Waspadai Bahaya Penggunaan Earphone Terhadap Pendengaran

Administrator - Jumat,12 Agustus 2016 - 09:42:55 wib
Waspadai Bahaya Penggunaan Earphone Terhadap Pendengaran
ilustrasi. pdc

RADARRIAUNET.COM - Setidaknya 90% dari 4.500 penduduk kota New York beresiko mengalami gangguan pendengaran akibat paparan kebisingan dari MP3 player maupun smartphone yang seringkali mereka dengarkan melalui earphone.

Demikian hasil studi baru dalam jurnal Environmental Science and Technology yang juga dilansir media kesehatan. Sang peneliti, Richard Neitzel, Assistant professor of risk di University of Michigan menemukan bahwa resiko gangguan pendengaran mengintai orang yang hidup di perkotaan.

Neitzel menyebut resiko buruk dari pengunaan earphone yang terlampau sering bisa memicu resiko gangguan pada indera pendengaran. Seperti berkurangnya kemampuan mendengar, sampai rasa sakit di bagian telinga.

Hal tersebut akan semakin kompleks jika earphone dan piranti sejenisnya digunakan dalam waktu yang terlampau sering dengan volume yang cenderung keras.

Jika memang Anda penggila musik, sebaiknya mulailah mengurangi pemakaian earphone dalam berbagai kegiatan. Frekuensi penggunaan earphone dengan sehat, alias tidak terlalu sering, dapat membantu menghindari gangguan pendengaran.


pdc/fn/radarriaunet.com