Uniknya Air Terjun Tiwu Repot di Manggarai Timur

Administrator - Rabu,28 Oktober 2015 - 13:37:25 wib
Uniknya Air Terjun Tiwu Repot di Manggarai Timur
FOTO: kompas.com

NUSA TENGGARA (RRN) - PAGI-pagi, Minggu (25/10/2015), sekitar jam 09.30 Wita, saya dan Yeremias Martin, guru komite Sekolah Dasar Katolik Waelengga melaju dengan kendaraan motor menuju ke Dusun Nale, Kampung Sambikoe, Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Saya dengan Yeremias bergegas menuju tempat yang sering dibicarakan warga Kota Waelengga dan Sambikoe tentang Air Terjun Tiwu Repot.

Selama ini air terjun tersebut hanya diketahui oleh warga lokal di Dusun Nale, Lempe, Kampung Sambikoe dan Waelengga. Sedangkan warga Kabupaten Manggarai Timur belum mengetahui adanya Air Terjun Tiwu Repot.

Ada apa sesungguhnya di Dusun Nale di Kampung Sambikoe? Pertanyaan ini terus terbawa dalam benak saya dan Yeremias Martin tentang Dusun Nale.
Dengan menggali berbagai informasi dari warga masyarakat di Kota Waelengga, ibu kota Kecamatan Kota Komba kami terus mencari apa yang “tersembunyi” di sebelah barat dusun itu.

Apa yang tersembunyi itu? Wow, kami benar-benar kagum dengan keunikan dan keindahan Air Terjun Tiwu Repot yang berada di bagian Hulu aliran Sungai Waelengga, di Kampung Sambikoe.

Selama ini KompasTravel selalu memperoleh informasi tentang destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi. Destinasi itu adalah sebuah air terjun yang berada di hulu aliran sungai.

Ketika warga masyarakat di Kota Waelengga menantang KompasTravel untuk mengunjungi air terjun itu, semangat ingin tahu terus bergelora untuk mengabadikan keunikan anugerah alam serta mempromosikannya.

Beberapa kali saya meminta kerabat dan saudara di Kota Waelengga untuk mendampingi saya berkunjung ke tempat tersebut.
Akhirnya tantangan dari warga masyarakat di Kota Waelengga untuk mengabadikan keunikan dan keindahan air terjun Tiwu Repot terwujud dengan didampingi Yeremias Martin.

Tak sia-sia informasi yang disampaikan warga masyarakat. Daya tarik Air Terjun Tiwu Repot tak kalah dengan destinasi air terjun lain di wilayah Flores barat pada umumnya, juga di Kabupaten Manggarai Timur pada khususnya.

Beruntung KompasTravel adalah media pertama yang mengunjungi tempat itu dan mempublikasikan secara luas. Selama ini potensi destinasi wisata alam masih tersembunyi di wilayah Kota Komba.

Perlahan-lahan tapi pasti, biro perjalanan dan pemandu wisata akan mempromosikan keunikan alam yang berada tak jauh dari Jalan Lintas Flores.

Tokoh Adat Suku Seso Kampung Sambikoe, Damianus Tarung saat berbincang-bincang dengan awak media  menjelaskan, Air Terjun Tiwu Repot berada di hulu aliran Sungai Waelengga.

Air Terjun Tiwu Repot memiliki artinya dalam bahasa lokalnya dari Suku Seso. "Tiwu" berarti sungai, sedangkan "Repot" berarti nama tempat air itu mengalir.

Jadi "Tiwu Repot" berarti air terjun yang ada sungainya. (kps/fn)