Berikut 3 Kabupaten di Riau yang Paling 'Babak Belur' Atas Bencana Karlahut

Administrator - Rabu,04 November 2015 - 11:04:26 wib
Berikut 3 Kabupaten di Riau yang Paling 'Babak Belur' Atas Bencana Karlahut
kebakaran lahan dan hutan (Karlahut)./FOTO: goriau

PEKANBARU (RRN) - Kepolisian Daerah (Polda) Riau merilis total luas lahan yang terbakar diseluruh kawasan Riau. Dari 5.906 hektar keseluruhan (terbakar), lebih dari 3.000 hektarnya berada di Kabupaten Rohil dan Kampar. Data yang dihimpun awak media di kepolisian, ada sekitar 5.906 hektar lahan dan hutan hangus dilalap api (sejak Januari-November). Tiga kabupaten terparah diantaranya Rohil, dengan luas lahan terbakar sekitar 3.269 hektar, kemudian Kampar dengan luas lahan terbakar 2.298,8 hektar.


Ditempat ketiga, Kabupaten Pelalawan, dengan lahan terbakar seluas 709,8 hektar. "Itu menurut catatan kita (kepolisian) sesuai penanganan wilayah hukumnya (tiap-tiap Polres). Di luar itu, wilayah hukum lainnya rata-rata hanya puluhan hingga ratusan hektar," sebut Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, SIK, MM.


Dalam penanganannya, Polda Riau dan jajaran telah menangkap 68 orang tersangka, baik perorangan maupun perusahaan, yang diduga membakar lahan, dimana 35 perkara sudah P-21 (berkas sudah lengkap,red). "Selain itu ada 71 laporan polisi. 21 perkara sudah penyidikan, 15 perkara tahap I," tegas dia, Selasa (3/11/2015) siang.


Ia merincikan, dari 68 tersangka ini, 53 diantaranya merupakan tersangka perorangan, sementara 18 lainnya adalah perusahaan. "Polres paling banyak mengamankan pelaku pembakar lahan diantaranya Polres Inhil (9 tersangka), Polres Inhu (9 tersangka) serta Polres Pelalawan, Rohul dan Kampar dengan masing-masing tujuh tersangka," ulasnya.  (teu/grc)