Berapa Lama Makanan Sisa Aman Disimpan dalam Kulkas?

Administrator - Jumat,22 Februari 2019 - 13:57:02 wib
Berapa Lama Makanan Sisa Aman Disimpan dalam Kulkas?
Sudah tahukah Anda berapa lama makanan bisa disimpan dalam kulkas? Berikut ini informasi selengkapnya. medcom.id pic

Jakarta: Apakah Anda adalah salah satu orang yang tidak tega membuang makanan dan memilih menyimpannya? Jika iya, sudah tahukah Anda berapa lama makanan bisa disimpan dalam kulkas?

Banyak orang yang menanti terlalu lama sebelum membuang makanan rusak. Biasanya Anda menunggu makanan berubah warna, aroma, dan tekstur baru kemudian membuangnya. Saat hal itu terjadi, tentu makanan sudah sangat rusak.

Jadi sebenarnya berapa lama makanan bisa disimpan dalam kulkas? Tergantung makanannya apa. Buah dan sayur dalam kondisi optimal biasa dapat disimpan hingga beberapa minggu.


Tetapi, jika buah sudah dipotong, habiskan dalam tiga hingga empat hari. Susu bisa diminum hingga 10 hari setelah tanggal kedaluwarsa asal Anda menyimpannya di bagian kulkas yang dingin, bukan di rak pintu, dikutip dari Health.

Keju batang kesukaan Anda bahkan masih bisa dimakan hingga enam bulan setelah tanggal kedaluwarsa jika dibekukan. Jadi sebenarnya banyak makanan yang masih bisa dikonsumsi setelah tanggal kedaluwarsanya berlalu.

Telur mentah berumur tiga hingga lima minggu dalam kulkas. Daging bisa disimpan hingga dua hari di kulkas atau dua bulan lebih jika dibekukan.

Bagaimana dengan makanan sisa? Berapa lama makanan sisa bisa disimpan dalam kulkas? Buang dalam tiga atau empat hari, atau bekukan dan simpan hingga tiga bulan.

 
Jangka waktu serupa juga berlaku untuk roti. Jika dibekukan, roti bisa bertahan sampai tiga bulan. Daging ikan sendiri bisa disimpan selama dua hari saja di kulkas.

Akan tetapi, jika Anda membekukannya, daging ikan masih aman dikonsumsi hingga tiga bulan setelahnya. Jadi sekarang Anda bisa membuka kulkas dan mulai menyeleksi makanan mana yang sudah tidak layak dikonsumsi.

Lalu apa yang harus dilakukan bila makanan sisa disimpan di kulkas agar bisa bertahan lama dan tidak rusak? Seperti sitat Medcom.id, berikut tips penyimpanan dengan cara di bawah ini:


1. Sayuran sisa tidak bisa disimpan di kulkas

Tumisan caisim, sawi putih, kangkung, oyong, bayam atau jenis sayuran lainnya tidak boleh disimpan di kulkas sama sekali. Nutrisi dan tekstur sayuran akan rusak karena disimpan di kulkas, apalagi jika kemudian dipanaskan kembali.


2. Di suhu ruang tidak lebih dari dua jam

Makanan yang memang direncanakan untuk disimpan sebaiknya tidak diletakkan di meja makan lebih dari dua jam. Misalnya, Anda membuat semur ayam dalam jumlah banyak dan berenca untuk menyimpan sebagian untuk bekal esok hari, segera saja letakkan sebagian dalam kotak makan dan masukan ke kulkas tanpa perlu menunggu seharian.


3. Berikan tanggal disetiap kotak makan
 
Tempelkan tanggal simpan di setiap kotak makanan sisa agar Anda tahu kapan sudah harus menghabiskan atau membuangnya.


4. Makanan kemasan
 
Setengah kaleng kornet atau kacang polong yang tidak habis dipakai dalam sekali masak sebaiknya tidak disimpan langsung dengan kalengnya di dalam kulkas. Pindahkan dulu ke dalam kotak kedap udara, beri label tanggal, baru simpan dalam kulkas.


RRN/Medcom.id