Warga Gotong-royong di TPS Jalan Siderejo

Camat Dumai Selatan Imbau Jaga Kebersihan

Administrator - Rabu,09 September 2015 - 13:06:13 wib
Camat Dumai Selatan Imbau Jaga Kebersihan

DUMAI SELATAN (RRN) - Masyarakat mengadakan gotong-royong (goro) sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi lingkungan khususnya di lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah diujung Jalan Siderejo, Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan. Camat Dumai Selatan, Hj Yusmanidar SSos MSi turun langsung ke TPS Jalan Siderejo dan melakukan goro bersama warga pada Senin (7/9) pagi.


Goro yang dipimpin Camat Dumai Selatan itu melibatkan jajarannya kemudian masyarakat setempat, Ketua RT, LPMK, Danramil, Babinsa, Lurah Ratu Sima dan staff kelurahan. Gotong-royong dilakukan guna membersihkan kondisi TPS sampah yang belakangan ini semakin banyak dikeluhkan oleh masyarakat lantaran memberi bau busuk dan dikuatirkan menjadi sumber penyakit nantinya.


‘’Ya, alhamdulillah pihak kecamatan dan kelurahan beserta Danramil, Ketua RT, Babinsa bersama masyarakat sudah melaksanakan gotog-royong di tempat pembuangan sampah sementara diujung Jalan Siderejo. Dan memang banyak sekali sampahnya, bahkan sudah sampai ke badan jalan sehingga menganggu pengguna jalan yang hendak lewat. Untuk itu, sampah-sampah kita bersihkan dan rapikan dimasukkan kedalam tong yang sudah disediakan jadi tidak berserak lagi,’’ ujarnya.


Yusmanidar menjelaskan persoalan sampah yang terjadi dikarenakan warga membuang sampah tidak langsung masuk kedalam tong yang sudah disediakan tapi berada diluar tong. Ditambah pula, adanya aktifitas para pemulung yang mengais rezeki dalam tumpukan sampah itu sehingga berserakan sampai ke jalan.


Diakui Camat, kondisi ini juga karena memang setiap hari volume sampah rumah tangga itu semakin banyak sehingga kapasitas tong juga tidak lagi memadai. Mengingat lokasi tempat pembuangan yang strategi sehingga banyak warga yang dari Kelurahan Ratu Sima, STDI dan sekitanya membuang sampah ke ujung Jalan Siderejo ini. Sedangkan armada yang tersedia satu titik saja, dan memang kedepan perlu ditambahkan lagi satu titik lokasi pembuangan sampah sehingga warga dapat memanfaatkannya.


‘’Saya mengimbau kepada warga supaya meletakkan sampah itu pada tempatnya dan tolong masukkan kedalam tong atau bak sampah yang sudah disediakan, jangan letak diluarnya. Marilah kita semua kembali meningkatkan kesadaran untuk membuang sampah tidak sembarangan demi menjaga kondisi lingkungan kita menjadi bersih, indah dan sehat. Semoga kedepan, setelah goro ini maka sampah tidak lagi berserakan di Jalan Siderejo dan marilah bersama kita menjaganya,’’ harap Yusmanidar. (des/fn)