Ingin Tidur Nyenyak, Yuk Atasi Insomnia dengan Cara Ini

Administrator - Kamis,20 Oktober 2016 - 15:55:36 wib
Ingin Tidur Nyenyak, Yuk Atasi Insomnia dengan Cara Ini
ilustrasi. pdc

RADARRIAUNET.COM - Gangguan insomnia bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun bukan gangguan berbahaya, namun hal ini dapat memicu timbulnya penyakit yang lebih berbahaya yaitu penyakit jantung. Meskipun belum jelas berapa lama dan berapa besar pengaruhnya terhadap kemunculan penyakit tersebut, namun kedua hal itu berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu sebelum gangguan ini menyebar dan meningkat, Kamu harus segera atasi agar setiap malam Kamu bisa tidur nyenyak dan berkualitas.

Tingkatkan Kualitas Tidur
Insomnia terjadi karena kesulitan tidur, namun hal ini membuat kualitas tidur juga berkurang. Oleh karena itu, Kamu harus berupaya meningkatkannya dengan tidur pada jam yang sama setiap malam. Jika Kamu secara teratur tidur pada jam tertentu setiap hari setiap malam, maka gangguan tidur bisa secara perlahan teratasi karena tubuh cenderung bisa menyesuaikan sehingga pada jam tertentu saat waktunya tidur, Kamu mungkin mendapatkan sinyal-sinyal seperti mengantuk tanda tubuh harus beristirahat.

Agar tidur malam lebih pulas, aktivitas di siang hari juga harus lebih banyak. Aktivitas fisik yang dilakukan harus ditambah karena hal tersebut dapat melancarkan peredaran darah sehingga saat malam hari tubuh akan merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Tempat tidur Kamu juga harus dirancang khusus untuk tempat beristirahat, bukan sekaligus tempat nonton tv atau bekerja agar tidur lebih nyaman. Matikan lampu dan coba pejamkan mata dengan perasaan dan pikiran yang tenang.

Hindari Kafein Saat Malam
Minum kafein bisa membuat Kamu susah tidur dan kafein bukan hanya ada pada kopi saja seperti yang banyak diketahui, namun juga ada pada coklat dan teh. Jadi kalau Kamu menghindari kafein dengan tidak minum kopi namun justru mengkonsumsi coklat atau teh, maka akibatnya pun akan sama saja.

Jadi jangan atasi rasa susah tidur dengan minum coklat atau teh karena dianggap menenangkan sebab faktanya keduanya tidak dapat membantu masalah gangguan tidur. Makan malam juga harus beberapa jam sebelum tidur, jangan menjelang waktu tidur karena pencernaan membutuhkan waktu untuk mencerna makanan agar tidak menimbulkan insomnia.


pdc/radarriaunet.com