KKP: Pembuatan Pusat Perikanan Muara Baru Penuh Pertimbangan

Administrator - Selasa,18 Oktober 2016 - 14:00:58 wib
KKP: Pembuatan Pusat Perikanan Muara Baru Penuh Pertimbangan
KKP berencana membangun pasar perikanan modern di Muara Baru, Jakarta Utara. cnn
RADARRIAUNET.COM - Pelaksana Tugas Direktur Jendral Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Zulficar Mochtar menyatakan, pembangunan pasar modern di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman dilakukan untuk memajukan perikanan nasional. Di sana nantinya akan dibangun Pusat Perikanan Nasional sekelas Pasar Tsukiji di Jepang
 
Zulficar mengatakan hingga saat ini Indonesia belum memiliki tempat pengelolaan ikan nasional. Padahal sebagai negara dengan luas perairan kedua terbesar di dunia, Indonesia membutuhkan pusat pengelolaan perikanan.
 
"Potensi perikanan Indonesia sangat besar, tapi hingga saat ini tidak punya pusat pengolahan perikanan, makanya pembangunan Pasar Modern ini perlu dilakukan," kata Zulficar di Kompleks DPR, Jakarta kemarin.
 
Selain itu, pasar tersebut juga perlu dibangun di kawasan dekat perkotaan besar seperti Muara Baru. Hal tersebut menurut dia agar memudahkan transaksi pertukaran uang dan akan lebih mudah menarik pengunjung, baik domestik maupun mancanegara.
 
"Revitalisi di TPI muara Baru itu bukan tanpa pertimbangan, pembangunannya juga akan dilakukan di tanah milik KKP, jadi memang tidak akan ada masalah," katanya.
 
KKP berencana merevitalisasi kawasan Muara Baru menjadi Pasar Modern perikanan sekelas Tsukiji di Jepang. Pasar tersebut nantinya akan menjadi pusat pengolahan ikan nasional, di mana di dalam pasar itu bukan hanya terjadi aktivitas jual beli, tetapi akan disediakan lemari dingin, pengolahan ikan, hingga kuliner makanan laut.
 
Rencananya pasar tersebut akan dibangun dengan kapasitas bangunan 20 lantai. Namun, rencana pembangunan pasar modern tersebut masih mengalami penolakan besar besaran dari masyarakat Muara Baru, khususnya para pedagang ikan.
 
Para pedagangan ini khawatir akan kehilangan pelanggan dan lapak tempat mereka berjualan. 
 
"Pelanggan saya sudah tahu saya jualan di sini, kalau dipindah lagi belum tentu mereka tahu, belum lagi ketidakpastian buat kami ketika pasar ini sudah jadi modern, bukan tidak mungkin kalau pekerjanya nanti justru dari KKP," kata Ucok salah satu pedagang di Tempat Pelelangan Ikan Muara Baru.
 
 
cnn/radarriaunet.com