Menguji Kecerdasan ”Para Asisten” All-New Hilux

Administrator - Selasa,25 Agustus 2015 - 15:26:00 wib
Menguji Kecerdasan ”Para Asisten” All-New Hilux
FOTO:int

RADAR OTOMOTIF - Puas bermain-main dengan kecepatan dan tenaga, KompasOtomotifmulai mengeksplor apa saja yang dimiliki All-New Toyota Hilux untuk bersaing di segmen pikap. Banyak bekal yang disematkan, termasuk fitur-fitur pengendali yang seharusnya mampu menjadi asisten pengemudi saat beraksi.

Tanjakan 45 derajat dan berkelok tajam membentang di depan mata. Saatnya menguji torsi besarnya di area ini. Mode penggerak roda dipindah dari H2 (penggerak dua roda) ke L4 (penggerak 4 roda low gear). Hanya dengan gigi 1, pedal kopling dilepas perlahan diikuti pedal gas, mobil merangkak dengan sendirinya.

Setelahnya, mobil harus kembali merayap di jalanan dengan kemiringan 45 derajat. Posisi mobil serasa akan terbalik (berguling ke kanan), namun kestabilan suspensi menahannya. Maju beberapa meter, ditemui turunan terjal.

Tekniknya sama, melepas kopling dan gas perlahan, membiarkan mobil melahap rintangan itu sendirian. KompasOtomotif merasakan ada ”asisten” lain yang menahan Hilux baru tergelincir dan menyelonong. Kecepatan dikontrol saat turunan terjal, bak punya mobil otonomos.

Beberapa kali fitur Hill Start Assist bekerjasama dengan Vehicle Stability Control membantu mobil untuk menanjak dan melahap handicap dengan baik. Untuk memindah sistem penggerak roda tidak perlu berhenti (shift on the fly) bahkan bisa dilakukan saat mobil berjalan di atas 50 kpj.

Differential Lock

Pada rintangan lain, ada dua gundukan tidak rata dan licin. Secara teori akan menggantungkan salah satu ban mobil dan membuat bodi tergelincir. Saat menggunakan model L4, mobil tak bisa melewati rintangan ini karena sangat licin, kecuali, pengemudi mampu mencari celah untuk lewat.

Tombol rear differential lock diaktifkan untuk membantu kondisi ini. Komputer akan mendistribusikan tenaga pada setiap ban untuk menyesuaikan dengan medan yang dilalui. Rintangan ini pun akhirnya bisa dilalui dengan gampang.

Termasuk saat mobil melewati kubangan air dan berbagai tipe jalanan licin dan berlumpur. Semua asisten pada All-New Hilux benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik, cukup membantu pengemudi yang minim pengalaman mengemudi di medan off-road. (Okz/fn)