Mengenal Arti Centimiliarder, Klub Orang 'Tajir Melintir'

Administrator - Minggu,09 Agustus 2020 - 23:58:18 wib
Mengenal Arti Centimiliarder, Klub Orang 'Tajir Melintir'
Ilustrasi. Pixabay/PublicDomainPictures/CNNI

RADARRIAUNET.COM: Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg masuk dalam kelompok klub centimiliarder. Kekayaannya melonjak setelah Instagram, aplikasi yang masuk dalam Facebook Group, merilis fitur Reels yang serupa dengan TikTok di 50 negara.

Lantas, apa sebenarnya centimiliarder?

Mengutip PageSix pada Minggu (9/8), seseorang bisa disebut sebagai centimiliarder ketika kekayaannya sudah mencapai minimal US$100 miliar atau lebih dari US$100 miliar. Jika dikonversi ke rupiah dengan kurs Rp14.600 per dolar AS, jumlahnya setara dengan Rp1.460 triliun.

Aset yang dimiliki Zuckerberg naik signifikan karena harga harga saham Facebook menguat lebih dari 6 persen. Penguatan didorong oleh peluncuran fitur Reels oleh Instagram.

Sebagai pendiri Facebook, Zuckerberg memiliki 13 persen saham di perusahaan tersebut. Dengan demikian, jumlah kekayaan Zuckerberg ikut terpengaruh kenaikan harga saham Facebook.

Sebelum Zuckerberg, ada dua orang lainnya yang sudah lebih dulu masuk dalam klub centimiliarder. Mereka adalah Jeff Bezos selaku pendiri Amazon dan Bill Gates selaku pendiri Microsoft.

Mengutip dari berbagai sumber, nilai kekayaan Bezos tahun ini bertambah sebesar US$74 miliar menjadi US$189,3 miliar. Aset Bezos disebut-sebut melonjak US$13 miliar dalam satu hari.

Kenaikan aset Bezos didorong oleh peningkatan harga saham Amazon sejak Desember 2018 lalu. Hal ini seiring dengan kenaikan tren belanja secara daring (online) di dunia.

Sementara, kekayaan Gates saat ini sebesar US$113,2 miliar. Sama seperti Zuckerberg dan Bezos, kekayaan Gates juga dipengaruhi oleh pergerakan harga saham perusahaan yang dimilikinya, yaitu Microsoft.

 

RRN/cnni