Setelah Nexus, Kapan Ponsel Lain Cicipi Android Nougat?

Administrator - Kamis,25 Agustus 2016 - 10:14:34 wib
Setelah Nexus, Kapan Ponsel Lain Cicipi Android Nougat?
Setelah Nexus, Kapan Ponsel Lain Cicipi Android Nougat? dtc

RADARRIAUNET.COM - Android 7.0 Nougat mulai dibagikan Google, pertama-tama untuk perangkat Nexus. Lalu, kapan smartphone model lain akan ikut mencicipi sistem operasi Android terbaru itu?

"Kebanyakan pemilik Android sepertinya baru akan menerima notifikasi update Nougat antara November dan Januari," demikian perkiraan dari Tom Moynihan, kolumnis teknologi di Wired yang dikutip awak media, Selasa (23/8/2016).

Khusus perangkat Nexus, memang akan menerima update langsung dari Google. Sedangkan ponsel model lain menerima update dari manufaktur masing-masing. "Tiap manufaktur harus memastikan versi Android baru berjalan dengan lancar. Itu bisa memakan waktu," sebut Tom.

Sejauh ini, belum ada vendor yang secara terbuka menentukan waktu update ke Android Nougat. Menurut dia, mungkin Motorola akan jadi salah satu yang tercepat membagi Nougat karena dulu, Motorola adalah vendor Android pertama di AS yang memberi update Android Marshmallow.

Kemudian mungkin menyusul LG dan HTC. Sedangkan Samsung sebagai vendor smartphone terbesar sudah pasti akan memberi update Nougat, khususnya Note 7 dan Galaxy S7. "Namun menurut laporan Apteligent, ponsel Galaxy butuh sekitar 5 bulan untuk mendapat update Android, sama seperti Sony," ujar Tom.

Tom pun memperkirakan smartphone model selain Nexus mulai akan mendapatkan Android Nougat di akhir November. Sedangkan ponsel Samsung dan Sony barangkali akan memperolehnya di bulan pertama tahun depan.


dtc/fn/radarriaunet.com