertindak dan berperilaku berbeda yang terbilang aneh dan kadang tak masuk akal.

2. Perubahan suasana hati

Suasana hati orang yang mengalami gangguan jiwa juga sering kali berubah tak menentu. Mereka bisa cemas, marah, menangis, atau bahkan melakukan kekerasan fisik. Dikutip dari Psychology Today, perubahan suasana hati ini berlangsung dengan cepat, tak menentu, dan tanpa sebab yang jelas.

3. Penarikan diri

Seseorang dengan gangguan kejiwaan dapat menarik diri secara sosial dan menghabiskan waktu sendiri. Mereka kerap hilang minat pada kegiatan yang sebelumnya disukai.

4. Kurang merawat diri

Orang dengan masalah kesehatan mental sering mengabaikan kebersihan diri sendiri. Mereka juga kerap terlibat dalam perilaku yang berisiko seperti mengonsumsi alkohol, narkoba, dan kekerasan.

5. Putus asa

Gangguan jiwa juga membuat seseorang merasa putus asa. Mereka berpikiran hidup berjalan sulit dan tak ada harapan untuk memperbaiki hidup.

6. Tidak logis

Gejala gangguan kejiwaan lainnya adalah berpikiran tidak logis. Mereka acap kali memiliki keyakinan yang tidak biasa dan berlebihan.


RRN/CNNI