Olahraga Tepat Penghancur si Lemak Perut Membandel

Administrator - Minggu,08 Mei 2016 - 23:21:20 wib
Olahraga Tepat Penghancur si Lemak Perut Membandel
ilustrasi perut buncit. Thinkstock/Rudyanto Wijaya/cnn
RADARRIAUNET.COM - Dalam 'pertandingan' penurunan berat badan, tidak semua bagian berlemak diciptakan sama. Hal ini berarti kalau semua lemak bisa dihancurkan dengan cara yang sama. 
 
Di antara semua wilayah tubuh yang berlemak, perut adalah wilayah tubuh yang paling bandel. Lemak perut sangat sulit untuk dihancurkan. Tak heran kalau banyak orang mengeluh karena perutnya yang buncit. 
 
Mengutip Womens Health, sebuah studi terbaru menemukan bahwa ada satu latihan yang bisa membakar lemak perut atau lemak visceral. Tak dimungkiri lemak visceral adalah salah satu hal yang menyebalkan. Lemak ini tergolong lemak tak sehat karena terletak di dalam rongga perut dan mengelilingi beberapa organ penting. 
 
Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness, peserta melakukan latihan empat kali seminggu dengan olahraga yang berbeda-beda. Satu kelompok melakukan empat macam gerakan kardio dan latihan kekuatan. Sementara kelompok lainnya melakukan dua kali latihan statis dan dua latihan interval intensitas tinggi atau high intensity interval training (HIIT) 
 
Kelompok orang yang melakukan HIIT ternyata tak cuma kehilangan berat badan secara keseluruhan, tapi juga kehilangan lemak perut lebih banyak. Kelompok ini menunjukkan penurunan lemak visceral yang signifikan dibandingkan orang yang melakukan aktivitas gym rutin. Selain itu, kelompok HIIT juga meningkatkan kebugaran dalam urusan pernapasan kardio. 
 
Peneliti mengatakan bahwa latihan HIIT adalah olahraga dalam rentang waktu pendek namun intens. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendorong kemampuan tubuh sampai batas maksimal. Inilah sebabnya mengapa HIIT menjadi senjata ampuh pembasmi lemak. 
 
 
 
Indah/cnn/h24