Google Tawarkan 'Imbalan' Lewat Fitur Play Points

Administrator - Sabtu,06 November 2021 - 01:54:58 wib
Google Tawarkan 'Imbalan' Lewat Fitur Play Points
Setelah hadir di sejumlah negara, kini user Indonesia dapat memanfaatkan fitur Google Play Points. Foto: Istockphoto/Spauln/Cnni

RADARRIAUNET.COM: Google hadirkan fitur terbaru yaitu Google Play Points untuk pengguna di Indonesia, Jumat (5/11/2021). Lewat fitur itu pengguna bisa mendapat reward atau imbalan tiap transaksi di Play Store.

Menyitat CNN Indonesia, Muriel Makarim, Head of Brand and Reputation Google Indonesia mengatakan pengguna Google Play dapat menukarkan poin untuk diskon atau pembelian film, buku, hingga game.

"Dengan Play Points, anggota dapat menukarkan poin mereka untuk item dan diskon spesial di game populer seperti Free Fire, Mobile Legend, Memories: My Story, My Choice, Roblox, atau menggunakannya sebagai Saldo Google Play untuk film, buku, game, dan aplikasi," ujarnya pada media, Jumat (5/11/2021).

Google Play Point yang dirilis di Indonesia menyusul negara lain yang sudah terlebih dahulu memiliki program reward ini, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.
Poin secara otomatis bertambah jika pengguna belanja di Google Playstore. Ia mengatakan setiap transaksi kelipatan Rp150 ribu nantinya akan mendapatkan 10 poin.

Poin-poin tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi apa saja yang tersedia di Play Store.

Muriel menjelaskan pengguna di Indonesia dapat mengikuti program Google Play Point tanpa biaya, cukup mengumpulkan poin dari aktivitas transaksi di Play Store.

Program reward terdiri dari empat level, yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Tingkatan itu dilihat berdasarkan jumlah poin yang sudah dikumpulkan.

Dia mengatakan ada beberapa keuntungan dan hadiah mingguan bagi anggota Google Play yang sesuai dengan level masing-masing.

"Selain itu, ada promo poin mingguan yang dapat membantu mempercepat pemerolehan poin," pungkas Muriel.

Perilisan fitur didasari makin banyaknya pengguna di Indonesia untuk mencari hiburan baru, terutama terkait game serta untuk berinteraksi di aplikasi.

Survei InMobi, pada 2021 menunjukkan 46 persen orang di Indonesia mulai bermain game mobile. Lalu sebanyak 54 persen responden memiliki lebih dari tiga game yang terinstal di ponselnya.

Di samping itu CEO & Co-Founder Agate International, Arief Widhiyasa mengatakan beberapa developer game lokal juga sudah tergabung dalam program Google Play Point itu, di antaranya Agate.

"Lebih dari 25 developers dari seluruh dunia turut meramaikan peluncuran Google Play Points di Indonesia dengan menghadirkan beragam promo khusus. Salah satu developer game lokal terbesar, Agate Games," pungkasnya, Jumat (5/11/2021).

Ia memberikan promo khusus untuk game Memories: My Story, My Choice, dengan menukarkan 100 Google Play Points, untuk kupon di kisaran Rp3.000 untuk 200 poin.

 

RRN/Cnni