Hendrawan Supratikno sebut PDIP Cari Hari Baik Umumkan Dukungan ke Ahok

Administrator - Senin,05 September 2016 - 09:35:38 wib
Hendrawan Supratikno sebut PDIP Cari Hari Baik Umumkan Dukungan ke Ahok
Hendrawan Supratikno. mtrtv
RADARRIAUNET.COM - Teka-teki langkah di Pilkada DKI 2017 segera terjawab. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menyebut, PDIP akan segera mendeklarasikan dukungan kepada petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
 
"Bentuk dukungan masih indikatif, sekarang menuju deklaratif. Kami masih mencari momentum dan hari baik,” ujar politikus PDIP Hendrawan Supratikno, Minggu (4/9/2016).
 
PDIP, ujar dia, masih terus melakukan konsolidasi internal untuk menyatukan arah.
 
Sebelumnya, politikus Golkar Yorrys Roweyai dalam rapat koordinasi teknis partainya memastikan PDIP bakal merapatkan barisan untuk mendukung Ahok dalam pilgub DKI. Yorrys menyatakan PDIP bakal segera mendeklarasikan sikap dalam beberapa hari ke depan.
 
Kepastian itu dia dapat setelah menjalin komunikasi politik yang intens dengan pengurus PDIP. "Dalam satu atau dua hari lagi akan diumumkan oleh PDIP. Dan kami bersyukur PDIP akan bersama-sama dengan NasDem, Golkar, Hanura untuk bersama-sama mendukung Ahok pada Pilkada 2017," kata dia.
 
Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Ahok, Nusron Wahid mengapresiasi PDIP bila akhirnya telah memutuskan sikap untuk mendukung petahana. "Tentu kita menerima dong kalau PDIP merapat, masa merapat tidak diterima. Tidak merapat saja kita terima kok, apa lagi kalau merapat," kata dia.
 
Ia mengungkapkan DKI masih sangat membutuhkan petahana dalam membenahi berbagai persoalan Ibu Kota. "Untuk menata Jakarta hari ini itu masih membutuhkan sosok yang tegas dan berani,” kata dia.
 
Di sisi lain, ia mengungkapkan petahana juga membutuhkan konfigurasi dukungan yang kuat dari sejumlah parpol yang mengusungnya. Maka, dukungan dari PDIP juga bakal sangat menentukan keberhasilan petahana dalam setiap penyusunan kebijakan di DKI.
 
Sekretaris NasDem DKI Wibi Andrino mengatakan masih terus menjalin komunikasi politik dengan PDIP. Tapi, NasDem menangkap sinyal yang begitu kuat dari PDIP untuk segera memberikan dukungan kepada Ahok dalam pemenangan pilgub DKI. "Kalau PDIP merapat dan memberi dukungan, sudah pasti Djarot yang mendampingi Ahok sebagai pasangannya,” kata juru bicara tim pemenangan Ahok tersebut.
 
NasDem amat mengapresiasi PDIP bila segera merealisasikan pernyataan sikap dukungan terhadap petahana. “Itu merupakan merupakan salah satu langkah yang dinanti koalisi pendukung Ahok,” ujar Wibi.
 
Pada 17 Agustus lalu, Ahok bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut digelar secara tertutup itu turut hadir Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.
 
Dalam pertemuan tersebut, Ahok mengklaim Mega menunjuk dirinya. Ahok pun mengaku tak perlu melakukan rangkaian tes agar bisa diusung PDIP.
 
"Intinya sinyal Bu Mega, kan ada tiga opsi. Tapi Ibu Mega lebih cenderung sama petahana. Yang pasti bagi Ibu Mega, aku (Ahok) tidak perlu fit and proper test dan tidak perlu mendaftar karena aku sudah pernah terdaftar di tahun 2012. Itu Ibu Mega ngomong," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 17 Agustus.
 
Kepastian dukungan PDIP kepada Ahok dalam Pilkada DKI 2017 juga sempat dilontarkan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Fayakhun Andriyadi. Fayakhun menjamin kabar itu bukan kabar burung. Ia mengatakan, komunikasi partai politik pengusung Ahok dengan PDI Perjuangan tak hanya di tingkat wilayah.
 
"Saya dengar dan ketahui, PDIP segera mendukung Ahok," kata Fayakhun saat dihubungi wartawan, Selasa 16 Agustus 2016.
 
Sekedar diketahui, Ahok telah memutuskan maju melalui jalur partai politik dalam Pilkada DKI 2017. Tiga partai telah menyatakan dukungannya kepada mantan Bupati Belitung Timur ini yaitu Golkar, Hanura dan NasDem. Dukungan tiga partai ini sudah cukup buat Ahok maju melalui jalur partai dengan 24 kursi di DPRD DKI. Jumlah itu sudah melewati syarat yang ditentukan KPU yakni 22 kursi DPRD.
 
 
mtrtv/radarriaunet.com