Pemilik Tim Red Bull Kehilangan Minat di F1?

Administrator - Selasa,29 September 2015 - 14:00:25 wib
Pemilik Tim Red Bull Kehilangan Minat di F1?
foto: detik.com

TOKYO (RRN) - Direktur non-eksekutif Mercedes Niki Lauda menduga Dietrich Mateschitz selaku pemilik tim Red Bull mulai kehilangan minat di arena F1 yang bisa berdampak pada kelangsungan tim itu di lintasan.

Pernyataan Lauda ini berkaitan dengan kenyataan bahwa tinggal Red Bull dan Toro Rosso yang masih belum memiliki pemasok mesin untuk 2016 setelah menghentikan kerjasamanya dengan Renault di F1 musim ini.

Mercedes sudah memutuskan tidak akan mengisi kekosongan tersebut, membuat Ferrari sebagai satu-satunya harapan realistis buat dua tim tersebut untuk lanjut berpartisipasi di gelaran 'Jet Darat'.

Pun demikian, Lauda percaya bahwa Mateschitz, rekannya sesama orang Austria, takkan terlalu risau jika pada akhirnya Red Bull tak mendapatkan pemasok mesin dan harus mundur dari F1.

"Saya merasa Mateschitz saat ini tidak terlalu ngotot berusaha," kata Lauda di Autosport.

"Ia membiarkan (Helmut Marko, penasihat) dan Christian (Horner, prinsipal tim) mengerjakan urusan itu tapi ia bukan lagi pemimpin seperti di masa lalu. Sebelumnya ia turun tangan sendiri mengerjakan segalanya," lanjutnya.

Ketika ditanyakaan apakah ia merasa Mateschitz sudah kehilangan minat di F1, Lauda pun mengiyakan. "Buat saya, ya, seperti itu karena saya sudah lama sekali mengenalnya dan biasanya ia pakar dalam hal-hal semacam ini, tapi sekarang ia tak terlibat sama sekali."

Saat ditanya lebih lanjut secara spesifik apakah artinya Mateschitz bisa menyetop keikutsertaan Red Bull di F1, jawabannya juga senada. "Sulit buat saya untuk memprediksi, tapi sikap Didi saat ini mencerminkan ia bisa saja mempertimbangkan hal tersebut." (rr/dtc)