• Global Shopping Festival Ditaksir Tak Mendorong Kekayaan Jack Ma

    Jakarta: Single's day yang dirayakan dengan belanja online serentak atau Global Shopping Festival diharapkan bisa mendongkrak perdagangan internasional tahun ini.

  • Perang Dagang Rugikan Ekonomi Asia

    Perang Dagang Rugikan Ekonomi Asia

    Jakarta: Perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok menjadi perhatian dalam beberapa bulan terakhir.

  • Fed: Kita Tidak Perlu Lagi Rangsang Ekonomi AS

    Fed: Kita Tidak Perlu Lagi Rangsang Ekonomi AS

    New York: Presiden Federal Reserve Dallas Robert Kaplan menilai sudah saatnya membiarkan ekonomi Amerika Serikat (AS) berjalan sendiri.

  • Janji Arab Saudi Buat Minyak Dunia Rontok

    Janji Arab Saudi Buat Minyak Dunia Rontok

    New York: Harga minyak dunia jatuh sekitar lima persen ke posisi terendah dua bulan pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), karena aksi jual di pasar ekuitas global menimbulkan kekhawatiran tentang pertumbuhan permintaan.

  • Libya-Nigeria Jadi Penentu Harga Minyak Tembus USD100/Barel

    New York: Dua anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi atau Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dapat segera menentukan apakah harga minyak melonjak kembali ke USD100 per barel atau tidak.

  • Ketegangan Politik Dongkrak Harga Minyak

    Ketegangan Politik Dongkrak Harga Minyak

    New York: Harga minyak bergerak reli pada perdagangan Senin waktu setempat akibat ketegangan politik.

  • Tiongkok Tambah Kepemilikan Surat Utang AS di Februari

    Washington: Tiongkok menambah kepemilikannya atas surat utang Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Februari, setelah jatuh ke level terendah enam bulan pada Januari.

  • Ketegangan Perdagangan Mereda Buat Harga Minyak Dunia Kokoh

    New York: Harga minyak berbalik naik atau rebound pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), karena ketegangan perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) menunjukkan tanda-tanda mulai berkurang.

  • Wall Street Berakhir Perkasa Menyusul Langkah Keterbukaan Tiongkok

    New York: Saham-saham di Wall Street menguat pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

  • Minyak Dunia Kokoh Usai Ketegangan Perdagangan Berkurang

    New York: Harga minyak dunia naik pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

  • Perang Dagang Membahayakan Kepentingan Bisnis AS

    Beijing: Laporan penelitian Deutsche Bank menunjukkan kepentingan bisnis Amerika Serikat (AS) di Tiongkok jauh lebih besar dari apa yang ditunjukkan oleh data perdagangan.

  • Ada Harapan dalam Perundingan Dagang Tiongkok-AS

    Washington: Perwakilan Perdagangan AS (USTR) Robert Lighthizer mengatakan bahwa ada harapan bahwa pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok dapat mengarah pada hasil yang bermanfaat.

  • BI: Ruang Penurunan Suku Bunga Kian Sempit

    BI: Ruang Penurunan Suku Bunga Kian Sempit

    Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai ruang suku bunga turun kian sempit di masa-masa mendatang, seiring dengan perkembangan kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS).

  • Kenaikan Persediaan AS Buat Harga Minyak Dunia Jatuh

    New York: Harga minyak dunia menetap sedikit lebih rendah pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), tertekan kemerosotan di pasar ekuitas dan data kelompok industri yang menunjukkan peningkatan mengejutkan dalam persediaan minyak mentah AS.

  • Minyak Dunia Melemah Akibat Tertekan Penurunan Wall Street

    New York: Harga minyak merosot lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat WIB), menyentuh posisi terendah dua minggu, di bawah tekanan penurunan Wall Street dan kekhawatiran tentang melonjaknya produksi minyak mentah AS.

  • Maskapai Penerbangan Naikkan Harga Tiket Mulai Hari Ini

    Jakarta: Sejumlah maskapai penerbangan resmi menaikkan harga jual tiketnya kepada penumpang, menyusul kenaikan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau dikenal sebagai airport tax di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

  • Akhir Februari, 261 Ribu Ton Beras Impor Masuk Gudang Bulog

    Jakarta: Perum Bulog memastikan, stok beras impor yang masuk gudang perseroan di akhir bulan ini akan mencapai 261 ribu ton.

  • Cagub BI Diminta Konsisten Jaga Stabilitas Sistem Keuangan

    Cagub BI Diminta Konsisten Jaga Stabilitas Sistem Keuangan

  • Menghitung Efek Domino dari Susutnya Penerimaan Pajak

    Jakarta: Agaknya terlalu dini menilai penerimaan pajak tahun ini akan meleset dari target.

  • Perbankan di Kenya Beri Sinyal Penghapusan Mesin ATM

    Nairobi, Kenya: Berakhirnya era Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mesin pengambilan uang yang disukai banyak orang, membayang di Kenya, saat bank secara bertahap menarik mesin itu dari pasar.

  • Seluruh Sektor Melemah, IHSG Lunglai

    Seluruh Sektor Melemah, IHSG Lunglai

    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 15,66 poin (0,26 persen) ke level 5.806 setelah bergerak di antara 5.797-5.822 pada hari ini, Rabu (19/7).

  • Sektor Perbankan Tertekan, Wall Street Tergelincir

    New York: Gerak Wall Street tergelincir pada perdagangan Jumat waktu setempat, mengakhiri minggu ini lebih rendah.

  • Garuda Indonesia Gandeng KTO untuk Tingkatkan Keterisian Penumpang ke Korea Selatan

    RADARRIAUNET.COM - Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia menggandeng Korea Tourism Organization (KTO) untuk meningkatkan jumlah wisatawan di antara dua negara yakni Indonesia dan Korea Selatan.

  • Genjot Ekspor, Jokowi Incar Afrika Hingga Amerika Latin

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, membidik beberapa negara baru sebagai pasar ekspor produk Indonesia.

  • Vietnam Bidik Investasi di Industri Pengolahan Ikan RI

    RADARRIAUNET.COM - Negara tetangga Indonesia, Vietnam, membidik investasi di industri pengolahan ikan di Indonesia. Hal ini seiring dengan percepatan pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di 15 pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan Indonesia.

  • Indonesia Perpanjang Kerja Sama Swap dengan Jepang

    RADARRIAUNET.COM - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Keuangan Jepang Taro Aso, menyepakati perpanjangan kerja sama bilateral swap arrangement (BSA) kedua negara. Kesepakatan itu dilakukan dalam pelaksanaan sidang tahunan Dana Moneter Internasional/Bank Dunia.

  • Daya Tahan Rupiah di Tengah Gejolak Global

    Daya Tahan Rupiah di Tengah Gejolak Global

    RADARRIAUNET.COM - Nilai tukar rupiah kembali dalam tren pemulihan setelah sempat berada di titik terendah sejak krisis 1998 pada akhir September tahun lalu. Rupiah bahkan termasuk mata uang yang kinerjanya paling baik di Asia saat ini. Kendati demikian, rupiah masih rentan terhadap risiko naiknya suku bunga Amerika Serikat (AS). Daya tahannya juga bergantung pada keberhasilan pemerintah menarik modal dari luar negeri.

  • Sri Mulyani: Ongkos Penanganan Krisis RI Termahal di Dunia

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, biaya penyelamatan sistem keuangan Indonesia ketika krisis moneter melanda pada 1997-1998 termasuk ongkos penanganan krisis yang paling besar di dunia.

  • Jokowi ke Ekonom dan Pengusaha: Tahun Depan, Ekonomi Dunia Akan Turun

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para ekonom dan pengusaha di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/9/2016). Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan pernah bertemu dengan beberapa lembaga ekonomi dunia seperti World Bank (Bank Dunia), International Monetary Fund (IMF), dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

  • Jokowi akan Beberkan Upaya Genjot Permintaan dalam Forum G20

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa forum G20 akan menjadi sharing bagi kepala negara untuk menyampaikan tema besar terhadap pertumbuhan ekonomi dunia.

  • Agustus, Pasar Tenaga Kerja AS Melambat di Bawah Ekspektasi

    RADARRIAUNET.COM - Amerika Serikat membukukan lapangan kerja baru sebanyak 151 ribu pada Agustus lalu, anjlok dibandingkan dengan Juli dengan 275 ribu penciptaan lapangan kerja baru.

  • Virus Zika Bisa Ganggu Bisnis Perusahaan Perjalanan Wisata

    RADARRIAUNET.COM - PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) mengkhawatirkan keberadaan virus Zika di Singapura karena bisa menurunkan minat masyarakat untuk berwisata ke negeri singa. Pasalnya, Singapura selama ini menjadi negara tujuan favorit untuk berlibur bagi masyarakat Indonesia.

  • Barack Obama Boyong Isu Penggelapan Pajak ke Forum G20

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mendorong pemberantasan praktik penggelapan pajak untuk dilakukan oleh seluruh anggota negara G20 dalam pertemuan di China pekan ini.

  • Bank Dunia: Laju Urbanisasi di RI Lebih Cepat dari China dan India

    RADARRIAUNET.COM - Laju urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota di Indonesia adalah yang tercepat di Asia. Selama 60 tahun, populasi perkotaan di Indonesia meningkat rata-rata 4,4 persen.

  • Bank Dunia Tunda Pencairan Gaji Ribuan Tenaga Pendamping PNPM

    RADARRIAUNET.COM - Bank Dunia menunda pembayaran gaji atau honor pendamping desa atau fasilitastor Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perdesaan terhitung mulai 1 Juni 2016.

  • 'Brexit' Jadi Tantangan Baru APBN 2017

    'Brexit' Jadi Tantangan Baru APBN 2017

    RADARRIAUNET.COM - Pemulihan ekonomi dunia diperkirakan masih belum signifikan tahun depan. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan pemulihan ekonomi dunia masih tertahan oleh lemahnya permintaan, ketidakpastian pasar, dan moderasi pasar komoditas.

  • Risiko Brexit jadi Momok di Pertemuan Menteri Perdagangan G20

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Perdagangan negara-negara G20 merumuskan berbagai hal guna mengantisipasi efek domino dari keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit).

  • AirAsia Jajaki Peluang Dual Listing di Bursa Saham Hong Kong

    RADARRIAUNET.COM - AirAsia sedang mempelajari peluang untuk mencatatkan saham ganda (dual listing) di bursa Hong Kong sejalan dengan rencana perseroan mendirikan perusahaan patungan di China guna mencapai ambisinya menjadi pemain utama di bisnis penerbangan murah di Asia.

  • Menteri Perdagangan G20 Sepakat Dorong E-Commerce

    RADARRIAUNET.COM - Menteri perdagangan negara-negara G20 sepakat untuk mendorong kerja sama pengembangan e-commerce sebagai salah satu strategi menggenjot pertumbuhan perdagangan global.

  • Bagaimana Nasib Kerja Sama Ekonomi RI-Inggris Pasca Brexit?

    RADARRIAUNET.COM - Pasca keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit), tentu akan ada banyak implikasi. Salah satunya terhadap kerja sama ekonomi antara Inggris dengan negara-negara lain, termasuk Indonesia.

  • Daya Saing Rendah, Indef Sebut Indonesia Sia-sia Masuk TPP

    RADARRIAUNET.COM - Rencana pemerintah ikut dalam kesepakatan Trans Pacific Partnership Agreement (TPPA) dinilai tidak akan menguntungkan Indonesia, jika kompetensi industrinya masih rendah seperti saat ini.

  • Puas dengan Peringkat Fitch, Menko Darmin Menunggu S & P

    RADARRIAUNET.COM - Pemerintah menilai afirmasi lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings untuk mempertahankan peringkat layak investasi bagi Indonesia, merupakan bukti kemampuan negara dalam menghadapi melambatnya perekonomian dunia. Saat ini, peringkat utang Fitch Indonesia ada di level BBB-dengan prospek stabil.

  • Minim Kajian, Tax Amnesty Dinilai Tak Menggiurkan Wajib Pajak

    RADARRIAUNET.COM - Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) Anggito Abimanyu menilai potensi kegagalan penerapan pengampunan pajak (tax amnesty) bermuara pada minimnya kajian yang dilakukan pemerintah atas efektivitas kebijakan tersebut.

  • Ekonomi Lesu, Kredit Macet Perbankan Naik di Awal Tahun

    RADARRIAUNET.COM - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengatakan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) industri perbankan di kuartal I 2016 mengalami kenaikan menjadi 2,8 persen dari 2,7 persen pada posisi akhir 2015.

  • IMF: Uang US$2 Triliun Berputar Tiap Tahun untuk Menyuap

    RADARRIAUNET.COM - Dana Moneter Internasional (IMF) mengestimasi korupsi dalam bentuk suap menyedot sekitar US$1,5 triliun hingga US$2 triliun per tahun di seluruh dunia atau sekitar dua persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB) global.

  • Ekonomi Kuartal I Lambat, BI Kritik Belanja Pemerintah

    RADARRIAUNET.COM - Bank Indonesia (BI) menyoroti kualitas belanja pemerintah dan kontribusi investasi yang masih rendah sebagai penyebab perlambatan ekonomi nasional pada kuartal I 2016.

  • BPS Diminta Tingkatkan Validitas Data Sensus Ekonomi 2016

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya hanya akan menggunakan data yang bersumber dari Biro Pusat Statistik (BPS) sebagai acuan untuk melahirkan kebijakan. Oleh karena itu, Jokowi meminta kepada BPS agar menghasilkan data yang berkualitas.

  • Andalkan Data BPS, Jokowi Tak Lagi Gunakan Data Kementerian

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah hanya akan menggunakan data yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan bukan kementerian. Hal itu akan digunakan sebagai dasar untuk pembuatan kebijakan pemerintah mulai saat ini.

  • Penjualan Sepeda Motor Turun, Laba WOM Finance Tergerus 55%

    RADARRIAUNET.COM - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau WOM Finance berhasil meningkatkan penyaluran pembiayaan sepeda motor sebesar 5,1 persen sepanjang tahun lalu menjadi Rp6,41 triliun dibandingkan tahun sebelumnya Rp6,1 triliun.

  • Industri Otomotif Lesu, Penjualan Tunas Ridean Turun 8 Persen

    RADARRIAUNET.COM - PT Tunas Ridean Tbk, perusahaan diler resmi kendaraan roda empat mengantongi pendapatan bersih sebesar Rp10,2 triliun sepanjang tahun lalu, turun 8 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp11,02 triliun.

  • Pimpinan Keuangan Dunia Waspadai Kerentanan Ekonomi Global

    RADARRIAUNET.COM - Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral mendesak Bank Dunia dan International Monetery Fund (IMF) untuk memantau secara ketat risiko utang di negara-negara berpenghasilan rendah mengingat masih rentannya ekonomi global.

  • DPR - Pemerintah Bahas RUU Tax Amnesty Meski Tak Ada Target

    RADARRIAUNET.COM - Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) meski belum mengetahui target penerimaan dari kebijakan tersebut.

  • Industri Mobil Nasional Awali 2016 dengan Start Buruk

    RADARRIAUNET.COM - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengawali kuartal I tahun ini dengan start penjualan yang lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

  • HSBC Dorong Publik Bangun Perencanaan Finansial Sejak Dini

    RADARRIAUNET.COM - Passions itu sesungguhnya tak mengenal kata pensiun. Tapi apa jadinya jika di masa tua hidup justru tak berkualitas karena kurangnya perencanaan keuangan jangka panjang?

  • BPK: Pemerintah Gagal Turunkan angka Kemiskinan

    BPK: Pemerintah Gagal Turunkan angka Kemiskinan

    RADARRIAUNET.COM - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyoroti kegagalan pemerintah mencapai target penurunan tingkat kemiskinan pada 2014.

  • Jokowi Minta Pejabat Tak Sembunyikan Hartanya di Luar Negeri

    Jakarta (RRN) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pejabat pemerintah membuka data kekayaan yang dimilikinya tanpa ada yang ditutupi atau bahkan disimpan secara diam-diam di luar negeri.

  • JK Minta Industri Otomotif Bantu Pemerintah Atasi Kemacetan

    Jakarta (RRN) - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta industri otomotif nasional membantu pemerintah dalam mengatasi kemacetan lalu lintas akibat tingginya penjualan produk yang mereka buat.

  • Ditjen Pajak Tergiur Transaksi Kartu Kredit di Indonesia

    RADARRIAUNET.COM - Berburu Pajak dari Kartu Kredit. Target penerimaan pajak Rp1.360,1 triliun berbuntut diterbitkannya PMK Nomor 39/PMK.03/2016 yang mewajibkan 23 bank penerbit kartu kredit melaporkan data pribadi dan transaksi nasabah. UU Perbankan berpotensi dilanggar demi mengamankan dompet negara.

  • Anggaran Belanja Tak Terserap Optimal, Kemenkeu Hukum 6 Pemda

    Jakarta (RRN) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan enam daerah yang harus menerima penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) dalam bentuk non tunai sebesar Rp359 miliar untuk April ini.

  • Ditjen Pajak: Transaksi Kartu Kredit Bukan Data Rahasia

    Jakarta (RRN) - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menyatakan data transaksi kartu kredit bukanlah data yang masuk ke dalam substansi kerahasiaan menurut Undang-Undang Perbankan.

  • Asosiasi Kartu Kredit Sempat Tak Setuju Buka Data Nasabah

    Jakarta (RRN) - Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) mengaku mayoritas anggotanya sempat tidak setuju terkait aturan kewajiban pelaporan data transaksi kartu kredit kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mulai tahun ini.

  • Ditjen Pajak Intai Kartu Kredit, Nasabah Bank Mandiri Santai?

    Jakarta (RRN) - Kekhawatiran yang menyelimuti nasabah kartu kredit bank tampaknya tidak berlaku bagi pemegang kartu kredit milik PT Bank Mandiri Tbk.

  • Pemerintah Kesulitan Pangkas Bunga Obligasi Negara

    Jakarta (RRN) - Permintaan para bankir agar pemerintah juga memangkas tingkat bunga (coupon rate) obligasi berbentuk surat berharga negara (SBN) bakal sulit dipenuhi.

  • Tekan Rugi Bisnis Pelayaran, Menhub Batasi Waktu Tunggu Kapal

    Jakarta (RRN) - Pemerintah juga akan membatasi waktu tunggu kapal sebelum menurunkan peti kemas di pelabuhan (demuragge) menjadi lebih singkat dari tujuh hari guna menekan biaya logistik di dalam negeri.

  • Pemerintah Siapkan Rp104 Triliun untuk Remajakan Kebun Rakyat

    Jakarta (RRN) - Pemerintah mendorong program peremajaan 1 juta hektare lahan perkebunan (replanting) lima komoditas strategis hingga 2023, yakni karet, kakao, kopi, teh, sawit dan pala.

  • Pembatasan Impor Mobil Terurai Kembali Molor

    Pembatasan Impor Mobil Terurai Kembali Molor

    Jakarta (RRN) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memundurkan jadwal pelaksanaan pembatasan impor kendaraan bermotor dalam bentuk terurai (Completely Knock Down/CKD) sebanyak 10 ribu unit per tahun sebagai implementasi Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No.34 tahun 2015.

  • Pemerintah Siapkan Aturan Pungut Pajak Facebook dan Twitter

    Jakarta (RRN) - Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengusulkan pemungutan pajak untuk perusahaan penyedia jasa layanan konten data dan informasi berbasis internet (Over The Top/OTT) yang beroperasi di Indonesia dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

  • DJP Bongkar Motif 2.000 Perusahaan yang Kemplang Pajak

    Jakarta (RRN) - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) membongkar motif sebanyak 2.000 perusahaan multinasional atau asing yang teridentifikasi mengemplang pajak. Rata-rata perusahaan tersebut menunggak pajak jenis Pajak Penghasilan (PPh) Badan pasal 25 dan 29.

  • Kejar Penunggak, DJP Bakal Tambah Pemeriksa Pajak

    Jakarta (RRN) - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan menambah jumlah petugas pemeriksa pajak untuk melakukan pemeriksaan terhadap Wajib Pajak (WP) yang terindikasi tidak membayar maupun menunggak pajak tahun ini.

  • Dana Pemda yang Mengendap di Bank Meningkat

    Dana Pemda yang Mengendap di Bank Meningkat

    Jakarta (RRN) - Hingga akhir Februari dana simpanan milik pemerintah daerah (Pemda) yang mengendap di bank semakin meningkat. Direktorat Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan mencatat per Februari posisi dana simpanan Pemda sebesar Rp185,4 triliun, meningkat dari bulan Januari senilai Rp180,7 triliun.

  • BI Minta Pemerintah Perjelas Solusi Tambal Defisit APBN 2016

    Jakarta (RRN) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta pemerintah mengungkapkan opsi untuk menambal selisih kurang penerimaan atau defisit tahun ini mengingat uang masuk ke kas negara belum sesuai ekspektasi.

  • Pemerintah Diminta Percepat Pembahasan APBNP oleh IMF

    Jakarta (RRN) - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menyarankan pemerintah Indonesia untuk segera melakukan revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

  • Libur Paskah, BNI Prediksi Kebutuhan Uang Naik Dua Kali Lipat

    Jakarta (RRN) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyatakan bakal mengoperasikan 111 outlet di seluruh Indonesia guna mengantisipasi kebutuhan uang tunai saat libur Peringatan Paskah/ Jumat Agung yang diperkirakan naik dua kali lipat dari hari biasa.

  • Sinar Mas Siapkan Rp261 miliar untuk Lawan Kebakaran Hutan

    Jakarta (RRN) - Anak usaha grup Sinar Mas, Asia Pulp and Paper (APP) menyiapkan dana sebesar US$20 juta atau sekitar Rp261,2 miliar untuk mencegah sekaligus melakukan penanganan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) tahun ini.

  • Pemerintah Siapkan Rp500 Miliar untuk Program Hutan Rakyat

    Jakarta (RRN) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan penyerapan dana Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P3H) sebesar Rp 500 miliar demi memfasilitasi kehutanan rakyat melalui Badan Layanan Umum (BLU).

  • BI Rate Sentuh 6,75%, LPS Siap Kurangi Suku Bunga Penjaminan

    Jakarta (RRN) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mulai membuka peluang adanya penurunan tingkat suka bunga penjaminan untuk simpanan dana perbankan yang dijaminkan oleh LPS.

  • UU PPKSK Disahkan, Pemerintah Mulai Sortir Bank Sistemik

  • Dubes Inggris Kritik Transparansi dan Konsistensi Regulasi RI

    Jakarta (RRN) - Pemerintah Inggris menilai Indonesia memiliki potensi besar bagi investor asing maupun lokal. Namun, pemanfaatan potensi itu terhalang oleh kurangnya konsistensi dan transparansi regulasi yang dibuat pemerintah.

  • Tiga Bank Pelat Merah Habiskan Dana Pinjaman dalam Sekejab

    Jakarta (RRN) - Tiga bank pelat merah telah menghabiskan dana hasil pinjaman dari China Development Bank (CDB) senilai total US$3 miliar, yang sebagian besar untuk restrukturisasi utang-utang korporasi.

  • Pelayanan BPJS Kesehatan Buruk, DPR Minta Premi Batal Naik

    Jakarta (RRN) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak pemerintah untuk menunda kenaikan tarif premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga ada perbaikan pelayanan kesehatan.

  • Pinjaman Bank China US$3 M Habis dalam Sekejap oleh 3 Bank BUMN

    Jakarta (RRN) - Tiga bank pelat merah telah menghabiskan dana hasil pinjaman dari China Development Bank (CDB) senilai total US$3 miliar, yang sebagian besar untuk restrukturisasi utang-utang korporasi.

  • Setoran Cukai Rokok Diragukan jadi Andalan Penerimaan Negara

    Jakarta (RRN) - Sampai Februari 2016 lalu, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu) mencatat terjadinya penurunan penerimaan sekitar 64 persen, dari nilai tahun lalu sebesar Rp22,5 tiriliun menjadi hanya Rp8,1 triliun.

  • Pasca Tarik Jutaan Mobil, Honda AS Siap Ganti Kerugian Diler

    Jakarta (RRN) - Honda Motor Co berencana memberikan kompensasi keuangan ke diler-dilernya di Amerika Serikat menyusul kerugian yang timbul akibat penghentian sementara penjualan kendaraan pasca penarikan (recall) jutaan mobilnya.

  • Dirjen Pajak Tunjuk Telkomsel Sebagai Penyedia Billing Pajak

    Jakarta (RRN) - Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi menunjuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sebagai penyedia layanan pembuatan kode billing sistem pembayaran pajak secara elektronik.

  • 7 juta Wajib Pajak Ditargetkan Lapor SPT Online Tahun Ini

    Jakarta (RRN) - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menargetkan kenaikan jumlah wajib pajak (WP) yang melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara online melalui e-filling menjadi 7 juta WP dari tahun lalu yang hanya mencapai 2,5 juta. Peningkatan target tersebut dengan asumsi jumlah WP tahun ini bertambah dari 27 juta menjadi 36 juta WP.

  • Ditjen Pajak Tak Lagi Terima Pelaporan SPT Manual

    Ditjen Pajak Tak Lagi Terima Pelaporan SPT Manual

    Jakarta (RRN) - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan 100 persen Wajib Pajak (WP) badan tahun ini untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik (e-filing) di tahun 2016. Hal itu harus dilakukan agar WP badan tak malas menyampaikan SPT ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), sehingga ada laporan konkrit terkait pelaporan WP badan.

  • Bahas Kerjasama, Para Direktur Bank Dunia Temui Wapres JK

    RADAR BISNIS - Sejumlah petinggi Grup Bank Dunia kembali mengunjungi Indonesia. Rombongan yang beranggotakan 10 eksekutif direktur tersebut diterima langsung Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (12/11).

  • Ekspor Minyak Sawit Indonesia Terdongkrak oleh 4 Negara Besar

    RADAR BISNIS - Ekspor minyak sawit Indonesia ini terdongkrak oleh adanya permintaan yang sangat signifikan dari beberapa negara.

  • Fitch Tegaskan Prospek RI Stabil

    Fitch Tegaskan Prospek RI Stabil

    RADAR BISNIS - Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menegaskan peringkat rating (sovereign credit rating) Republik Indonesia pada posisi BBB- dengan outlook stabil (investment grade).

  • Jokowi Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas, Kementerian Suka Mengeluh

    RADAR BISNIS - Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerapkan kebijakan anggaran ketat terhadap setiap Kementerian/Lembaga. Misalkan saja soal pemangkasan anggara perjalanan dinas. Tahun ini, pemangkasan anggaran perjalanan dinas Kementerian/Lembaga mencapai Rp 16 triliun. Hal ini kerap dikeluhkan K/L terkait.

  • Paket Kebijakan VI Fokus di Kawasan Ekonomi, Air, dan Impor Bahan Obat

    RADAR BISNIS - Pemerintah mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid keenam. Paket kebijakan ini fokus pada pengembangan kawasan ekonomi khusus, pengelolaan air, dan mengenai impor bahan baku obat serta makanan.

  • Perikanan Lokal Hampir Punah Sejak 46 Tahun Lalu

    Perikanan Lokal Hampir Punah Sejak 46 Tahun Lalu

    SEMARANG (RRN) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan, eksploitasi besar-besaran terhadap perairan lokal sudah mulai pada tahun 1980-an, atau saat tingkat kemiskinan Indonesia mulai meningkat.

  • Gelontorkan Rp 1,6 Triliun, Susi Siap Gairahkan Sektor Budidaya Perikanan

    RADAR BISNIS - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyadari potensi budidaya perikanan Indonesia harus terus dikembangkan. Tahun depan, menteri nyentrik asal Pangandaran Jawa Barat itu pun sudah memiliki cara menggairahkan pelaku usaha sektor budidaya perikanan. "Dengan tambahan anggaran tiga kali lipat, saya berharap bisa menggairahkan pemain budidaya laut, air tawar, dan juga investasi dari luar negari masuk," ujar Susi saat memberikan sambutan pada acara Indonesian Aquaculture 2015 di Tangerang, Kamis (28/10/2015

  • BKPM Kantongi Komitmen Investasi Baru US$ 2,4 Miliar dari AS

    RADAR BISNIS - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melihat adanya diversifikasi sektor di dalam penanaman modal dari para investor Amerika Serikat (AS). Hal tersebut diketahui setelah BKPM mencatat minat investasi baru maupun perluasan sebesar US$ 2,4 miliar sebagai hasil Pertemuan Investasi AS-Indonesia di Washington DC, pekan ini.

  • Asosiasi Cemas Banjir Impor

    Asosiasi Cemas Banjir Impor

    RADAR BISNIS - Sejumlah asosiasi mendatangi Kementerian Perdagangan untuk meminta pembatalan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 87 Tahun 2015 tentang Ketentuan Produk Impor Tertentu.

  • Jokowi Ingin RI Masuk TPP, Menperin: Bisa Perluas Pasar Ekspor

    RADAR BISNIS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi respons positif kepada Amerika Serikat (AS) bahwa RI ingin bergabung dalam Trans Pasific Partnership (TPP). Jokowi mengatakan RI akan bergabung dalam keanggotaan TPP yang sampai saat sudah terdiri dari 12 negara termasuk negara tetangga, Vietnam.

  • IHSG Terus Melaju, Rupiah Lesu

    IHSG Terus Melaju, Rupiah Lesu

    RADAR BISNIS - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (27/10/2015), ditutup menguat 38,57 poin (0,83 persen) pada 4.691,71.

  • Layanan dalam Izin Investasi Tiga Jam Diperluas

    Layanan dalam Izin Investasi Tiga Jam Diperluas

    RADAR BISNIS - Layananan investasi selama 3 jam yang digulirkan oleh pemerintah diperluas. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan layanan tersebut diperluas kepada proses TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan NIK (Nomor Induk Kepabeanan).

  • Terganjal Aturan, Selandia Baru Tak Bisa Ekspor Sapi ke RI

    RADAR BISNIS - Indonesia saat ini sangat bergantung pada pasokan sapi hidup dari Australia. Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya melepaskan ketergantungan pada Australia tersebutm dengan program swasembada daging sapi untuk jangka panjang, dan mencari negara-negara alternatif untuk sumber pasokan sapi.

  • Hingga Akhir Tahun Tak Ada Jatah Impor Jagung untuk Importir Swasta

    RADAR BISNIS - Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) baru-baru ini mengirim surat kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman karena adanya kelangkaan pasokan jagung untuk kebutuhan pakan ternak di dalam negeri. Kebijakan pengendalian impor yang dilakukan Amran dinilai kebablasan hingga menyebabkan kelangkaan.

12> MORE