• Gubernur Ruwet

    Gubernur Ruwet

    SIAPA pun pemimpin Jakarta, Tanah Abang selalu menjadi sorotan. Kecemerlangan kawasan itu selalu beriring dengan dinamika persoalan-persoalan yang terus bermutasi dan berkembang.

  • Supaya Pilkada Tanpa Tersangka

    Supaya Pilkada Tanpa Tersangka

    Supaya Pilkada Tanpa Tersangka

  • Tuntutan untuk Novanto

    Tuntutan untuk Novanto

    Ada tiga tujuan yang perlu diperhatikan dalam proses penegakan hukum.

  • Jejak Yayasan Masuk Daftar Hitam

    Jejak Yayasan Masuk Daftar Hitam

    Jakarta: Dakwaan jaksa kepada mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dalam kasus korupsi proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) telah membuka kembali memori buruk soal yayasan.

  • Blakblakan Soal UU TPPU yang Menyusahkan

    Blakblakan Soal UU TPPU yang Menyusahkan

    Jakarta: Mengungkap kasus pencucian uang melalui yayasan tidak akan pernah semudah membalikkan telapak tangan.

  • Sindrom Pengumpul Uang Haram

    Sindrom Pengumpul Uang Haram

    Jakarta: Pada masa awal kelahirannya sebagai sebuah negara setelah merebut kemerdekaan, Indonesia masih terlalu belia untuk mencukupi kebutuhan tentaranya.

  • Menabuh Lebih Keras Genderang Antikorupsi

    Menabuh Lebih Keras Genderang Antikorupsi

    PERANG melawan korupsi perlahan menuju titik kemenangan seiring dengan mulai sirnanya sikap permisif masyarakat terhadap perilaku koruptif.

  • Korupsi Recehan

    Korupsi Recehan

    Korupsi tetaplah korupsi, berapa pun besarnya.

  • Di Ujung Pembubaran HTI

    Di Ujung Pembubaran HTI

    Jakarta: Dilansir dari metrotvnews.com, Hizbut Tahrir legal di Inggris, tetapi ilegal di dunia Arab.

  • Cerita Senyap dari Timur Laut Tesso Nilo

    Cerita Senyap dari Timur Laut Tesso Nilo

    RADARRIAUNET.COM - Seperti pada kebanyakan taman nasional di negeri ini, Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) juga tidak lepas dari ketidakpastian. Melalui media massa, publik disuguhkan pemberitaan mulai dari tumpang tindih pengelolaan dengan pihak lain, perambahan dan atau okupasi, penebangan liar hingga pembakaraan pada saat penyiapan lahan untuk dijadikan perkebunan.

  • Refleksi Historis dan Tantangan Santri

    Refleksi Historis dan Tantangan Santri

    RADARRIAUNET.COM - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, lema 'santri' berarti orang yang mendalami agama Islam; orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh; dan orang yang saleh. Namun, arti santri dalam terminologi sejarah bangsa bermakna lebih jauh daripada itu.

  • Budaya Jajan dan Anak Sekolah

    Budaya Jajan dan Anak Sekolah

    RADARRIAUNET.COM - Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat sejak usia dini akan meningkatkan kualitas generasi muda kita. Kebiasaan makan sangat dipengaruhi salah satunya oleh kultur budaya masyarakat. Kultur budaya inilah yang melahirkan beragam kekayaan kuliner tanpa batas.

  • Pesan Implisit Jaksa di Kasus Jessica, Antiklimaks?

    Pesan Implisit Jaksa di Kasus Jessica, Antiklimaks?

    RADARRIAUNET.COM - Atribusi adalah bahasan psikologi tentang sebab-musabab perilaku. Disebut atribusi internal ketika perilaku individu lebih disebabkan oleh faktor-faktor pada dirinya sendiri. Sebaliknya, atribusi eksternal menjadi simpulan manakala faktor-faktor di luar diri individu yang dominan membentuk perilakunya.

  • Meregulasi Halal Setengah Hati

    Meregulasi Halal Setengah Hati

    RADARRIAUNET.COM - Pada 17 Oktober 2016, UU Jaminan Produk Halal (JPH) No 33 Tahun 2014 memasuki usia dua tahun. Kelahiran UU ini memberi kepastian hukum dan perlindungan terhadap produk halal yang amat penting bagi penduduk Muslim dan pihak lain, apa pun agama dan kewarganegaraannya. Sebab, produk halal tidak sekadar memenuhi kaidah agama, tapi juga produk yang sehat, bersih, aman, dan higienis.

  • Di Balik Pemilihan Antonio Guterres

    Di Balik Pemilihan Antonio Guterres

    RADARRIAUNET.COM - ANTONIO Guterres akhirnya mendapatkan persetujuan dari Dewan Keamanan PBB untuk mengemban mandat sebagai sekretaris jenderal (sekjen) PBB lima tahun ke depan menggantikan Ban Ki-moon yang telah menjalani jabatan tersebut selama dua periode sejak 2007.

  • Poros Dirgantara dan Industri Pertahanan

    Poros Dirgantara dan Industri Pertahanan

    RADARRIAUNET.COM - Fokus pertahanan Indonesia yang sangat "inward looking" bergeser secara dramatik di tahun 2014 lalu saat bangsa ini melahirkan Presiden terpilih Joko Widodo yang secara lantang mencanangkan paradigma Indonesia baru sebagai negara ”Poros Maritim Dunia” (PMD). Sesungguhnya, visi PMD menjadikan Indonesia sekaligus menjadi negara poros dirgantara dunia.

  • MEA dan Pertumbuhan Ekonomi

    MEA dan Pertumbuhan Ekonomi

    RADARRIAUNET.COM - MEMASUKI tahun 2016 tampak signifikan karena beriring pemberlakuan implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Inilah paradigma baru ekonomi. Inilah situasi anyar perekonomian. Inilah tantangan kontemporer ekonomi.MEA seyogianya memacu geliat dan pertumbuhan perekonomian kita di kawasan, sembari ini merupakan modal guna memainkan peran di dunia internasional.

  • Melahirkan Manusia Berkarakter

    Melahirkan Manusia Berkarakter

    RADARRIAUNET.COM - BEBERAPA tahun terakhir, terutama setelah Kurikulum 2013 diberlakukan, dunia pendidikan kita begitu giat menggalakkan pendidikan karakter dengan orientasi melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter. Hampir semua lembaga atau institusi yang berakaitan dengan pendidikan membincang pendidikan karakter dalam berbagai macam ekspresinya. Ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter itu sangat penting dalam melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter.

  • Kenapa Kasus Jessica Lebih Diekspos Berlebih daripada Kasus Penculikan WNI di Malaysia?

    RADARRIAUNET.COM - Ada yang mengatakan sudah mendapat titik terang dan ada pula yang masih menganggap bahwa kasus Wayan Mirna Salihin yang tewas karena diduga dibunuh oleh Jessica Kumala Wongso masih abu-abu alias masih berputar-putar tak tentu ujungnya.

  • Target Ambisius dan Darurat APBN

    Target Ambisius dan Darurat APBN

    RADARRIAUNET.COM - Joko Widodo adalah presiden ke-7 RI. Dari enam presiden sebelumnya, tak ada satu pun yang memiliki latar belakang pengusaha. Sukarno seorang pejuang dan politikus, Soeharto berlatar belakang militer, BJ Habibie seorang ilmuwan, Megawati Soekarnoputri seorang politikus, Abdurrahman Wahid seorang intelektual dan ulama, dan Susilo Bambang Yudhoyono dari militer. Baru Jokowi inilah sosok pengusaha menjadi presiden.

  • Faktor Agama dalam Pilkada

    Faktor Agama dalam Pilkada

    RADARRIAUNET.COM - Pemilihan kepala daerah baru akan dilaksanakan Februari 2017. Tetapi, suhu politik sudah mulai memanas, khususnya di DKI Jakarta. Suasana di lima provinsi lain dan puluhan kabupaten/kota terlihat biasa-biasa saja. Di beberapa daerah bahkan terasa begitu adem-ayem.

  • Warisan Ekonomi Raja Bhumibol

    Warisan Ekonomi Raja Bhumibol

    RADARRIAUNET.COM - Pekan lalu publik Thailand mengalami suasana duka yang teramat mendalam seiring wafatnya figur yang sangat dihormati dan disegani, yaitu Raja Bhumibol Adulyadej.

  • Era Gelap Pemberantasan Korupsi?

    Era Gelap Pemberantasan Korupsi?

    RADARRIAUNET.COM - Korupsi adalah kejahatan luar biasa. Semua anak negeri ini sepakat. Namun, gagal membuat kesepakatan bahwa koruptor harus kita benci karena sebagian justru merawat nalar toleransi terhadap korupsi.

  • Topik Ahok dan Marwah

    Topik Ahok dan Marwah

    RADARRIAUNET.COM - Perkembangan teknologi informasi sekarang ini sungguh dahsyat. Kejadian yang membuat gaduh di suatu tempat jauh begitu cepat dan instan menyerbu berbagai tempat yang sangat jauh. Itulah yang sangat terasa begitu saya mendarat di Perth, Australia, Kamis 13 Oktober 2016 sore. Sebenarnya acara resmi saya baru terjadwal untuk berbicara pada Jumat 14 Oktober 2016 malam di Kantor Konsulat Jenderal Indonesia dan Sabtu pagi di Curtin University di Perth.

  • Kalah Jadi Abu Menang Jadi Gubernur

    Kalah Jadi Abu Menang Jadi Gubernur

    RADARRIAUNET.COM - PERIBAHASA ini aslinya ”kalah jadi abu, menang jadi arang”, gambaran dari sebuah kesia-siaan. Peribahasa ini dimaksudkan sebagai ajaran moral, yang intinya memberi kita suatu peringatan agar dalam hidup ini kita tak terjebak ke dalam kesia-siaan, apa pun bentuknya.

  • Agama dan Politik

    Agama dan Politik

    RADARRIAUNET.COM - Hubungan agama dan politik selalu heboh. Ajaran agama menekankan keimanan, ritual peribadatan, dan moralitas. Adapun politik menekankan aturan main yang mengarah pada perebutan dan pembagian kekuasaan dalam konteks kehidupan bernegara.

  • Memerangi Pungli Birokrasi

    Memerangi Pungli Birokrasi

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Jokowi menyatakan perang terhadap pungutan liar (pungli). Mulai Selasa 11 Oktober 2016 saya minta kepada seluruh aparat pemerintah, terutama yang melakukan pelayanan kepada masyarakat agar menghentikan pungli. Demikian Presiden memberikan maklumat disertai ancaman pemecatan bila diketahui masih melakukannya.

  • Urgensi Revisi UU Parpol

    Urgensi Revisi UU Parpol

    RADARRIAUNET.COM - Pertengahan 2015 pembentuk undang-undang (UU) hendak merevisi UU Parpol. Rencana tersebut dilatari fenomena konflik internal yang dapat menyebabkan parpol tidak dapat mengajukan pasangan calon pada pilkada serentak kala itu. Hanya, rencana dimaksud urung dilakukan karena alasan sempitnya waktu yang tersedia menjelang berakhirnya tahap pencalonan kepala daerah. Pada saat yang sama, parpol berkonflik pun tetap dapat mengajukan calon dengan jalan merevisi UU Pilkada. Akhirnya rencana perubahan UU Parpol sampai saat ini tak tentu rimbanya.

  • Fisika Kuantum dan ‘Pengadaan’ Uang

    Fisika Kuantum dan ‘Pengadaan’ Uang

    RADARRIAUNET.COM - Diskusi "Indonesia Lawyers Club (ILC)" pekan lalu sangat menarik yang mengangkat tema tentang fenomena pengadaan uang yang ditunjukkan melalui video oleh salah seorang peserta, dan kelihatannya meyakinkan. Ada yang pro tentunya dengan fenomena tersebut, tetapi lebih banyak yang kontra bahwa itu penipuan.

  • Perceraian dan Ketahanan Negara

    Perceraian dan Ketahanan Negara

    RADARRIAUNET.COM - Memiliki rumah tangga yang langgeng dan harmonis adalah cita-cita dan harapan semua pasangan yang melangsungkan pernikahan. Tidak pernah ada pasangan yang melangsungkan pernikahan atau perkawinan dengan tujuan untuk bercerai. Boleh jadi dalam hemat banyak pasangan yang menikah, kiranya hanya mautlah yang satu-satunya boleh memisahkan mereka.

  • Menyoal Mahalnya Harga Gas

    Menyoal Mahalnya Harga Gas

    RADARRIAUNET.COM - Setelah lebih setahun harga gas cenderung naik, baru sekarang Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersoalkan mahalnya harga gas di Indonesia. Dalam rapat kabinet terbatas pekan lalu, Jokowi menyinggung harga gas industri di Indonesia jauh lebih mahal ketimbang harga gas di Vietnam, Malaysia, dan Singapura. Indonesia yang punya cadangan gas berlimpah, harga gas industri mencapai sekitar USD11,2 hingga USD13,5 per million metric british thermal units (MMBtu). Sedangkan di Vietnam dan Singapura yang tidak mempunyai sumber gas, harga gas hanya sebesar USD4 per MMBtu di Singapura dan USD7 per MMBtu di Vietnam.

  • Khurofat

    Khurofat

    RADARRIAUNET.COM - Kasus Dimas Kanjeng Taat Pribadi menyentakkan banyak orang tidak saja karena tindak kriminal, tetapi justru karena terdapat simbol-simbol agama, bungkus ketokohan dan juga menyeret tokoh cendekiawan terkenal. Ini menjadi topik perbincangan/perdebatan bahkan di beberapa stasiun TV. Kasus sejenis ini sebetulnya bukan pertama kali muncul di lingkungan masyarakat kita. Kepercayaan masyarakat terhadap kekuatan-kekuatan magis alam—benda-benda tertentu dan bahkan manusia yang dipercayai istimewa—adalah cerita lama. Inilah yang dalam literatur disebut sebagai kepercayaan animisme dinamisme.

  • Gen Z dan Ancaman Pornografi

    Gen Z dan Ancaman Pornografi

    RADARRIAUNET.COM - Internet (interconnection network) memang memiliki dampak konstruktif yang bisa membangkitkan semangat kompetisi untuk maju lebih baik. Tetapi, di sisi lain, internet juga memuat konten-konten yang perlu dihindari. Salah satunya konten pornografi.

  • Implikasi Calon Tunggal

    Implikasi Calon Tunggal

    RADARRIAUNET.COM - Tuntutan menuju ke arah negara hukum dan demokrasi menjadi impian setiap negara atau paling tidak impian para teknokrat dalam negara tersebut. Tetapi, harus disadari, bahkan seorang ahli demokrasi sekelas Gramschi pun mengatakan bahwa negara demokrasi seperti yang diidealkan tidak akan pernah ada. Di samping itu, hukum sendiri adalah entitas yang bermuka dua. Di satu sisi, ia dapat menjadi senjata bagi rakyat untuk melindungi hak asasi manusia yang mereka miliki. Tapi, di sisi lain, hukum juga menjadi alat bagi penguasa untuk melegitimasi tindakan mereka yang sesungguhnya melanggar nilai-nilai etika.

  • Menyikapi Turbulensi Global

    Menyikapi Turbulensi Global

    RADARRIAUNET.COM - Sejumlah negara ekonomi utama tampaknya kompak menunjukkan tanda-tanda negatif, yang ditandai dengan data ekonomi terbaru dari Cina dan Jepang serta mencuatnya skandal di sektor keuangan di Eropa dan AS. Dalam laporan yang dirilis oleh Caixin pada Jumat (30/9) akhir bulan lalu, indeks manufaktur (PMI) Cina tercatat hanya naik tipis 0,10 poin ke level 50,1 untuk bulan September. Kenaikan tersebut didorong oleh meningkatnya pengiriman luar negeri dan permintaan sejumlah produk baru. Caixin mencatat, perolehan skor bulan September menjadi kali kedua manufaktur Negeri Panda mencapai level ekspansi sejak Februari 2015.

  • Siapa Suruh Jadi Pemuda Jakarta?

    Siapa Suruh Jadi Pemuda Jakarta?

    RADARRIAUNET.COM - Begitu mendarat di Soekarno-Hatta setelah menempuh 14 jam perjalanan dari Heathrow, istri saya mengeluh kegerahan. Setelah menelusuri tol yang padat merayap, terjawab sudah ihwal gerah tadi, Jakarta telah dibasuh air dari langit.

  • Pesona Sebuah Jabatan

    Pesona Sebuah Jabatan

    RADARRIAUNET.COM - Di dalam terminologi tradisional, kekuasaan itu disebut tahta. Penguasa, raja, yang bertahta tadi, duduk di kursi kekuasaan yang memiliki sebutan khusus: dampar kencana.

  • Apakah TNI Dicintai Rakyat?

    Apakah TNI Dicintai Rakyat?

    RADARRIAUNET.COM - Pertanyaan ini tentu saja menggelitik bagi TNI juga bagi masyarakat yang peduli dengan TNI. Namun, jawaban dari pertanyaan ini bukan hanya menggelitik, melainkan bisa jadi hal yang sangat serius bagi TNI.

  • Dimas Kanjeng dan Kegaiban yang Absurd

    Dimas Kanjeng dan Kegaiban yang Absurd

    RADARRIAUNET.COM - Umat Islam kembali tercengang. Kali ini geger yang mencengangkan itu dipicu penangkapan Dimas Kanjeng Taat Pribadi karena kasus pembunuhan.

  • Kebersamaan TNI-Rakyat

    Kebersamaan TNI-Rakyat

    RADARRIAUNET.COM - Setiap 5 Oktober kita memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI). Kita semua tentu mengucapkan selamat sambari berharap TNI semakin kuat menjaga kedaulatan republik. Kekuatan TNI tidak hanya bertumpu pada gelaran senjata (alutsista) yang dimiliki, tetapi juga pada kemampuan TNI mendefinisikan ancaman secara tepat dan meresponsnya secara tepat.

  • Hijrah dan Kemanusiaan

    Hijrah dan Kemanusiaan

    RADARRIAUNET.COM - Salah satu sejarah penting di dalam Islam adalah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah hingga Madinah, sebagai bagian dari perjalanan politik dan dakwahnya. Dianggap sebagai misi dakwah dan politiknya, sebab bukan hanya untuk menyebarkan misi Islam, melainkan membawa prinsip dasar terkait kepemimpinan untuk membangun sebuah sistem sosial masyarakat di Madinah yang sangat beragam.

  • TNI Birawa

    TNI Birawa

    RADARRIAUNET.COM - Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia tercatat, Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah organisasi pengabdian warga negara Republik Indonesia pada profesi militer yang oleh konstitusi UUD 1945 diamanatkan sebagai alat pertahanan negara untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan negara. Di masa lalu pemerintah sangat dominan di hampir semua sektor penyelenggaraan negara yang lazim disebut otoritarian dengan menempatkan ABRI (TNI-Polri) dalam posisi ketat mengawal pemerintah dengan status sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan (hankam) dan kekuatan sosial politik (sospol) yang dikenal dengan Dwifungsi ABRI.

  • Siapkah Jakarta Menyambut Gubernur Baru?

    Siapkah Jakarta Menyambut Gubernur Baru?

    RADARRIAUNET.COM - Sekilas memang judul artikel ini mempertanyakan hal yang terlalu dini. Bagaimana tidak? Jangankan datang memilih di bilik suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta saja belum menetapkan secara resmi siapa saja pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan berlaga di Pilkada Jakarta 2017 kelak.

  • Bencana dan Kesadaran Kolektif Kita

    Bencana dan Kesadaran Kolektif Kita

    RADARRIAUNET.COM - Beberapa waktu lalu kita dikagetkan oleh bencana longsor dan banjir yang menimpa beberapa daerah seperti Garut, Sumedang dan sebagainya. Ya, mesti diakui bahwa diantara masalah kerap menjadi langganan negeri ini adalah bencana alam dalam berbagai bentuknya; dari tsunami, longsor, banjir, gunung berapi, macet, tabrakan, kebakaran dan sebagainya. Korban pun nyaris tak terhitung, dari nyawa manusia, rumah warga, infrastruktur, dan sebagainya.

  • Menanti Kepastian Interkoneksi

    Menanti Kepastian Interkoneksi

    RADARRIAUNET.COM - Dalam dua bulan terakhir, isu interkoneksi terus bergulir. Surat edaran Nomor 1153/M.Kominfo/PI.0204/08/2016 yang dikeluarkan Menkominfo Rudiantara pada 2 Agustus 2016 lalu memicu polemik hingga ranah wakil rakyat.

  • Netralitas Jokowi di Pilkada DKI

    Netralitas Jokowi di Pilkada DKI

    RADARRIAUNET.COM - Tak lama lagi Pilkada DKI Jakarta akan digelar. Tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang telah mendaftar ke KPU DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat (diusung PDIP, Golkar, Hanura dan Nasdem), Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (diusung Partai Gerindar dan PKS), dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN) siap bertarung.

  • Menelusuri Ungkapan Khas Pasar Jawa

    Menelusuri Ungkapan Khas Pasar Jawa

    RADARRIAUNET.COM - Langit membersit jernih tatkala saya tiba di Pasar Ngasem milik Keraton Ngayogyakarta itu. Dari kampus Sanata Dharma, kaki ini melangkah menuju pasar tradisional tersebut. Rasa penasaran singgah di hati selepas membaca liputan jurnalis Republika perihal pasar lawas Srowulan di area Sleman.

  • Partai Baru di Pemilu 2019

    Partai Baru di Pemilu 2019

    RADARRIAUNET.COM - Pemerintah meminta kepada partai politik (parpol) baru pada Pemilu Presiden 2019 untuk bersabar mengajukan calon presiden pada 2024. Tjahjo Kumolo sebagai wakil pemerintah akan mengajukan usulan tersebut ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

  • Jalan Spiritual

    Jalan Spiritual

    RADARRIAUNET.COM - Baru-baru ini ramai diberitakan pemimpin spiritual Taat Pribadi yang lebih dikenal dengan sebutan Dimas Kanjeng ditangkap oleh Polda Jawa Timur karena diduga terlibat pembunuhan. Dimas Kanjeng dikabarkan memiliki ”karomah” menggandakan uang dalam jumlah besar.

  • Indonesia Powerhouse Pemuda Dunia

    Indonesia Powerhouse Pemuda Dunia

    RADARRIAUNET.COM - Indonesia Channel 2016 yang diselenggarakan di teater besar Taman Ismail Marzuki Jakarta beberapa waktu lalu menampilkan 60 pemuda dunia dari 41 negara. Peserta program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) itu menampilkan bentuk kecintaan sekaligus kemahiran mereka di bidang seni dan budaya Indonesia setelah tiga bulan mempelajarinya di perguruan tinggi dan sanggar seni budaya di Yogyakarta, Makassar, Bali, Surabaya, dan Padang.

  • Politik dalam Bahasa

    Politik dalam Bahasa

    RADARRIAUNET.COM - Dalam berbahasa sehari-hari, sesuatu yang bisa disebut 'biasa', terdapat unsur politik yang jelas. Struktur bahasa bisa ditentukan oleh apa yang disebut politik tadi. Tanpa lebih dahulu mendefinisikan makna politik yang kompleks dan boleh jadi berbelit-belit, kita bisa langsung menunjukkan contoh politik dalam struktur dan makna bahasa kita. Di sini bahasa lisan maupun tulisan tidak memerlukan pembedaan. Lisan maupun tulisan sama-sama ungkapan bahasa yang tak terbebas dari politik tadi.

  • Spirit Hijrah Menuju Bangsa Berperadaban

    Spirit Hijrah Menuju Bangsa Berperadaban

    RADARRIAUNET.COM - Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada 25 Shafar, bertepatan dengan 9 September 622 M merupakan peristiwa historis yang sangat strategis dalam pembangunan peradaban. Hijrah tidak hanya penting bagi perjalanan masa depan Islam dan umat muslim, tetapi juga bagi sejarah kemanusiaan universal, karena tanpa hijrah ke Madinah boleh jadi Islam hanya tinggal sebuah nama. Hijrah merefleksikan dan meniscayakan titik balik kebangkitan, perubahan mindset , transformasi sosial politik, dan kemajuan peradaban.

  • Ramalan dan Branding Pilgub Jakarta 2017

    Ramalan dan Branding Pilgub Jakarta 2017

    RADARRIAUENT.COM - Kemarin saya diajak ngopi oleh mentor saya, Mpu Peniti. Saya tiba terlambat mendekati 30 menit ketika sampai di rumah beliau. Di ruang tamu, telah berkumpul lebih dari selusin teman beliau.

  • Strategi Guru Pembelajar

    Strategi Guru Pembelajar

    RADARRIAUNET.COM - Pelatihan Guru Pembelajar (GP) Moda Daring (dalam jaringan) mulai dilaksanakan pemerintah September hingga Desember 2016 mendatang. Kebijakan GP adalah kelanjutan kebijakan uji kompetensi guru (UKG) yang hasilnya tidak memuaskan.

  • Logika Ekonomi Parpol

    Logika Ekonomi Parpol

    RADARRIAUNET.COM - Masih banyak yang penasaran mengapa PDIP sebagai partai pemenang di DKI Jakarta tidak mencalonkan kader intinya sendiri untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017? Mengapa harus Ahok yang resistensinya dari warga DKI Jakarta demikian tinggi tetap diajukan oleh PDIP sebagai calon gubernur?

  • Kandidasi di Pilkada DKI

    Kandidasi di Pilkada DKI

    RADARRIAUNET.COM - Tirai pembuka pertarungan elektoral Pilkada DKI sudah dibuka. Sikap partai- partai pun satu per satu mulai jelas mengusung siapa. Teraktual tentunya adalah putusan PDIP yang mendukung kembali petahana (incumbent) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

  • Internet, Demokrasi, dan Kelas Menengah

    Internet, Demokrasi, dan Kelas Menengah

    RADARRIAUNET.COM - Demokrasi di Indonesia telah mengarah pada dua bentuk utama yakni kekuatan berjejaring yang mereduksi kekuasaan hierarki dan transformasi dari pemerintahan model government menuju governance.

  • Polemik Cuti Calon Pejawat

    Polemik Cuti Calon Pejawat

    RADARRIAUNET.COM - UU Pilkada yang mengatur soal kewajiban cuti calon pejawat memantik polemik seiring gugatan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Mahkamah Konstitusi. Ahok menuding aturan tersebut inkonstitusional karena menghambatnya bekerja membangun Jakarta.

  • Perang Badar Melawan Korupsi

    Perang Badar Melawan Korupsi

    RADARRIAUNET.COM - Operasi tangkap tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Ketua Dewan Perwakilan (DPD) Daerah Irman Gusman minggu lalu sungguh mengejutkan. Ini bukan saja karena uang yang diterima dianggap terbilang "kecil" (Rp 100 juta) untuk seorang tokoh sekaliber Irman Gusman tapi juga lantaran Irman Gusman dianggap sebagai salah satu politisi secara terus-menerus rekam jejak yang santun dan antikorupsi.

  • Pencinta Indonesia di Luar Negeri

    Pencinta Indonesia di Luar Negeri

    RADARRIAUNET.COM - Ketika menghadiri The 2nd International Conference on Social and Political Sciences di FISIP UIN Syarif Hidayatullah pada 6 September 2016, sebagai bagian dari jawaban atas pertanyaan saya, Prof Greg Fealy dari Australia National University (ANU) yang menjadi pembicara di konferensi tersebut mengatakan bahwa minat masyarakat Australia belajar tentang Indonesia, termasuk bahasa Indonesia, mulai menurun.

  • Rakyat Menunggu Penyelesaian Kasus Century-BLBI

    Rakyat Menunggu Penyelesaian Kasus Century-BLBI

    RADARRIAUNET.COM - Sisa persoalan dari dua kasus besar, megaskandal Bank Century dan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), masih berserakan. Bangsa ini masih menanggung malu karena belum bisa menuntaskan proses hukum dua kasus tersebut. Maka, jangan terburu-buru menutup buku dua kasus besar itu sebab pemerintah dan semua institusi penegak hukum memiliki sejumlah instrumen yang mampu menuntaskan proses hukumnya.

  • Penjajahan Intelektual

    Penjajahan Intelektual

    RADARRIAUNET.COM - Dialektika seputar guru besar (profesor) kembali menggeliat. Di berbagai media, wacana ini mengemuka dengan sangat deras. Di luar tulisan hardnews dan softnews, sejak bulan lalu, Republika tak kalah garangnya dengan media sejenis menurunkan topik ini. Tiga tulisan menarik seputar ini. Yakni, "Nasib Profesor Indonesia" (25/8 dan 1/9 2016) dari Azyumardi Azra ("Resonansi") dan "Profesor, Scopus dan Alternatif" (14/9) dari Moeflich Hasbullah di kolom "Opini".

  • Job Fair

    Job Fair

    RADARRIAUNET.COM - Sebuah info diperoleh bahwa di kota provinsi saja, katakan Padang, jumlah pencari kerja tahun 2015 sebanyak 13.000 orang lebih. Sementara lowongan yang tersedia sebanyak 1.100 jenis pekerjaan. Masalah yang sama juga terlihat di kota metropolitan, Jakarta. Sedikit saja info lowongan kerja dibuka, maka dalam hitungan hari banyak pencari kerja yang datang. Mereka antre untuk ikut serta dalam seleksi kerja, bahkan mirip ujian masuk perguruan tinggi di Gelora Bung Karno, Senayan.

  • Dayang Saing PTS Islam

    Dayang Saing PTS Islam

    RADARRIAUNET.COM - Aneh rasanya membaca SK Kemenristekdikti No 492.A/M/Kp/VIII/2016 tentang Pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia tahun 2015. Pada tiga baris pertama, daftar nama-nama perguruan tinggi swasta terkemuka itu tidak satu pun PTS Islam.

  • Hukum Persidangan Melawan Hukum Alam

    Hukum Persidangan Melawan Hukum Alam

    RADARRIAUNET.COM - Jonathan Levav dari Columbia University penasaran akan sebuah pertanyaan: Kapankah waktu terbaik bagi narapidana untuk mengajukan pembebasan bersyarat? Berdasarkan studinya, Levav menyimpulkan bahwa pagi hari dan pascarehat adalah waktu yang paling jitu. Penjelasan atas simpulan tersebut sangat sederhana, yaitu gula darah.

  • Sengkarut Obat Ilegal

    Sengkarut Obat Ilegal

    RADARRIAUNET.COM - Sebuah Media, Jumat 9 September 2016, mewartakan tentang sengkarut obat ilegal yang sudah berlangsung belasan tahun di negeri ini. Berbagai bukti dan pernyataan pengamat maupun pakar dikemukakan. Bukti-bukti dimaksud adalah ditemukannya 42,48 juta butir obat ilegal di Banten. Estimasi omzet dari peredaran obat ilegal di Indonesia mencapai USD200 juta.

  • Kurikulum dan Nawacita

    Kurikulum dan Nawacita

    RADARRIAUNET.COM - Para pakar dan pemangku kepentingan meyakini bahwa kurikulum merupakan jantungnya pendidikan. Hidup matinya pendidikan bergantung pada roh yang membuat jantung itu berdenyut.

  • Tata Ulang Bisnis Hewan Kurban

    Tata Ulang Bisnis Hewan Kurban

    RADARRIAUNET.COM - Idul Adha baru saja berlalu. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini tidak ada lagi berita kejadian manusia terinjak-injak dan terluka atau meninggal antre daging kurban. Manajemen kurban kian membaik.

  • Idul Kurban Bersama Keluarga Teladan

    Idul Kurban Bersama Keluarga Teladan

    RADARRIAUNET.COM - Merayakan Idul Adha atau Idul Kurban bukan sekadar melaksanakan salat id, lalu dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban berikut pendistribusiannya kepada yang berhak. Idul Kurban itu sarat makna, kaya simbol sosial keagamaan, dan penuh dengan nilai-nilai historis.

  • Memacu Industri Olahraga di Indonesia

    Memacu Industri Olahraga di Indonesia

    RADARRIAUNET.COM - Belum banyak orang yang menyadari bahwa manfaat olahraga bukan hanya untuk menjaga kesehatan semata. Olahraga jika dipikir secara jernih, tidak hanya berdampak positif pada kebugaran tubuh, seperti menjauhi makanan-makanan yang tidak sehat, melatih jantung, dan menghindari penyakit.

  • Haji dan Hubungan Internasional

    Haji dan Hubungan Internasional

    RADARRIAUENT.COM - Islam adalah agama yang komprehensif. Tidak ada persoalan kehidupan yang tidak dibahas dalam Islam, termasuk mengenai hubungan internasional. Pandangan Islam tentang hubungan internasional berangkat dari firman Allah SWT, "Wahai manusia! Sungguh telah Kami ciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh Allah Maha Mengetahui, Mahateliti." (QS 49: 13).

  • Pria Korban Kejahatan Seksual

    Pria Korban Kejahatan Seksual

    RADARRIAUNET.COM - Terungkapnya prostitusi dengan korban anak laki-laki sebagai pemuas syahwat kaum penyuka sesama jenis di sekitar Bogor pada akhir Agustus 2016 ini menghadirkan sisi lain kejahatan seksual. Bahwasanya anak-anak dan pria juga rentan terhadap kejahatan seksual. Tidak hanya perempuan yang melulu menjadi korban.

  • Ajaran Kurban: Pengamalan Humanitarianisme Islam

    Ajaran Kurban: Pengamalan Humanitarianisme Islam

    RADARRAIUNET.COM - "Sesungguhnya Kami telah memberimu nikmat yang banyak, maka salatlah untuk Tuhanmu dan berkurbanlah.” (QS Al-Kautsar: 1-2).

  • Haji Mabrur dan Solidaritas Sosial

    Haji Mabrur dan Solidaritas Sosial

    RADARRIAUNET.COM - Menjadi haji mabrur yang jaminannya surga adalah cita-cita utama "Para Tamu Allah" seluruh dunia di Mekkah pada Zulhijah ini. Rasulullah menyatakan: "Bagi orang yang hajinya mabrur, balasannya adalah surga". Dengan landasan statementRasulullah itulah, setiap umat Islam termotivasi untuk menunaikan ibadah haji. Jutaan umat Islam dari seluruh dunia berbondong-bondong menuju Mekkah untuk satu tujuan: mengharap surga.

  • Kota Baru Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

    Kota Baru Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

    RADARRIAUNET.COM - Indonesia telah berdiri secara hukum sejak 71 tahun yang lalu, tetapi pertumbuhan ekonomi masih jauh lebih rendah dibanding dengan negara-negara lain di kawasan Asia bahkan di Asia Tenggara sekalipun, padahal banyak negara di Asia berdiri atau start to recover dengan periode yang sama. Selain rendahnya pertumbuhan ekonomi, kualitas pertumbuhannya pun perlu diarahkan untuk memenuhi kriteria sustainability. Negara-negara yang tidak memiliki sumber daya alam seperti Indonesia memiliki kemajuan yang sangat pesat, sebut saja Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

  • Teror Terhadap Aparat

    Teror Terhadap Aparat

    RADARRIAUNET.COM - Puluhan jiwa meninggal karena kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2015. Ratusan hingga ribuan orang mengungsi, termasuk puluhan anak balita ke fasilitas bebas asap milik pemda. Jutaan orang di Sumatra dan Kalimantan terpapar asap.

  • Perempuan dan White-Collar Crime

    Perempuan dan White-Collar Crime

    RADARRIAUNET.COM - Fenomena kejahatan kerah putih atau white-collar crime telah menjadi perhatian para ahli kriminologi. Terlebih setelah konsep white-collar crime dicetuskan oleh Edwin Hardin Sutherland pada tahun 1939.

  • Dilema Komersialisasi Pendidikan Tinggi

    Dilema Komersialisasi Pendidikan Tinggi

    RADARRIAUNET.COM - Pendidikan adalah tema yang penting dalam masyarakat sepanjang peradaban. Melalui pendidikan, manusia dapat mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada generasi penerusnya, sehingga peradaban terus berlanjut. Demi terwujudnya kehidupan yang berkeadaban, maka pendidikan haruslah memanusiakan manusia sebagaimana pendapat salah satu tokoh pendidikan Paulo Freire ”orang yang buta huruf adalah manusia kosong dan itu adalah awal dari penindasan”.

  • Pengawasan bisnis haji ilegal masih lemah

    Pengawasan bisnis haji ilegal masih lemah

    RADARRIAUNET.COM - Pengawasan penyelenggaraan ibadah haji masih lemah dan ke masa depan akan terus terjadi kasus-kasus penelantaran anggota calon jemaah haji dari Tanah Air selama akar masalahnya tidak diselesaikan secara baik.

  • Desa dan Ekonomi Kita

    Desa dan Ekonomi Kita

    RADARRIAUNET.COM - Indonesia baru saja punya dan mulai menjalankan amanah Undang-Undang Desa. Semangat membangun desa pun digelorakan. Tetapi tunggu dulu, marilah pertama-tama kita sedikit mengurai ujung-pangkal persoalan, mengapa desa-desa kita banyak yang ketinggalan dalam banyak perkara?

  • Memberantas Tuntas Narkoba

    Memberantas Tuntas Narkoba

    RADARRIAUNET.COM - Dalam sebuah hadis Riwayat Tirmidzi diriwayatkan, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam melaknat 10 orang dalam urusan khamer (minuman memabukkan): orang yang memerasnya, meminta diperaskan, yang meminumnya, yang membawakannya, yang minta dibawakan, yang menuangkannya, penjualnya, pemakan hasilnya, pembelinya, dan yang minta dibelikan." Dalam Hadis Riwayat Ahmad dan Abu Dawud Rasullah bersabda, "Allah telah melaknat khamar dan melaknat peminumnya, orang yang menuangkannya, pemerasnya, yang minta diperaskan, penjualnya, pembelinya, pembawanya, yang dibawakan kepadanya, dan pemakan hasilnya."

  • Akhlak Terhadap Lingkungan

    Akhlak Terhadap Lingkungan

    RADARRIAUNET.COM - Membangun kesempurnaan akhlak mulia adalah misi utama Rasul Muhammad SAW. Ini berarti akhlak menjadi inti dan tujuan agama Islam dan keluhuran akhlak menjadi landasan penting bagi kehidupan manusia. Pemaknaan akhlak sebagai misi profetik tidak terbatas pada nilai sopan santun terhadap orang tua atau orang yang patut dihormati.

  • G-20, MIKTA, dan Indonesia

    G-20, MIKTA, dan Indonesia

    RADARRIAUNET.COM - Awal September ini, negara-negara G-20 berkumpul di Hangzhou, China. Dengan topik yang berfokus pada tiga area kerja sama utama, yaitu inovasi, revolusi industri baru, dan ekonomi digital. Pertemuan dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) G-20 kali ini lebih banyak membicarakan persoalan ekonomi global. Di luar agenda resmi KTT G-20 sendiri, pertemuan-pertemuan di antara 20 negara yang dipandang mewakili kekuatan-kekuatan berpengaruh dalam politik internasional sepanjang KTT itu juga dapat berfungsi menjadi barometer stabilitas dunia.

  • Belajar Mengenal Setan

    Belajar Mengenal Setan

    RADARRIAUNET.COM - Selama ini yang dianggap penting adalah belajar berbagai ilmu pengetahuan umum dan agama. Bahkan, karena agama dianggap lebih penting dan jangan sampai diremehkan, muncul madrasah dan pondok pesantren yang lebih banyak mengajarkan agama dibanding ilmu pengetahuan umum.

  • Fakta Seputar Tax Amnesty

    Fakta Seputar Tax Amnesty

    RADARRIAUNET.COM - Dua pekan terakhir ini, kebijakan pengampunan pajak yang sedang digulirkan dikesankan seolah-olah suatu kebijakan yang negatif. Kesan yang dilekatkan, yaitu sulit dalam pelaksanaannya, dibuat untuk menakut-nakuti masyarakat, dan melenceng dari tujuan awalnya yang hanya ditujukan kepada golongan wajib pajak besar sekarang menyasar kepada wajib pajak kecil.

  • Malu Ekspor Asap ke Negara Tetangga

    Malu Ekspor Asap ke Negara Tetangga

    RADARRIAUNET.COM - Juli lalu Kepolisian Daerah Riau menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kepada 11 perusahaan yang semula diindikasikan melakukan pembakaran hutan. Padahal, perusahaan-perusahaan itu telah disidik oleh Polri dengan dakwaan melakukan pembakaran hutan. Publik mengecam keras tindakan Polda Riau atas penerbitan SP3 dan Polri pun dituding tidak serius menangani kasus pembakaran hutan. Publik juga menilai Polri meremehkan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang harus menindak tegas pelaku pembakaran hutan.

  • G-20 dan Prospek Ekonomi

    G-20 dan Prospek Ekonomi

    RADARRIAUNET.COM - Pertemuan KTT G-20 di Hangzhou, Cina, 4-5 September 2016 kali ini tampaknya masih berkutat dengan persoalan makroekonomi. Agenda pembahasan pertemuan G-20 kali ini, yaitu upaya menjaga stabilitas mata uang global, dukungan terhadap pembiayaan infrastruktur, dan kajian tentang profit perusahaan multinasional kepada negara setempat.

  • Revisi Target Pertumbuhan

    Revisi Target Pertumbuhan

    RADARRIAUNET.COM - Sepekan setelah dilantik menjadi menteri keuangan, Sri Mulyani Indrawati langsung merombak APBNP 2016. Target yang dibidik adalah kredibilitas. Dalam pemikiran Menteri Keuangan, penguatan kredibilitas harus dimulai dari angka-angka APBN yang lebih bisa mencerminkan realitas ekonomi.

  • BG dan Urgensi Penguatan Intelijen Negara

    BG dan Urgensi Penguatan Intelijen Negara

    RADARRIAUNET.COM - Jika tak ada aral melintang, Budi Gunawan akan menjalani fit and proper test sebagai calon kepala BIN di Komisi I DPR RI pada Rabu, 7 September 2016. Bagi anggota Komisi III, sosok BG tidaklah asing. Selain lebih dari 10 tahun menjadi mitra Komisi III sebagai salah satu pimpinan Polri, BG juga pernah lolos dengan mulus saat fit and proper test sebagai calon kepala Polri di Komisi III hingga paripurna.

  • RAPBN 2017 dan Konsolidasi

    RAPBN 2017 dan Konsolidasi

    RADARRIAUNET.COM - Di tengah situasi perekonomian global dan nasional yang belum pulih, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017 yang cenderung konservatif, mendapat respons positif pasar. Penerimaan perpajakan 2017 hanya direncanakan Rp1.495,9 triliun, atau turun -2,8 persen dari target APBNP 2016 yang Rp1.539,2 triliun.

  • Cerita Mukidi dan Mental Kita

    Cerita Mukidi dan Mental Kita

    RADARRIAUNET.COM - Entah mengapa dalam beberapa hari terakhir ini, cerita fiktif Mukidi menjadi viral dan menjejali media sosial, seperti Whataps, Facebook, dan lainnya. Cerita fiktif sederhana tapi konyol begitu digemari dan terus disebar oleh netizen di Tanah Air, bahkan beberapa media massa nasional mengangkat fenomena ini dalam headline beritanya.

  • Artis di Pusaran Bisnis Narkoba

    Artis di Pusaran Bisnis Narkoba

    RADARRIAUNET.COM - Kasus penangkapan Gatot Brajamusti yang baru terpilih kedua kalinya menjadi ketua Parfi (Persatuan Artis Film Indonesia) dan penyanyi terkenal Reza Arthamevia di salah satu hotel di Mataram menambah daftar panjang nama artis di Tanah Air yang terjerumus menjadi pencandu narkoba. Sebelumnya juga dilaporkan seorang penyanyi dangdut, Imam S Arifin, kembali ditangkap polisi di apartemennya karena mengonsumsi narkoba.

  • Wacana Pemilu Sistem Nomor Urut

    Wacana Pemilu Sistem Nomor Urut

    RADARRIAUNET.COM - Tahun ini Indonesia memperingati 71 tahun kemerdekaan dengan penuh refleksi. Arah bangsa ini semakin banyak mendapatkan tantangan zaman. Tampaknya sebagian elite dan rakyat kita seperti mengalami disorientasi dalam membangun sistem politiknya. Ini jelas merupakan langkah-langkah yang akan membawa Indonesia dalam turbulensi perubahan sosial baru.

  • Orasi Wada dan Pendidikan HAM

    Orasi Wada dan Pendidikan HAM

    RADARRIAUNET.COM - Para ulama sepakat bahwa syariat Islam yang diturunkan Allah SWT kepada umat manusia, melalui Rasul-Nya itu bertujuan untuk memelihara dan mengembangkan enam kemashlatan (kebaikan dan kedamaian), yaitu agama, jiwa, akal, kehormatan (keturunan), harta, serta lingkungan. Enam tujuan syariat (maqashid as-syari'ah) itu berkaitan erat dengan hak asasi manusia (HAM), baik dari segi pesan moralnya maupun kewajiban menegakkannya.

  • Rumah dan Pemimpin Amanah Rakyat

    Rumah dan Pemimpin Amanah Rakyat

    RADARRIAUNET.COM - ”SEGEROMBOLAN serigala bisa kalah dengan segerombolan domba karena segerombolan serigala dipimpin seekor domba, sedangkan gerombolan domba dipimpin seekor serigala.”

  • Perda Syariah di Amerika

    Perda Syariah di Amerika

    RADARRIAUNET.COM - Seperti Indonesia yang pernah ramai dengan kontroversi pemberlakuan peraturan daerah (perda) bernuansa syariah, Amerika Serikat (AS) juga pernah mengalami hal serupa. "syariah" menjadi istilah yang menakutkan bagi sebagian orang AS.

  • Humas Indonesia Perlu Agenda Setting

    Humas Indonesia Perlu Agenda Setting

    RADARRIAUNET.COM - Dalam sebuah kesempatan, saya pernah mendapat dua pertanyaan ini sekaligus. Apa persamaan antara Obama, Putin, Toyota, Korea Selatan, serta Donald Trump? Dan apa yang dibutuhkan untuk membangun reputasi Indonesia?

  • Pemerintah Perlu Bentuk Badan Khusus Penyelenggara Haji

    Pemerintah Perlu Bentuk Badan Khusus Penyelenggara Haji

    RADARRIAUNET.COM - Untuk kesekian kalinya citra Kementerian Agama (Kemenag) rusak di mata publik tersandung pengelolaan haji yang masih amburadul. Tentunya runtutan kejadian demi kejadian yang memalukan ini membuat masyarakat semakin menilai Kemenag tidak profesional dalam bekerja, termasuk mengurusi masalah haji.

  • Perlindungan Anak dan Keluarga

    Perlindungan Anak dan Keluarga

    RADARRIAUNET.COM - Konsep dasar perlindungan dan pengasuhan anak menitikberatkan pada kemampuan orang tua, keluarga, dan lingkungan untuk menjaga tumbuh kembang anak secara optimal melalui pendekatan asah, asih, dan asuh. Anak membutuhkan stimulasi mental (asah) yang menjadi cikal bakal dalam proses belajar (pendidikan dan pelatihan), perkembangan psikososial, kecerdasan, keterampilan, kemandirian, kreativitas, moral, kepribadian, dan produktivitas.

  • Mewujudkan Sekolah Penuh Wisata

    Mewujudkan Sekolah Penuh Wisata

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sedang fokus membangun karakter siswa dan mencegah agar siswa tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja. Tantangan berat membangun karakter siswa karena masih banyak lingkungan sekolah dengan kondisi bangunan yang tidak nyaman dan halaman yang sempit sehingga siswa merasa seperti di penjara saat menerima pelajaran.