Akui Kasus HIV/AIDS Meningkat di Siak, Bupati Syamsuar Sayangkan Jumlahnya Tak Boleh Diekspos

Administrator - Rabu,26 Agustus 2015 - 15:58:12 wib
Akui Kasus HIV/AIDS Meningkat di Siak, Bupati Syamsuar Sayangkan Jumlahnya Tak Boleh Diekspos
Bupati Syamsuar membuka kegiatan Ajang Prestasi Remaja Generasi Berencana (APR GenRe) Tingkat Kabupaten Siak.

SIAK SRI INDRAPURA (RRN) - Setiap tahun, kasus penderita virus HIV/AIDS di Kabupaten Siak mengalami peningkatan. Sayangnya, Pemerintah Pusat mengambil kebijakan agar jumlah kasus penderita penyakit mematikan ini tidak boleh dipublikasikan.


"Sekarang ada aturan dilarang ekspos jumlah penderita HIV. Saya juga protes, saya tanya kenapa tak boleh dipublikasikan. Kenapa disimpan, seharusnya diekspos saja biar menjadi perhatian. Kalau disimpan bisa seperti gunung es, sewaktu-waktu meledak," kata Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, saat membuka kegiatan Ajang Prestasi Remaja Generasi Berencana (APR GenRe) Tingkat Kabupaten Siak, Provinsi Riau di salah satu hotel di Siak, Senin (24/8/2015) malam.


Ditekankan Syamsuar, remaja merupakan generasi penerus bangsa. Untuk itu perlu dukungan semua pihak agar remaja melakukan kegiatan yang positif. "Perlu dukungan untuk mensukseskan cita-cita generasi muda. Tahun 2045 nanti, saat HUT Seabad RI, remaja sekarang yang akan memimpin Negeri ini," katanya.


Kendati demikian, Syamsuar begitu miris melihat fakta dilapangan, dimana masih banyak remaja yang hamil di luar nikah, terjerat narkoba, kena virus HIV/AIDS dan kenalan remaja lainnya.


"Tiap tahun saya tinjau sekolah, selalu ada anak yang tak ikuti ujian akhir. Kata kepala sekolah, siswa yang tak ikut ujian itu malu karena hamil di luar nikah. Ini fakta yang terjadi. Saya berharap dengan kegiatan ini bisa menekan berbagai masalah yang dihadapi remaja kita," ujar Syamsuar.


"Era globalisasi sungguh banyak yang bisa kita lihat melalui internet, baik informasi positif maupun negatif. Butuh peran serta orang tua untuk memperhatikan anak, informasi yang diperoleh bisa disaring si anak," jelasnya.


Kepala BP3AKB Siak, Arfan Usman menambahkan, kegiatan positif ini diikuti perwakilan remaja dari 14 kecamatan di Siak. Ada sekitar 7 perlombaa yang dilaksanakan selama 3 hari ke depan, seperti cerdas cermat, balas pantun, lomba yel-yel dan lainnya.


"Kegiatan ini cukup diminati remaja, ini sangat positif dalam mengembangkan kualitas remaja kita," ujar Arfan.


Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Indra Warman menyebutkan, Siak termasuk 3 besar daerah di Riau yang aktif melaksanakan kegiatan terhadap remaja. Dengan mengisi kegiatan positif, diharapkan mampu menekan perbagai persoalan yang menghancurkan masa depan generasi muda.


"Kita sudah sampaikan juga agar ada surat edaran Bupati keseluruh camat untuk melaksanakan kegiatan yang sama di tingkat kecamatan," pungkasnya. (grc/n)