• Disamakan dengan Xi Jinping, Winnie the Pooh 'Haram' di China

    Jakarta: Orang lain mungkin menganggap Winnie the Pooh sebagai karakter yang polos dan menggemaskan.

  • Tionghoa, Trauma Politik dan Kemunculan Ahok

    Jakarta: Mungkin sebagian orang berpikir etnis Tionghoa lebih dikenal sebagai seorang pengusaha atau pedagang. Hal itu bisa jadi tak sepenuhnya keliru.

  • Jongkie Tio, "Pendongeng" Tionghoa Peranakan

    Jongkie Tio,

    RADARRIAUNET.COM - Tio (75) alias Daddy Budiarto lekat dengan sejarah Kota Semarang, Jawa Tengah. Siapa pun yang tertarik menyelisik lebih jauh budaya kota tersebut, khususnya terkait Tionghoa peranakan, sebaiknya menemui pendongeng itu.

  • Perbedaan Penghormatan Kepada Leluhur Dalam Tradisi Tionghoa dan Agama Buddha

    RADARRIAUNET.COM - Dalam tradisi tionghua perhormatan kepada leluhur merupakan hal yang sangat penting. Berikut beberapa ritual atau upacara yang biasa dilakukan oleh orang Tionghua dalam penghormatan kepada leluhur.

  • Sejarah Peradaban China

    Sejarah Peradaban China

    RADARRIAUNET.COM - Peradaban Cina adalah beradaban tertua yang hingga sekarang masih bisa dirasakan. Cina memiliki peran penting dalam perkembangan peradaban dunia. Hal itu bisa dilihat dari artefak-artefak yang ditinggalkan atau falsafah yang ditinggalkan.

  • Pempek Palembang, Penganan Yang Sebutannya Berasal Dari Panggilan Apek

    RADARRIAUNET.COM - Menurut sejarah, penganan Pempek mulai dikenal sejak abad ke 16 di daerah Palembang, Sumatera Selatan. Saat itu Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama Pempek atau biasa disebut ‘empek-empek‘ diyakini berasal dari sebutan ‘apek‘, yaitu sebutan untuk seorang lelaki tua (Paman) etnis Tionghoa dialek Hokkian.

  • Desain Bentuk Rumah Adat China dan Penjelasannya

    Desain Bentuk Rumah Adat China dan Penjelasannya

    RADARRIAUNET.COM - Sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya akan warisan budaya dan arsitekturnya, terutama warisan bangunan-bangunan rumah adat yang merupakan warisan arsitektur tradisional dari para leluhur, namun ternyata di Dunia ini bukan hanya Indonesia yang memiliki rumah adat dengan gaya arsitektur tradisional, Negara-negara lain pun juga memiliki warisan arsitektur meski tidak sebanyak dan seberagam yang ada di Indonesia.

  • Bianzhong, Alat Musik Tradisional Tiongkok

    Bianzhong, Alat Musik Tradisional Tiongkok

    RADARRIAUNET.COM - Meski Bianzhong (Hanzi) telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun alat musik kuno dari Tiongkok ini masih terus dimainkan hingga hari ini. Bahkan tahun lalu, penyanyi lagu-lagu rakyat Tiongkok yang terkenal dengan suara sopran-nya, Gong Linna, melakukan pertunjukkan di dua acara Perayaan Tahun Baru Imlek, dimana ia menyanyikan lagu-lagu karangan suaminya, Robert Zollitsh, yang berkebangsaan Jerman, yang juga memainkan Bianzhong. Seberapa jauh sebenarnya kita mengenal alat musik yang menakjubkan ini?

  • 5 Suku Tionghoa yang Tersebar di Indonesia

    5 Suku Tionghoa yang Tersebar di Indonesia

    RADARRIAUNET.COM - Leluhur suku Tionghoa yang berasal dari negara Tiongkok berimigrasi ke negara-negara di Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu, terutama pada abad 16-19. Tujuan utama mereka singgah ke Indonesia adalah untuk berdagang. Salah satu negara di Asia Tenggara yang disinggahi untuk berdagang adalah Indonesia.

  • Sekilas Tentang Komunitas Tionghoa di Manokwari

    Sekilas Tentang Komunitas Tionghoa di Manokwari

    RADARRIAUNET.COM - Tidak banyak catatan sejarah tentang keberadaan etnis Tionghoa di Papua. Namun dari beberapa informasi yang didapat ternyata kehadiran mereka telah lama di pulau paling timur Indonesia ini. Mereka hidup berdampingan secara harmoni dengan penduduk setempat dan turut serta memajukan perekonomian di Papua. Sore itu saya menyambangi kediaman Bapak Kwance, salah seorang warga keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Manokwari. Pak Kwance mau berbagi informasi tentang komunitas Tionghoa yang ada di Kabupaten Manokwari.

  • Seperti Apa Tradisi Perayaan Imlek?

    Seperti Apa Tradisi Perayaan Imlek?

    RADARRIAUNET.COM - Perayaan tahun baru Imlek merupakan salah satu hari besar yang dirayakan oleh kaum Tionghoa. Jadi apa yang sebenarnya menjadi ciri khas dari tradisi ini? Bersama Pakar Kuliner Tionghoa dari Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia, Aji Chen Bromokusumo, mari kita lihat tradisi yang dilakukan orang Tionghoa saat tahun baru Imlek.

  • Tentang Satu Marga Beda Suku

    Tentang Satu Marga Beda Suku

    RADARRIAUNET.COM - Mungkin perlu dijernihkan terlebih dulu tentang istilah suku. Dalam bahasa Tionghoa, orang Hokkian, Hokchnia, Kheq, Konghu dll tidak disebut suku, tapi kelompok masyarakat atau minxi.

  • Menjadi “Lebih Tionghoa”

    Menjadi “Lebih Tionghoa”

    RADARRIAUNET.COM - Identitas ke-tionghoa-an orang Tionghoa Indonesia dewasa ini seperti diaspora. Mimpi belaka jika ada pihak yang berani melakukan klaim tunggal bahwa ke-tionghoa-an Tionghoa Indonesia harus dilakukan lewat gerekan merebut kembali simbol dan bentuk kultural. Faktor demografi usia dan perkembangan lingkungan sosial yang berubah cepat salah satu faktornya.

  • Kelenteng Hoo Ann Kiong di Selatpanjang Diyakini Paling Tua di Sumatera

    RADARRIAUNET.COM - Dari sekian banyak kelenteng di Pulau Sumatera, Kelenteng Hoo Ann Kiong di Kota Selatpanjang, Pulau Tebingtinggi, diklaim sebagai yang paling tua. Umurnya diyakini sekitar 150 tahun, atau sudah berdiri 1 abad lebih lamanya.

  • Dialek Unik Tionghoa Surabaya yang Bisa Bikin Anda Senyum-senyum Sendiri

    RADARRIAUNET.COM - Etnis Tionghoa di Surabaya memang punya dialek yang sangat khas. Bahasa mereka campur aduk. Memadukan istilah-istilah dalam bahasa Hokian dengan bahasa Jawa atau bahkan bahasa Indonesia. Biasanya, orang luar Surabaya yang tidak pernah mendengar percakapan mereka hanya senyum-senyum sendiri.

  • Kisah Umur Hidup Manusia

    Kisah Umur Hidup Manusia

    RADARRIAUNET.COM - Ketika Thian menciptakan dunia dan akan menentukan umur mahkluk hidup, datanglah seekor Keledai dan bertanya.

  • Tahun Baru Imlek, Hari Raya Agama atau Budaya?

    Tahun Baru Imlek, Hari Raya Agama atau Budaya?

    RADARRIAUNET.COM - Kalender Tionghoa yang kita pakai dalam penanggalan, kita dikenal sebagai kalender Imlek. Imlek berasal dari dialek Hokkian, artinya ‘kalender lunar’ (im= lunar atau bulan; lek = kalender). Dalam ‘dialek’ Mandarin Imlek adalah YINLI. Dengan demikian tahun baru Imlek artinya tahun baru yang dihitung berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi.

  • Ultah ke-15 Yayasan Vihara Sri Maha Raja Diraja Langit Selatpanjang Berlangsung Meriah

    RADARRIAUNET.COM - Yayasan Vihara Sri Maha Raja Diraja Langit yang berlokasi di jalan Tanjung Harapan Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, merayakan ulang tahunnya (Ultah) ke-15, Kamis (15/9/2016) mulai pukul 19.30 hingga 24.00 berlangsung meriah dan penuh suka cita.

  • Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri Tiongkok

    RADARRIAUNET.COM - Seorang anak di Tiongkok pada Januari 2006 mendapat penghargaan tinggi dari pemerintahnya karena dinyatakan telah melakukan sebuah perbuatan yang luar biasa. Diantara 9 orang peraih penghargaan itu, ia merupakan satu-satunya anak kecil yang terpilih dari 1,3 milyar penduduk Tiongkok.

  • Sejarah Festival Kue Bulan

    Sejarah Festival Kue Bulan

    RADARRIAUNET.COM - Ketika purnama bergelora pada pertengahan bulan kedelapan, warga pecinan bergempita menyambut Festival Kue Bulan. Di negeri asalnya, perayaan ini lebih populer dengan istilah Zhong Qiu Jie atau Festival Musim Gugur.

  • Menyembunyikan Sapu

    Menyembunyikan Sapu

    RADARRIAUNET.COM - Menurut legenda, pada jaman dahulu kala terdapat seorang pedagang bernama Ou Ming yang selalu berpergian menggunakan perahu untuk menjalankan usahanya.

  • Tionghoa Makin Berkurang

    Tionghoa Makin Berkurang

    RADARRIAUNET.COM - Berapa jumlah warga negara Indonesia (WNI) keturunan Tionghoa? Angkanya masih simpang siur. Ada pengamat yang menyebut lima juta jiwa. Ada yang bilang tujuh juta. Ada lagi yang menyebut muslim Tionghoa mencapai 1,5 juta.

  • 15 Filosofi Orang Tionghoa yang Bisa Membantumu Menaiki Tangga Kesuksesan

    RADARRIAUNET.COM - Warga Tionghoa di Indonesia memang tak bisa dipungkiri lagi menjadi salah satu tolak ukur dalam bidang wirausaha. Secara sederhana, kita sudah stereotip kalau pada akhirnya warga Tionghoa yang muda akan berwirausaha kelak. Namun, melihat kondisi saat ini, stereotip tersebut tidaklah salah. Maka, tak ada salahnya kita mengenal filosofi-filosofi orang Tionghoa yang bisa saja memberikan kita jalan menuju kesuksesan.

  • Citra Indonesia Ternyata BURUK di Situs Baidu, Googlenya Tiongkok

    RADARRIAUNET.COM - Situs mesin pencari terpopuler di Tiongkok berbahasa Mandarin, Baidu, ternyata menampilkan citra buruk tentang Indonesia. Jika kita mengetik kata (Yìnní) di situs tersebut, di bagian (W?ngyè) atau dari halaman web ternyata 3 dari 10 hasil pencarian di halaman 1 menampilkan tentang pembantaian yang terjadi di tahun 1965.

  • Berbagai Alat Musik Tionghoa

    Berbagai Alat Musik Tionghoa

    RADARRIAUNET.COM - Alat musik tradisional Tionghoa dapat dimainkan secara solo, ataupun secara bersama-sama dalam sebuah orkes yang besar (seperti zaman dahulu di istana kerajaan) atau dalam grup-grup musik kecil. Jaman dahulu tidak ada konduktor di ensambel musik Tionghoa, ataupun penggunaan partitur musik pada saat pentas.

  • Menelusuri aneka bangunan tua Tionghoa di Jakarta

    Menelusuri aneka bangunan tua Tionghoa di Jakarta

    RADARRIAUNET.COM - Etnis Tionghoa tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Menurut situs Tionghoa, warga Tionghoa yang berasal dari daratan Asia diterima dengan baik oleh penduduk Nusantara karena mereka mudah berbaur.

  • Penerapan Arsitektur Rumah Tinggal China di Indonesia

    RADARRIAUNET.COM - Secara budaya masyarakat Tionghoa-Indonesia dapat dibagi menjadi kalangan peranakan berbahasa Indonesia dan kalangan totok berbahasa Tionghoa. (Suryadinata,2005:1). Orang-orang Tionghoa yang ada di Indonesia sekarang, dulunya sebagian besar berasal dari propinsi-propinsi Tiongkok Selatan (Guangdong dan Fujian).

  • Pahlawan Nasional Etnis Tionghoa

    Pahlawan Nasional Etnis Tionghoa

    RADARRIAUNET.COM - Meski Indonesia telah merdeka tahun 1945, pengangkatan pahlawan nasional baru dimulai sejak tahun 1959. Sampai sekarang tercatat lebih dari 100 pahlawan yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

  • Niujie Mosque, Masjid Paling Bersejarah dan Megah di Tiongkok

    RADARRIAUNET.COM - Jika dilihat dari luar, wujud bangunan ini lebih mirip kuil Buddha; sampai Anda masuk ke dalam dan melihat nuansa Islami barulah anda akan menyadari bahwa tempat ini merupakan sebuah Masjid. Masjid ini dibangun menghadap ke arah Mekkah yang terletak di arah barat. Tata letak ruangan Masjid ini simetris serta struktur bangunannya tersusun rapat.

  • Nenek moyang Suku Dayak berasal dari China, bagaimana bisa?

    RADARRIAUNET.COM - Suku Dayak yang merupakan penduduk asli Pulau Kalimantan, ternyata memiliki asal usul yang masih dipengaruhi oleh penduduk luar pulau ini. Disebutkan dalam buku Kerajaan Kutai Kartanegara karangan Syaukani Hasan Rais yang dikutip awak media pada Selasa (28/7), menurut Mikhail Coomans, nenek moyang penduduk Kutai Kartanegara berasal dari daratan Asia yang kini disebut propinsi Yunan, China selatan.

  • Masyarakat Tionghoa dalam Karya Sastra Peranakan Tionghoa Indonesia

    RADARRIAUNET.COM - Sastra peranakan Tionghoa merupakan salah satu karya sastra Indonesia. Seperti kebanyakan karya sastra pada umumnya, karya sastra peranakan Tionghoa sangat dipengaruhi oleh latar kehidupan para pengarangnya. Karya sastra ini memiliki keragaman topik, materi teks, sumber cerita, dan isu sebagai wujud atau simbol reaksi sosial suatu kelompok masyarakat.

  • Kelenteng Terunik di Indonesia Ulang Tahun

    Kelenteng Terunik di Indonesia Ulang Tahun

    RADARRIAUNET.COM - Umat Buddha di seluruh Indonesia akan mengikuti kirab laut di Vihara Avalokitesvara di Dusun Candi, Desa Polagan, Pamekasan, Jawa Timur, sekitar 17 kilometer ke arah kota Pamekasan. Kirab laut akan berlangsung tanggal 25 hingga 27 Maret 2016.

  • Peradaban Cina kuno

    Peradaban Cina kuno

    RADARRIAUNET.COM - Prasejarah, Peradaban Cina kuno - Sebagian besar wilayah negeri Cina terdiri dari pegunungan. Di sebelah utara mengalir Sungai Hoang Ho atau Sungai Kuning. Di sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang. Di lembah Sungai Hoang Ho inilah berkembang kebudayaan Cina Kuno.

  • Serba-serbi Tradisi "Pernikahan Hantu" di China

    Serba-serbi Tradisi

    RADARRIAUNET.COM - Polisi China menangkap seorang pria atas pembunuhan dua perempuan penyandang masalah mental. Ia dituduh menjual jenazah kedua perempuan tersebut untuk digunakan dalam kegiatan yang disebut "pernikahan hantu".

  • Gang Gloria, Spot Kuliner Khas Tionghoa

    Gang Gloria, Spot Kuliner Khas Tionghoa

    RADARRIAUNET.COM - Kuliner tidak hanya berbicara tentang rasa. Kuliner mengisahkan kebudayaan dan tradisi. Menikmati makanan dan minuman bersama keluarga menjadi kegiatan yang menyenangkan dalam memperingati hari raya, terutama Imlek.

  • Warga Tionghoa Pekanbaru Dilarang Makan Ini di Imlek

    RADARRIAUNET.COM - Penjualan ikan bandeng ternyata tidak ada pengaruhnya saat perayaan Imlek di Pekanbaru. Justru sejumlah pedagang ikan, daging, dan makanan mengandung darah yang biasa dimakan masyarakat Tionghoa seperti sup labi-labi dan katak, malah sepi pembali.

  • Berebut Jenggot Naga, Warga Tionghoa Berharap Dapat Keberuntungan

    RADARRIAUNET.COM - Warga keturunan Tionghoa Kota Pontianak, berebut jenggot naga dengan harapan bisa mendapat keberuntungan.

  • Tradisi SANGJIT Dalam Budaya Tionghoa

    Tradisi SANGJIT Dalam Budaya Tionghoa

    RADARRIAUNET.COM - Sangjit Merupakan Tradisi Adat Pernikahan Tionghoa – Sangjit merupakan adat pernikahan dalam budaya tionghoa. Dalam bahasa Indonesia sendiri Sangjit merupakan suatu proses seserahan atau proses kelanjutan dari lamaran oleh pihak mempelai pria, yang dilakukan dengan orang tua, saudara, maupun teman dekatnya yang masih berstatus single dengan membawa sebuah persembahan yang akan diserahkan pada pihak mempelai perempuan.

  • Diskriminasi Etnis Tionghoa di Indonesia Pada Masa Orde Lama dan Orde Baru

    RADARRIAUNET.COM - Diskriminasi rasial terhadap etnis Tionghoa di Indonesia sudah dimulai semenjak masa Kolonial Belanda. Bahkan pada tahun 1740 di bawah perintah Gubernur Jendral Valckenier terjadi pembunuhan besar-besaran terhadap etnis Tionghoa di Batavia. 10.000 orang etnis Tionghoa ditumpas habis.

  • Bergaya Bak Model, Balita Tionghoa Ramaikan Cap Go Meh di Pasuruan

    RADARRIAUNET.COM - Perayaan hari raya Cap Go Meh yang diadakan Yayayan Bahtera Indonesia, Jalan Irian Jaya Kota Pasuruan berlangsung seru. Kegiatan bertema Festival musim semi 2015 yang melibatkan sebanyak 70 siswa ini menampilkan berbagai kegiatan seperti bazar, pentas seni dan peragaan busana.

  • Sedikit Mengenai Feng Shui

    Sedikit Mengenai Feng Shui

    RADARRIAUNET.COM - Rasanya semua diantara kita pasti pernah mendengar atau bahkan membicarakan masalah Feng Shui. Pada era tahun 80-90 an Feng Shui mulai banyak diminati dan dipelajari lagi. Harus kita akui bahwa keberadaan Feng Shui ternyata cukup berpengaruh, khususnya dalam kehidupan orang Tionghoa dan terbawa sampai di jaman modern ini. Walaupun tidak sekuat di Asia, terbukti dunia barat pun kini mulai memasukkan aspek-aspek pertimbangan Feng Shui dalam rencana-rencana penataan ruangan yang dibuat. Bahkan sekarang banyak kalangan arsitek mulai mempelajari dan menggunakan Feng Shui dalam rencana dan pembuatan design.

  • Pantangan dalam merayakan Tahun Baru Imlek

    Pantangan dalam merayakan Tahun Baru Imlek

    RADARRIAUNET.COM - Masyarakat Tionghoa menganggap hari pertama Tahun Baru Imlek merupakan awal mulanya nasib dan keberuntungan pada tahun yang bersangkutan sehingga banyak sekali larangan dan pantangan dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

  • PSMTI Riau Akan Tampilkan Barongsai Saat Proklamasi 17 Agustus Nanti

    RADARRIAUNET.COM - Untuk memeriahkan HUT ke-71 Republik Indonesia, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau akan menampilkan barongsai.

  • Kampung Ketandan, Aset Budaya Tionghoa di Yogyakarta

    RADARRIAUNET.COM – Pekan Budaya Tionghoa di Kampung Pecinan, Ketandan, Yogyakarta menambah keramaian ramah tamah sepanjang jalan Malioboro. Sejak tahun 2006, seiring dengan era Reformasi Kampung Ketandan sudah menjadi acara tahunan yang sudah menjadi daftar acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta setiap memperingati tahun baru Imlek yang dihias ornamen-ornamen dan gapura Tionghoa.

  • Cerita warga etnis Tionghoa tinggal di negeri syariah

    RADARRIAUNET.COM - Tinggal di Aceh yang notabene menerapkan syariat Islam, ternyata tidak membuat warga etnis Tionghoa tertekan. Mereka justru mengaku hidup di Serambi Mekah jauh lebih nyaman dan aman dibandingkan provinsi-provinsi lain. Aceh bahkan harus dijadikan contoh kerukunan yang dibangun dengan baik.

  • Berbagai Pakaian Adat Tradisional China

    Berbagai Pakaian Adat Tradisional China

    RADARRIAUNET.COM - Pakaian tradisional China (Tionghoa)untuk wanita adalah Cheongsam. Nama Cheongsam sendiri artinya adalah pakaian panjang. Nama cheongsam diambil dari terjemahan bahasa Inggris dari dialek provinsi Guangdang, Tiongkok (chèuhngs?am). Di daerah lain di China,misalnya Beijing,nama pakaian tradisional china ini disebut sebagai qipao.

  • Ungkapan Peribahasa : Kuda Tua Mengenali Jalan

    Ungkapan Peribahasa : Kuda Tua Mengenali Jalan

    RADARRIAUNET.COM - Pada tahun 663 Sebelum Masehi, Adipati Huan dari Qi (Qi Huan Gong) memenuhi permintaan dalam membantu Negara Yan, untuk memimpin pasukan menyerang Negara Shanrong yang telah menginvasi Negara Yan. Perdana Menteri Guan Zhong ikut serta dalam kampanye ini.

  • Bagaimana Kebudayaan Masyarakat Etnis Tionghoa di Ketapang

    RADARRIAUNET.COM - Agama Resmi Masyarakat Tionghoa di Kabupaten Ketapang menurut data dari Kantor Departemen Agama yang dianutnya sepertiga orang Tionghoa di Kabupaten Ketapang beragama Budha, Katolik, Protestan dan Konghucu.

  • Tradisi pemakaman Tionghoa

    Tradisi pemakaman Tionghoa

    RADARRIAUNET.COM - Tradisi pemakaman Tionghoa adalah Adat Pemakaman Tionghoa yang dilatarbelakangi oleh kepercayaan bahwa relasi manusia dengan Tuhan atau kekuatan lain yang mengatur kehidupan, seperti: Reinkarnasi, Hukum karma atas semua perbuatan manusia, Arwah para leluhur dapat diminta datang untuk dijamu (Ceng Beng), menghormati para leluhur dan orang pandai (Taopekong), Kutukan para leluhur, dan perbuatan semasa hidup akan dialami di akhirat. Kuburan Tionghoa umumnya terletak di tempat yang lebih tinggi untuk meningkatkan Fengshui.

  • Yuk Mengenal Budaya Pernikahan Tionghoa

    Yuk Mengenal Budaya Pernikahan Tionghoa

    RADARRIAUNET.COM - Salah satu fase kehidupan yang dilewati oleh umat manusia adalah pernikahan. Ini dialami oleh pasangan yang ada di seluruh negara di dunia. Dua insan menyatu dalam satu kehidupan melalui sebuah pernikahan yang sah. Namun, yang menjadi pembedanya yaitu adat istiadat yang dilakukan pada saat upacara pernikahan.

  • Inilah Patung Guan Yu Terbaru Yang Dibuat Seberat 1320 Ton

    RADARRIAUNET.COM - Patung Dewa Guan Yu (Hanzi) seberat 1320 ton baru saja diresmikan pada 11 Juli 2016 lalu di kota Jingzhou, Provinsi Hubei, Tiongkok.

  • Melihat Sistim Kekerabatan Masyarakat Tionghoa

    Melihat Sistim Kekerabatan Masyarakat Tionghoa

    RADARRIAUNET.COM - Adat istiadat panggilan atau tradisi panggilan yang termasuk dalam kebudayaan Tionghoa merupakan suatu hal yang sangat indah dan sudah tua. Mengapa dikatakan demikian? Karena dengan mendengar panggilan seseorang dalam sebuah keluarga, maka dapat kita ketahui kedudukan orang tersebut dalam keluarga. Di dunia internasional pun mengakui bahwa kebudayaan Tionghoa merupakan suatu kebudayaan yang kuno dan antik. Tata panggilan ini sekarang mulai sirna, karena generasi mudanya memilih hal-hal yang dianggap praktis dan modern misalnya mengikuti panggilan orang Belanda terhadap keluarga mereka yaitu Oom dan Tante.

  • Apa Dan Bagaimana Tentang Shennong

    Apa Dan Bagaimana Tentang Shennong

    RADARRIAUNET.COM - Pada tahun 204 M Raja Han yang berkuasa, Liu Bang (??), mengikuti strategi Jenderal nya Han Xin (??) untuk menyatukan Negara. Han Xin menyarankan terlebih dulu untuk menduduki Guanzhong; lalu setelah itu menyeberangi sungai Kuning di timur dan mengalahkan Raja Bao dari Wei. Selanjutnya bersiap-siap menuju ke timur untuk menyerang Raja Xie dari Zhao.

  • Idul Fitri Juga Dirayakan Meriah di China

    Idul Fitri Juga Dirayakan Meriah di China

    RADARRIAUNET.COM - Meskipun minoritas, umat muslim di China merayakan Idul Fitri dengan meriah. Para traveler bisa datang ke daerah otonomi Xinjiang untuk merasakan Lebaran di Negeri Tirai Bambu.

  • Ritual Perayaan Naga Musim Semi

    Ritual Perayaan Naga Musim Semi

    RADARRIAUNET.COM - Perayaan naga musim semi (lóng jié) jatuh pada bulan kedua hari kedua penanggalan lunar, yang tahun ini jatuh pada hari sabtu tanggal 21 Maret 2015. Bagi para petani, ini merupakan perayaan penting, mereka melakukan doa untuk iklim dan pemanenan yang akan berhasil nanti di musim gugur.

  • Bolehkah Sembahyang Dewa-Dewi Memakai Sam Seng

    RADARRIAUNET.COM - Pada jaman dahulu sudah banyak orang-orang yang datang ke klenteng mencari Tao Se – Tao Se (Guru-guru Tao) untuk meminta bantuan atau pertolongan. Ada yang menanyakan nasib dan jodoh mereka, dan ada juga untuk penyembuhan penyakit-penyakit serta meminta obat-obatan.

  • Gambang Kromong, Perpaduan Kesenian Betawi Dan Tionghoa

    RADAR TIONGHOA - Kesenian Gambang Kromong merupakan salah satu tradisi masyarakat Tionghoa, khususnya dari Komunitas Cina Benteng yang eksistensinya kian memudar. Modernisasi membuat peminat kesenian Gambang Kromong yang tersisa hanyalah orang-orang yang sudah berumur, sedangkan generasi muda jaman sekarang kurang berminat dengan tradisi turun temurun ini.

  • Tulou; Rumah Adat Khas Orang Hakka (Khek).

    Tulou; Rumah Adat Khas Orang Hakka (Khek).

    RADAR TIONGHOA - Tulou (Hanzi : ; Hakka : Thu Lew) secara harafiah berarti ‘Rumah Tanah‘. Rumah tersebut pantaslah disebut “rumah tanah” karena memang tembok bagian luarnya terbuat dari batu cadas dan tanah liat. Bagian dalamnya terbuat dari kayu tahan rayap. Sebagian rumah ini dibangun sejak abad ke-12 Masehi, kira-kira 800-an tahun lalu dan masih bertahan hingga sekarang, khususnya di daerah Hakka di propinsi Fujian dan Jiangxi.

  • Orang Tionghoa dalam Sejarah Pertambangan Indonesia

    Orang Tionghoa dalam Sejarah Pertambangan Indonesia

    RADAR TIONGHOA - Sejarah Pertambangan di Indonesia dimulai oleh orang-orang Tionghoa, yakni oleh orang-orang Tionghoa suku Hakka (suku Khek). Menurut jenis hasil tambang, sejarah itu terbagi ke dalam dua kategori pertambangan, yakni tambang emas dan tambang timah. Menurut area tambang, sejarah itu terbagi ke dalam dua pulau, Pulau Bangka dan Pulau Kalimantan. Namun, baik di kedua sejarah pertambangan itu, semua diawali oleh orang Tionghoa, khususnya Thong Ngin, Orang Tionghoa suku Hakka atau suku Khek. Sejarah pertambangan oleh orang Hakka di Indonesia sudah ada jauh sebelum orang-orang bekulit putih datang. Bahkan jauh sebelum masa Indonesia dijajah oleh bangsa Belanda.

  • Suku Tionghoa.INFO : Antara Pro Pembauran vs Anti Pembauran

    RADAR TIONGHOA - Ada pihak-pihak tertentu yang keberatan dengan blog Tionghoa.INFO yang dianggap PRO PEMBAURAN. Sebenarnya “Pembauran” seperti apa yang dimaksud? Kalau merujuk Nomina, pembauran (peng-an + baur) berarti :

  • Kebudayaan Orang Tionghoa Indonesia

    Kebudayaan Orang Tionghoa Indonesia

    RADAR TIONGHOA - Orang tionghoa yang berada di Indonesia, sebenarnya tidak merupakan satu kelompok yang berasal dari satu daerah di Negara Cina, tetapi terdiri dari beberapa suku bangsa yang berasal dari dua propinsi yaitu Fukien dan Kwangtung, yang sangat terpencar daerah – daerahnya. Setiap imigran ke Indonesia membawa kebudayaan suku bangsanya sendiri – sendiri bersama dengan perbedaan bahasanya. Ada empat bahasa Cina di Indonesia ialah bahasa Hokien, Teo-Chiu, Hakka, dan Kanton yang demikian besar perbedaannya, sehingga pembicara dari bahasa yang satu tak dapat mengerti pembicara dari yang lain.

  • Belajar dari Sepakbola Tionghoa

    Belajar dari Sepakbola Tionghoa

    RADAR TIONGHOA - PADA mulanya, sepakbola di Hindia Belanda hanya dimainkan oleh orang-orang Barat, terutama Belanda. Sepakbola adalah prestise. Tak mau disebut warga negara kelas dua, sepakbola kemudian dimainkan oleh orang Tionghoa, juga bumiputera. Perkembangan ini ditunjang pula oleh kebijakan Politik Etis. Sekolah-sekolah yang didirikan oleh Belanda seperti MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs), AMS (Algemene Middelbare School), dan HBS ((Hogere Burger School) mengajarkan olahraga, dan salah satunya sepakbola.

  • Jejak Tionghoa di Pondok Cina

    Jejak Tionghoa di Pondok Cina

    RADAR TIONGHOA - PAGI di hari Imlek, jalan utama penghubung dua provinsi Jawa Barat dan Jakarta lengang. Belum banyak warga berlalu-lalang, sehingga kendaraan bermotor dapat melaju kencang. Di kedua sisi jalan itu terdapat dua mall besar: Margo City dan Depok Town Square. Gapura merah menghiasi pintu masuk Depok Town Square. Di seberangnya, lampion-lampion tergantung di halaman Margo City. Ketika memasuki halamannya, orang akan menemukan sebuah rumah. Ia dulu sering disebut dengan nama “rumah tua Pondok Cina”. Rumah itu menjadi saksi bisu sejarah Pondok Cina yang tak bisa dilepaskan dari perkembangan kota Depok sejak masa Hindia Timur.

  • Barisan Pemberontak Tionghoa

    Barisan Pemberontak Tionghoa

    RADAR TIONGHOA - BUKU foto Semangat ’45 dalam Rekaman Gambar IPPHOS karya sejarawan AB Lapian memuat tiga foto aktivitas warga Tionghoa yang terlibat dalam revolusi fisik. Ini menunjukkan bahwa warga Tionghoa bukan hanya menyambut proklamasi dengan hangat, tapi juga bertekad dan berkorban untuk mempertahankan apa yang telah diproklamasikan atas nama rakyat Indonesia. “Kekuatan-kekuatan inilah yang sering kita sebut Semangat ’45…,” tulis Lapian.

  • Mengutamakan Kepentingan Umum

    Mengutamakan  Kepentingan Umum

    RADAR TIONGHOA - Pada akhir masa Negara-Negara Berperang, negara Qin muncul sebagai yang terkuat. Pada sebuah rapat dengan negara Qin, Lin Xiangru (), seorang diplomat, berhasil menggagalkan rencana Qin untuk merebut negaranya, Zhao, dan bahkan menghina Raja Qin.

  • Kesenian Wayang Potehi.

    Kesenian Wayang Potehi.

    RADAR TIONGHOA - Potehi berasal dari kata serapan dialek Hokkian (bukan bahasa), yakni : poo (artinya kain), tay (artinya kantong), dan hie (artinya wayang); sedangkan dalam bahasa Mandarin disebut (baca : Bu Dai Hu); yang secara harfiah berarti wayang yang berbentuk kantong kain. Orang yang berperan sebagai dalang memainkannya dengan memasukkan tangan mereka ke dalam kain tersebut. Wayang Potehi, terdiri dari 2 kata yaitu ‘wayang’ dan ‘potehi’; dan jelas juga berasal dari kata bahasa Indonesia dan dari kata serapan dialek Hokkian.

  • Indahnya Tarian Naga

    Indahnya  Tarian Naga

    RADAR TIONGHOA - Tarian Naga (Hanzi : : w? lóng) atau disebut juga Liong di Indonesia adalah suatu pertunjukan dan tarian tradisional dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa. Seperti juga Tarian Singa atau Barongsai, tarian ini sering tampil pada waktu perayaan-perayaan tertentu. Orang Tionghoa sering menggunakan istilah ‘Keturunan Naga‘(; pinyin : lóng de chuán rén) sebagai suatu simbol identitas etnis.

  • Menu Makanan Sembahyang Leluhur

    Menu Makanan Sembahyang Leluhur

    RADAR TIONGHOA - Kita biasanya mengadakan sembahyang kecil (tuang teh) setiap Che It ??(tanggal satu) dan Cap Go ?? (tanggal 15) setiap bulannya dalam penanggalan Imlek di rumah. Selain sembahyang kecil, ada juga sembahyang besar/sembahyang leluhur yang merupakan suatu kewajiban bagi mereka yang masih memegang teguh ajaran leluhur. Sembahyang besar ini biasanya memakai Sam Seng ?? (menggunakan tiga hewan bernyawa). Karena itu sembahyang ini juga biasa disebut dengan sembahyang Sam Seng/sembahyang bernyawa.

  • Hidup Menjadi Seorang Vegetarian Tidak Selalu Baik

    RADAR TIONGHOA - Pola hidup dengan cara menjadi vegetarian tidak selamanya selalu baik. Makanan yang monoton menunya bisa menimbulkan banyak penyakit. Menurut berita “Majalah Kesehatan”, banyak orang terobsesi cara makan vegetarian, bahkan ada yang seumur hidup tidak pernah makan daging. Fakta menunjukkan bahwa vegetarian murni dapat menyebabkan gangguan keseimbangan dalam asupan gizi, menyebabkan timbulnya banyak penyakit, antara lain :

  • Ahok Pernah Hentikan Pemilihan Koko Cici Jakarta

    Ahok Pernah  Hentikan Pemilihan Koko Cici Jakarta

    RADAR TIONGHOA - Ajang pemilihan Koko Cici Jakarta pertama kali diadakan pada tahun 2002 atas prakarsa Walikota Jakarta Barat pada saat itu, Sarimun Hadisaputra. Harapannya agar Koko Cici dapat mengembalikan citra Indonesia, khususnya kota Jakarta di mata dunia atas peristiwa kelabu pembantaian etnis Tionghoa di Jakarta pada bulan Mei tahun 1998. Selain itu juga ada kesan bahwa etnis Tionghoa di Indonesia katanya hanya bisa berdagang, berbisnis, dan mencari uang. Selama ini etnis Tionghoa juga dianggap tidak nasionalis dan tidak pernah berbuat bagi Indonesia serta kurang wawasan tentang Indonesia.

  • BRUCE LEE – Pandangan hidup.

    BRUCE LEE – Pandangan hidup.

    RADAR TIONGHOA - Kebenaran Sejati berhubungan dengan : – Kesempatan – Dinamis – Tidak pernah statis – Tidak berpola – Tidak ada tempat berhenti – Tidak berbentuk – Tidak ada filosofi

  • Livi Zheng, Sineas Muda Indonesia Yang Sukses di Hollywood

    RADAR TIONGHOA - Sineas-sineas muda Indonesia kembali mengharumkan nama dunia perfilman Indonesia di kancah International. Kali ini jauh lebih sensasional dengan apa yang dilakukan Livi Zheng. Perempuan kelahiran Jawa Timur pada 03 April 1989 ini memulai karirnya sebagai pemeran pengganti sejak usia 15 tahun. Namanya mulai melambung lewat karya perdana sebuah film yang berjudulBrush With Danger (2014) yang berhasil menaklukan ranah perfilmanHollywood, Amerika Serikat, yang disebut-sebut sebagai kiblatnya perfilman dunia.

  • Ramalan Nasib Seseorang

    Ramalan Nasib Seseorang

    RADAR TIONGHOA - Sifat dasar dari manusia adalah selalu ingin mengetahui apa yang terjadi di masa depan. Apalagi menjelang tahun baru Imlek, banyak orang ingin melihat peruntungannya di tahun depan, misalnya seperti bagaimana masa depan saya? Bagaiamana dengan usaha/karir saya? bagaimana dengan rezeki/jodoh saya? Dan mungkin masih banyak muncul pertanyaan lagi. Karena ketidakpastian dari hal-hal diataslah yang membuat orang pergi mencari seorang peramal nasib (Gwa Mia, Suan Ming ??) yang bisa memberi petunjuk dalam mencari jawaban.

  • Tempat Bersejarah Chen Clan Academy

    Tempat Bersejarah Chen Clan Academy

    RADAR TIONGHOA - Chen Clan Academy juga dikenal sebagai Chen Lineage Hall atau Kuil Leluhur Keluarga (marga) Chen. Lokasinya terletak di Provinsi Guangdong, kota Guangzhou, RRC, yang saat ini juga berfungsi sebagai museum seni rakyat. Akademi ini berada di bawah perlindungan oleh Pemerintah Republik Rakyat China

  • A Legend of Shaolin Kung Fu 3 ()

    A Legend of Shaolin Kung Fu 3 ()

    RADAR TIONGHOA - Saya baru saja menuntaskan menonton sebuah film yang berjudul “A Legend of Shaolin Kung Fu 3“. Film ini adalah salah satu film seri silat terpanjang, yakni 60 episode. Keunggulan film ini adalah sangat bagus dari sisi fighting scene nya yang konon katanya “real”, alias bukan dibuat-buat! Yang menontonnya juga akan mendapatkan beberapa kejutan kecil setiap beberapa episode, seperti mendapatkan beberapa wawasan spiritual.

  • Bian Lian; Seni Mengubah Wajah

    Bian Lian; Seni Mengubah Wajah

    RADAR ENTERTAINMEN - Bian Lian ( Hanzi : ; Pinyin : Bian Li?n; secara harfiah berarti “mengubah wajah atau face changing” adalah sebuah seni opera drama Tiongkok kuno yang berasal dari Chengdu, propinsi Sichuan; yang juga merupakan bagian dari rangkaian pertunjukan seni Opera Sichuan yang terkenal. Pelakon akan mengenakan kostum berwarna cerah dengan diiringi musik yang dramatis. Tentunya mereka juga menyiapkan-mengenakan berbagai topeng dengan beraneka corak dan warna; dimana biasanya menggambarkan karakter-karakter yang terkenal dari dunia seni opera Tiongkok.

  • Tradisi Tea Pai Dalam Rangkaian Pernikahan Adat Tionghoa

    RADAR TIONGHOA - Tea Pai merupakan salah satu rangkaian acara yang sering diadakan dalampernikahan adat Tionghoa (chinese wedding) untuk menghormati orang yang lebih tua. Dalam beberapa kesempatan, tradisi penyuguhan teh di beberapa daerah sangatlah berbeda karena bisa tergantung dari kebiasaan suku dan adat tradisi masing-masing. Umumnya prosesi Tea Pai dilangsungkan pada pagi atau siang hari sebelum prosesi pemberkatan pernikahan di tempat ibadah; karena jika dilangsungkan pada malam hari, prosesi ini akan terkesan “dipaksakan” atau bersifat “tidak penting”; atau hanya sekedar upacara seremonial belaka, sebagai ajang serah terima angpao, atau sebagai ajang foto. Padahal dalam prosesi Tea Pai ini tersimpan doa dan harapan orang tua agar kelak anak-anaknya bahagia.

  • Istilah Ulang Tahun Pernikahan dalam Bahasa Mandarin

    RADAR TIONGHOA - Pernikahan (Hanzi: Pinyin : Hunli) adalah salah satu momen yang paling penting dalam kehidupan seseorang. Dua Individu yang dulunya tidak saling kenal kemudian saling jatuh cinta dan memutuskan untuk bersama-sama menempuh perjalanan hidup ini, sama-sama merasakan suka dan duka. Saling mencintai, saling menghargai dan saling membutuhkan.

  • Tradisi SANGJIT Dalam Budaya Tionghoa.

    Tradisi SANGJIT Dalam Budaya Tionghoa.

    RADAR TIONGHOA - Sangjit adalah salah satu prosesi pernikahan dalam budaya Tionghoa. Sangjit dalam bahasa Indonesia berarti proses seserahan atau proses kelanjutan lamaran dari pihak mempelai pria (dengan orang tua, saudara dan teman dekatnya yang masih single) dengan membawa “persembahan” ke pihak mempelai wanita. Acara Sangjit biasanya dilakukan setelah lamaran dan sebelum wedding, atau biasanya antara sebulan sampai minggu sebelum acara pernikahan secara resmi. Waktu pelaksanaan prosesi sangjit umumnya berlangsung pada siang hari.

  • Luar Biasa, Kudeta Gulingkan Kekaisaran Tiongkok

    Luar Biasa, Kudeta Gulingkan Kekaisaran Tiongkok

    RADAR TIONGHOA - Pada tanggal 10 Oktober 1911, terjadi sebuah peristiwa kudeta yang hebat mengguncang China. Pasukan revolusioner melancarkan perlawanan terhadap pemerintah lokal di Wuhan, Provinsi Hubei. Kudeta memicu revolusi yang berujung pada penggulingan kaisar terakhir Pu Yi, untuk mengakhiri kekuasaanDinasti Qing dan runtuhnya sistem feodalisme Tiongkok yang telah berlangsung selama 2.200 tahun. Republik Tiongkok pun akhirnya lahir. Peristiwa itu juga dikenal sebagai Revolusi Xinhai, Revolusi 1911, atauRevolusi China.

  • Tiongkok Mengenang Perjuangan Dr. Sun Yat Sen

    Tiongkok Mengenang Perjuangan Dr. Sun Yat Sen

    RADAR TIONGHOA - Tulisan ini ditulis untuk mengenang perjuangan, cita-cita dan karya Dr. Sun Yat Sen (; S?nyìxi?n), sekaligus peringatan bagi 104 tahun lahirnyaRepublik Tiongkok (saat ini Taiwan), yang dikenal dengan Double Ten day, 10-10-1911. Peristiwa ini dikenal pula dengan nama Kebangkitan Wu Changatau Wuchang Uprising ( W?ch?ng q?yì) . Wu Chang adalah salah satu kota di propinsi Hubei. Sekarang namanya diganti menjadi Wuhan. Dr. Sun Yat Sen adalah seorang dari suku Hakka (khek). Ia lahir pada 12 November 1866 di kota Xiang Shan, Guangdong, dari keluarga petani. Nama asli Dr. Sun Yat Sen adalah Sun Zhong San (???) namun biasa dipanggilSun Wen (??).

  • Erhu, Alat Musik Gesek Tradisional Tiongkok.

    Erhu, Alat Musik Gesek Tradisional Tiongkok.

    RADAR TIONGHOA - Erhu () merupakan alat musik tradisional Tiongkok yang paling populer di samping Guzheng dan Dizi. Secara umum, keluarga alat musik gesek ini dikenal juga dengan istilah ‘huqin‘ yang berarti “alat musik orang barbar”, dinamakan demikian karena diperkenalkan oleh orang barbar yang berasal dari Asia Tengah.

  • Dari Mana Asal Usul Dewa Zhong Kui

    Dari Mana Asal Usul Dewa Zhong Kui

    RADAR TIONGHOA - Dalam Kepercayaan Masyarakat Tiongkok, terdapat seorang Dewa yang bertugas untuk menangkap dan membasmi setan serta berbagai macam roh jahat yang mengganggu kehidupan manusia di Bumi. Dewa tersebut adalahZhong Kui [??]. Menurut legenda, Beliau adalah seorang tokoh yang pernah hidup pada zaman dinasti Tang tepatnya pada masa pemerintahan Kaisar Tang Xuanzong [] 712-756 Masehi.

  • Empat Penemuan Terbesar Tiongkok

    Empat Penemuan Terbesar Tiongkok

    RADAR TIONGHOA - Bangsa Tiongkok merupakan salah satu bangsa yang memiliki sejarah yang panjang, jika dihitung dari Dinasti pertama Tiongkok yaitu Dinasti Xia yang didirikan sekitar tahun 2100 SM hingga saat ini, maka sejarah Tiongkok sudah sekitar 4000 tahun lebih. Di dalam 4000 tahun ini banyak penemuan-penemuan penting bangsa Tiongkok yang mempengaruhi kehidupan umat manusia. Di antara penemuan-penemuan ini, terdapat 4 penemuan yang memiliki pengaruh terbesar dalam kehidupan manusia hingga saat ini dan diakui sebagai Penemuan Terbesar Tiongkok.

  • Sepakbola; Sebuah Alat Pemersatu Bangsa

    Sepakbola; Sebuah Alat Pemersatu Bangsa

    RADAR TIONGHOA - Hingar bingar SEAGAMES Singapura 2015 ini benar-benar sangat terasa. Dimana-mana orang mengikuti info perkembangan Sea Games ke-28 ini lewat berbagai media cetak maupun online. Apalagi panitia penyelenggaraan kali ini menyediakan sebuah account resmi YOUTUBE yang menyediakan cuplikan-cuplikan hasil pertandingan dan LIVE STREAMING atau siaran langsung pada beberapa cabang olahraga. Salah satu cabang olahraga yang paling diminati (ditonton) oleh masyarakat pemirsa tentu saja adalah SEPAKBOLA.

  • Kaum Muda Jangan Lupakan Tragedi Mei 1998

    Kaum Muda Jangan Lupakan Tragedi Mei 1998

    RADAR TIONGHOA - Anak muda sebaiknya bisa tetap mengingat sejarah dan tidak melupakan faktaKerusuhan Mei 1998. Harapan agar anak muda tidak melupakan peristiwa Mei 1998 juga untuk menghargai para aktivis reformasi yang hilang dan hingga kini belum diketahui keberadaannya.

  • 7 Rahasia Kenapa Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Sukses

    RADAR TIONGHOA - Seperti kita ketahui bersama bahwa orang Tionghoa yang berada di Indonesia sebagian besar adalah seorang pengusaha. Dan, hebatnya sebagian besar mereka adalah pengusaha yang sukses. Seakan-akan apapun bisnis yang pengusaha Tionghoa kerjakan pasti bisa berjalan dengan baik dan membawanya menuju kesuksesan.

  • Perhitungan Bulan Lun (Lun Gwee) Pada Kalender Imlek.

    RADAR TIONGHOA - Kita mengenal istilah Lun-gwee atau bulan Lun (kabisat) di dalam penanggalan kalender Imlek. Bulan Lun sangat penting, karena jika tidak ada, maka penanggalan Imlek akan terus bergerak maju, sama seperti perhitungan kalender Hijriah. Hal ini menunjukkan begitu hebatnya pengetahuan ahli astronomi orang Tiongkok pada zaman dahulu tentang waktu dan perputaran bumi terhadap matahari. Nah, seperti apakah perhitungan Lun gwee atau bulan Lun (kabisat) itu dalam sistem penanggalan tahun Imlek? Berikut ulasannya dibawah ini.

  • Keledai, Rubah, dan Singa

    Keledai, Rubah, dan Singa

    RADAR TIONGHOA - Seekor Keledai dan seekor Rubah telah menjadi sahabat dekat sejak lama, dan sering sekali terlihat berduaan. Ketika Keledai memakan rumput, maka Rubah akan melahap seekor ayam dari kandang ternak yang berdekatan atau sepotong keju curian dari pabrik susu.

  • Yu Gong Memindahkan Gunung

    Yu Gong Memindahkan Gunung

    RADAR TIONGHOA - Ini adalah kisah terkenal bagi kebanyakan orang Tiongkok. Dalam bahasa Tiongkok, Yu Gong berarti orang tua yang bodoh . Bagaimana orang bodoh berhasil memindahkan gunung yang tinggi? Duluada dua gunung tinggi antara Jizhou di Selatan dan Heyang di utara. Salah satunya disebut Gunung Taihang.

  • Siapa Itu Bambu Selir Xiang

    Siapa Itu  Bambu Selir Xiang

    RADAR TIONGHOA - Konon pada jaman Kaisar Yao dan Shun, hiduplah sembilan naga jahat di Gunung Jeuye di Provinsi Hunan. Para naga ini sering bermain bersama di perairan Sungai Xiangjiang. Aksi-aksi dahsyat mereka telah mengakibatkan meluapnya sungai tersebut. Banjir telah menghanyutkan tanaman panen dan merobohkan rumah-rumah. Orang-orang yang tinggal dekat sungai itu menjerit karena kerugian dan penderitaan. Kaisar Shun, yang selalu prihatin terhadap penderitaan rakyatnya, tak bisa makan dan tidur dengan baik ketika ia mendengar tentang akibat membahayakan yang disebabkan para naga itu. Ia memutuskan untuk pergi berkunjung ke Selatan untuk memecahkan masalah-masalah rakyatnya dengan menghukum dan menyingkirkan naga-naga itu.

  • Pria Sejati Adalah yang Ketat Mematut Diri dan Toleran pada Orang Lain

    RADAR TIONGHOA - Di dalam budaya Tiongkok kuno, ketat mematut diri dan toleran pada orang lain merupakan salah satu prinsip seorang pria yang sejati, digunakan untuk mendisiplinkan diri sendiri dan memperlakukan orang lain di masyarakat. Ini merupakan manifestasi kebaikan dari seorang pria sejati. Ketat mematut diri adalah karakter yang mulia, mencakup perilaku yang benar dan peningkatan diri. Toleran pada orang lain berarti memiliki hati yang belas kasih dan pemaaf. Semua ini memiliki beberapa komponen:,di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dari mana Asal-Usul Sumpit

    Dari mana Asal-Usul Sumpit

    RADAR TIONGHOA - Sumpit diciptakan bangsa Tiongkok dan sudah dikenal di Tiongkok sejak 3.000 hingga 5.000 tahun yang lalu. Sumpit telah digunakan jauh sebelum penggunaan sendok dan garpu di Eropa (pisau ditemukan terlebih dahulu, namun lebih sebagai senjata, baru kemudian dibentuk khusus sebagai alat makan). Penggunaan sumpit dikembangkan oleh Confusius (551-479 BC). Orang-orang Tionghoa yang waktu itu menganut Konghucu, menganggap penggunaan sendok dan garpu adalah semacam kekejaman, bagaikan senjata dingin.

  • Apa Itu Tangyuan, Bola Nasi dalam Sup

    Apa Itu  Tangyuan, Bola Nasi dalam Sup

    RADAR TIONGHOA - Makanan 'bola nasi di dalam sup' khas Tiongkok itu disebut 'tangyuan', 'tangtuan' atau 'yuanxiao' dalam ejaan pinyin Mandarin. Nama yang terakhir berhubungan dengan festival 'Lampion' (Yuanxiao) Tiongkok saat dimana ia dimakan. Hidangan yang terdiri dari bola-bola nasi yang lengket, diisi dengan suatu campuran bahan seperti buah-buahan yang diawetkan, lemak babi dan gula batu itu dinikmati oleh semua orang, karena rasanya yang manis dan lembut. Karena nasi itu mengandung kanji yang menyebabkan lengket dan rasa yang sempurna, orang tidak bisa memakannya dalam jumlah banyak.

  • Kasim Dalam Kekaisaran Tiongkok.

    Kasim Dalam Kekaisaran Tiongkok.

    RADAR TIONGHOA - Kisah orang-orang kasim Tiongkok atau laki-laki yang dikebiri memiliki sejarah panjang yang menarik. Mereka hanya mendapatkan akses yang langka ke keluarga kaisar. Selama berabad-abad, mereka memegang kekuasaan besar sebagai penyimpan rahasia dan intrik kehidupan keluarga kaisar. Memelihara para kasim di dalam istana kekaisaran Tiongkok adalah sebuah tradisi kuno, dan menurut catatan disebutkan bahwa tradisi memelihara para pelayan yang telah dikebiri telah ada jauh sebelum abad ke 8 Sebelum Masehi.

  • Pasangan Pemulung: Mendidik Anak Agar Tahu Balas Budi

    RADAR TIONGHOA - Di dalam keheningan, dua orang tua memakan nasi bubur yang dimasak dengan sayur dan beras kasar yang tidak bergizi, setetes demi setetes air mata jatuh ke dalam mangkuk nasinya Di sebuah desa kelompok Chunhua 4 Kecamatan Guixi, Kabupaten Dianjiang berdiam keluarga bermarga Yang. Sang suami bernama Yang Mingda, 63 tahun. Istrinya mengidap penyakit jantung bawaan dan menggantungkan kehidupan keluarganya dengan menjadi pemulung dan menjual sayuran serta menerima bantuan dari para dermawan sampai akhirnya berhasil menyekolahkan 4 orang anaknya di perguruan tinggi.

  • Naga Putih Dalam Kitab Jia Xing Fu Zhi,

    Naga Putih Dalam  Kitab Jia Xing Fu Zhi,

    RADAR TIONGHOA - Di kabupaten Ping Hu ada naga putih terbang di atas laut, sinar merah yang dipancarkannya mewarnai separuh cakrawala, kala itu Chen Maoxiao (mencatat, naga tersebut kepalanya setengah menunduk, di tengah kedua tanduknya, berdiri seorang Dewa berbusana ungu dan mengenakan mahkota emas, tubuhnya setinggi satu kaki, tangannya menggenggam pedang. Di bawah kepala naga terdapat seberkas sinar mutiara yang cemerlang, berbentuk bulat, sebesar cawan.”

  • Cing Bing : Budaya Tradisional Hormati Arwah Leluhur.

    RADAR TIONGHOA - Konon, hari raya Cing Bing atau Qing Ming (? ??, baca: ching ming = cerah dan cemerlang) pada awalnya adalah ritual “pembersihan makam” oleh para kaisar, raja dan petinggi negara lainnya pada zaman dahulu kala, kemudian ditiru oleh rakyat kebanyakan dengan memberi persembahan kepada leluhur dan membersihkan/merawat makam pada hari yang sama, diteruskan turun temurun sehingga menjadi semacam adat istiadat yang baku bagi suku bangsa Tionghoa.

  • Teladan Mendidik Anak yang Baik

    Teladan Mendidik Anak yang Baik

    RADAR TIONGHOA - Cerita tentang seorang militer China, Jendral Qi Jiguang (???) dari dinasti Ming yang telah dididik sejak kecil oleh ayahnya agar tidak hidup didalam kemewahan dan kesombongan.

  • Apa itu Simpul Tali Tiongkok

    Apa itu Simpul Tali Tiongkok

    RADAR TIONGHOA - Sejarah simpul tali ala Tiongkok (??? zhong guo jie) membentang melalui perkembangan 5.000 tahun peradaban Tiongkok. Pada masa prasejarah, simpul-tali sudah dipakai untuk tujuan penandaan sesuatu.

123> MORE