Jika Tidak Waspada Dari Sekarang, Stroke Bisa Menyerang di Usia Muda

Administrator - Kamis,01 September 2016 - 10:00:13 wib
Jika Tidak Waspada Dari Sekarang, Stroke Bisa Menyerang di Usia Muda
ilustrasi. pdc

RADARRIAUNET.COM - Sejak dahulu serangan stroke diyakini hanya dapat menyerang orang yang sudah lanjut usia saja, namun belakangan ini kondisi tersebut semakin diragukan, seiring dengan berkembangnya jaman serta kondisi lingkungan dan pola hidup yang semakin tidak sehat, telah banyak sekali kasus stroke yang mulai menyerang orang yang tergolong masih berusia muda.

Saat ini, orang dengan usia yang masih muda tidak menjamin dapat terhindar dari penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung. Sebab, banyaknya perubahan yang terjadi terutama pada pola dan gaya hidup usia muda. Berikut terdapat beberapa gejala umum stroke :

Gejala umum yang sering kali terjadi adalah berupa mati rasa, kelumpuhan atau perasaan lemah tiba-tiba di wajah, lengan atau kaki, khususnya jika hanya terjadi satu sisi tubuh, dan gangguan pada keseimbangan.

Gejala lain dapat berupa perubahan daya pandang secara tiba-tiba, gangguan bicara, atau perasaan bingung dan sakit kepala kronis tiba-tiba yang berbeda dengan sakit kepala sebelumnya.

Gejala yang timbul dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya, bisa saja akibat terjadinya pengentalan darah atau perdarahan.

Seseorang di usia muda dapat dengan mudah terkena stroke atau serangan jantung ketika dalam keadaan stres yang sangat berat, kondisi tersebut dapat memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah pada otak.

Kondisi penyumbatan pembuluh darah ke otak inilah yang disebut yang dengan stroke. Sementara, jika yang tersumbat adalah pembuluh darah ke jantung, maka kondisi itu disebut serangan jantung. Tetapi Keduanya bisa mengakibatkan kematian secara mendadak.

Gaya hidup masyarakat terutama usia muda yang tidak sehat menyebabkan banyak anak-anak dan orang dewasa yang beresiko terserang stroke.

Faktor risiko yang memicu terjadinya stroke dapat berupa dengan kebiasaan merokok, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Sementara itu pakar kesehatan telah sering mengungkapkan, gaya hidup pada usia muda yang saat ini gemar mengkonsumsi makanan siap saji menjadi salah satu faktor meningkatnya resiko terjadinya serangan stroke atau jantung.

Kandungan zat LDL (Low Density Lipoprotein) yang terdapat di dalam makanan siap saji dapat mengendap di dalam pembuluh darah manusia.

Situasi itu diperparah dengan semakin memburuknya kondisi lingkungan serta semakin sedikitnya masyarakat yang peduli dengan kesehatan.


kps/fn/radarriaunet.com