• Johannes Kotjo, Pengusaha Kaya Tersangka Korupsi PLTU Riau-1

    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah menyidik dugaan kasus korupsi dalam pembangunan PLTU Riau-1.

  • Emas dan Tembaga RI, Kontribusi Terbesar Penjualan Freeport McMoran

    Jakarta: Freeport McMoran (FCX) mencatat kinerja penjualan konsolidasi emas dan tembaga terbesar pada kuartal III-2018 berasal dari tambang Grasberg, Papua, Indonesia.

  • Pengamat: Inalum Harus Lebih Transparan dalam Akuisisi Freeport

    Jakarta: Pengamat Ekonomi Universitas Gajah Mada Fahmy Radhi mengakui PT Inalum (Persero) sebagai induk holding yang mengakuisisi Freeport memang terkadang sangat tertutup sekali. 

  • Rupiah Keok, Pertamina Timbang Kerek Harga Pertalite-Pertamax

    Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengaku tengah mengkaji penyesuaian harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi, jenis Pertalite dan Pertamax.

  • Tarif Listrik Diperkirakan Naik Hingga 25 Persen pada 2020

    Jakarta: Komitmen penggunaan batu bara sebagai sumber energi primer listrik untuk jangka panjang menimbukan risiko baru. 

  • Menteri Rini: Pertamina Wajib Manut Jokowi Salurkan Premium

    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno menegaskan PT Pertamina (Persero) harus mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

  • Pertamina Resmi jadi Holding BUMN Migas

    Pertamina Resmi jadi Holding BUMN Migas

    Jakarta: Menteri BUMN Rini M Soemarno resmi menandatangani akta pengalihan saham seri B milik Negara sebesar 56,96 persen di PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk kepada PT Pertamina (Persero).

  • Presiden Minta Pasokan Premium Dijaga

    Presiden Minta Pasokan Premium Dijaga

    Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Pertamina menjaga pasokan premium.

  • Pemerintah Klaim Skema Gross Split Tingkatkan Investasi di Blok ONWJ

    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim skema kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) gross split yang diterapkan oleh PT Pertamina Hulu Energi telah memicu meningkatkan investasi di blok Blok Offshore North West Java (ONWJ).

  • Kenaikan Harga Batu Bara Tekan Kinerja PLN

    Kenaikan Harga Batu Bara Tekan Kinerja PLN

    Jakarta: PT PLN (Persero) mencatat kinerja keuangan perseroan tertekan selama 2017.

  • Harga Minyak Dunia Naik, Menkeu Belum Berencana Ubah APBN

    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan, pihaknya belum berencana untuk mengubah Anggaran Perubahan Belanja Negara (APBN), terkait naiknya harga minyak dunia.

  • Harga BBM Pertamax Naik Karena Kenaikan Harga Minyak Dunia

    Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengakui kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax.

  • Sekuritisasi Aset PLTU PLN Bakal Dicatatkan Bulan Depan

    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut, terdapat produk sekuritisasi aset yang akan diluncurkan bulan depan.

  • KPK Temukan 73.811 Hektare Hutan jadi Tambang Batu Bara

    Jakarta: Hasil koordinasi dan supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan peningkatan penggunaan kawasan hutan konservasi dan hutan lindung di lima provinsi sepanjang 2014—2017 menjadi konsesi batu bara.

  • Pemerintah Proses Lelang Dua Proyek Pipa Gas

    Pemerintah Proses Lelang Dua Proyek Pipa Gas

    Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan membuka lelang dua proyek pipa gas pada semester II tahun ini.

  • Pemerintah Minta Keringanan Bea Masuk dan PPnBM untuk Mobil Listrik

    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta kepada Kementerian Keuangan untuk menekan bea masuk dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik.

  • DPR Restui Suntikan Modal Proyek LRT Rp4 Triliun

    Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya menyetujui usulan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 dan realokasi tahun 2015 sebesar Rp2 triliun untuk PT Kereta Api Indonesia (Persero).

  • Pemerintah Pastikan Anggaran Subsidi Energi Tetap Rp101,2 T

    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan tak akan lagi mengubah alokasi anggaran subsidi untuk sektor energi di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (R-APBNP) 2017.

  • Macam Cara Pemerintah Sodorkan Blok Migas

    Macam Cara Pemerintah Sodorkan Blok Migas

    Jakarta: Pemerintah kembali melelang 15 blok minyak dan gas tahun ini.

  • Punya Utang Rp200 Triliun, PLN Klaim 'Masih Aman'

    Jakarta: PT PLN (Persero) menyatakan masih membukukan utang sebesar Rp200 triliun terhitung sejak semester I 2017.

  • Pemerintah 'Ultimatum' Pertamina Soal Blok East Kalimantan

    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera mengembalikan blok East Kalimantan jika memang tak sanggup mengelolanya pada 2018 mendatang.

  • Pemerintah Bakal Atur Pajak Skema Bagi Hasil Produksi

    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melansir pemerintah tengah menyusun Peraturan Pemerintah (PP) untuk mengakomodasi skema perpajakan di dalam sistem bagi hasil produksi (Production Sharing Contract/PSC) Gross Split.

  • Geo Dipa Energi Berpotensi Merugi Rp60 M

    Geo Dipa Energi Berpotensi Merugi Rp60 M

    Jakarta: PT Geo Dipa Energi (Persero) berpotensi menelan kerugian Rp60 miliar akibat tak cairnya jaminan pelaksanaan (performance bond) proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi oleh PT Bumigas Energi.

  • PLN Manut Perhitungan ESDM Soal Proyeksi Subsidi Listrik

    Terdapat 2,4 juta pertambahan pelanggan bersubsidi baru yang harus ditanggung Perusahaan Listrik Negara. Cnni Pic/Andry Novelino

  • Pemerintah Beri Sinyal Urung Naikkan Harga BBM Usai Lebaran

    Jakarta: Pemerintah mengisyaratkan mengurungkan niat menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam waktu dekat.

  • Pemerintah Kembalikan Subsidi Listrik ke 26 Ribu Pelanggan

    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengembalikan subsidi listrik kepada 26.290 pelanggan listrik berkapasitas 900 Volt Ampere (VA) yang sebelumnya dicabut. Saat itu, pemerintah menilai pelanggan tersebut tak berhak memperoleh subsidi.

  • Pertamina Minta Tambahan Waktu Hitung Blok Terminasi

    Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengaku telah mengirimkan surat kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meminta tambahan waktu dalam menghitung aspek keekonomian delapan blok migas.

  • Freeport Beri Kesempatan Karyawan yang Dirumahkan Cari Pekerjaan Lain

    Jakarta: PT Freeport Indonesia memberi kesempatan kepada karyawan-karyawan yang dirumahkan atau furlough agar mencari pekerjaan lain.

  • Pemda Bisa Peroleh Hak Partisipasi 10% di Blok Migas

    Pemda Bisa Peroleh Hak Partisipasi 10% di Blok Migas

    RADARRIAUNET.COM: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10 Persen Pada Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi.

  • 2017, 27 Juta Pelanggan Masih Dapat Subsidi Listrik

    2017, 27 Juta Pelanggan Masih Dapat Subsidi Listrik

    RADARRIAUNET.COM: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan sekitar 27 juta pelanggan listrik pada 2017 masih akan mendapatkan subsidi.

  • KPK: Sri Mulyani Sebut Pertamina, PLN, ESDM, Kemenkeu Korup

    RADARRIAUNET.COM: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara khusus meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membersihkan Kementerian Keuangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PT PLN (Persero), dan PT Pertamina (Persero) dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

  • Mengintip Rencana Prioritas Jonan-Arcandra Kelola Energi Hingga Akhir Tahun

    RADARRIAUNET.COM - Duet Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar belum genap sebulan memimpin Kementerian ESDM. Keduanya membeberkan beberapa rencana kerja prioritas di sektor energi dan sumber daya mineral, hingga akhir tahun ini.

  • Menperin: Harga Gas di Wilayah Timur Akan Lebih Murah

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memiliki opsi langkah menurunkan harga gas untuk industri dengan menerapkan zonasi harga.

  • Harga BBM di Jawa dan Papua Sama, ESDM: Pertamina Tidak Akan Rugi

    RADARRIAUNET.COM - Program BBM Satu Harga yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini, mengharuskan PT Pertamina (Persero) membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Agen Premium dan Minyak Solar (APMS), hingga pelosok-pelosok negeri. Misalnya di kabupaten-kabupaten pegunungan Papua.

  • Danai Proyek PLN Rp4 T, Jepang Berani Tanpa Jaminan Pemerintah RI

    RADARRIAUNET.COM - Japan Bank for International Cooperation (JBIC) terlibat dalam pembiayaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta, berkapasitas 800 megawatt (MW).

  • Enam Tantangan Utama Pengembangan Panas Bumi di Indonesia

    RADARRIAUNET.COM - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menyebutkan, setidaknya ada tujuh tantangan utama yang dihadapi Indonesia dalam melakukan pengembangan potensi panas bumi.

  • Produksi OPEC Cetak Rekor, Harga Minyak Dunia Anjlok

    RADARRIAUNET.COM - Harga minyak dunia turun pada hari Senin dini hari waktu Amerika Serikat (AS) yang disebabkan oleh meningkatnya aktivitas pengeboran di Negeri Paman Sam tersebut dan produksi organisasi pengekspor minyak dunia (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) yang menyentuh rekor tertinggi.

  • Ke Papua, Jokowi Resmikan 6 Infrastruktur Listrik

    Ke Papua, Jokowi Resmikan 6 Infrastruktur Listrik

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 6 infrastruktur kelistrikan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Dua di antaranya adalah pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

  • Sampai 2019, PGN Tambah Infrastruktur Pipa Gas Bumi 1.680 Kilometer

    RADARRIAUNET.COM - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk mulai tahun ini hingga 2019 akan menambah infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 1.680 kilometer (km). Sampai saat ini, PGN telah membangun dan mengoperasikan 7.200 km pipa gas.

  • Luhut Pertimbangkan Buka Impor Gas, Ini Kata PLN

    Luhut Pertimbangkan Buka Impor Gas, Ini Kata PLN

    RADARRIAUNET.COM - Dalam rapat koordinasi harga gas di Kementerian ESDM pada 11 Oktober 2016 lalu, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan mempertimbangkan pembukaan impor gas sebagai solusi agar harga gas di dalam negeri bisa US$ 6/MMBtu seperti keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

  • Pertamina Tebus Kapal Tanker Transko Arafura US11,73 juta

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina Trans Kontinental (PKT) menambah satu unit kapal tanker untuk memperkuat bisnis transportasi minyak dan gas bumi (migas) tahun ini. Anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut baru saja menebus US$11,73 juta (setara Rp153,05 miliar) kepada PT Dry Dock World Pertama (DDW) untuk pembelian Transko Arafura, kapal tanker minyak berkapasitas 3.500 LT DWT pada Rabu (12/10) kemarin.

  • Pilih Jonan, Jokowi Butuh Orang Keras Kepala Pimpin ESDM

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasannya memilih Ignasius Jonan sebagai komandan baru Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sebelumnya dikabarkan, Jokowi telah mewawancarai beberapa profesional untuk mencari sosok yang tepat guna menduduki kursi Menteri ESDM.

  • PLN Kebut Pembangunan Transmisi dan Gardu Induk di Pulau Bintan

    RADARRIAUNET.COM - PLN berhasil menyelesaikan jalur transmisi 150 kV Tanjung Uban-Sri Bintan sepanjang 28 Kilometer-Route (kmr), Sri Bintan-Air Raja 38 kmr dan Air Raja-Kijang 20 kmr dalam waktu 3 bulan. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama antara PLN dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Riau, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau dan Badan Intelijen Negara (BIN) di Daerah Kepulauan Riau.

  • Keputusan Jokowi Turunkan Harga Gas Dipertanyakan DPR

    RADARRIAUNET.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Satya Yudha menyoroti keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan agar harga gas industri nasional dapat diturunkan menjadi antara 5 dollar AS hingga 6 dollar AS per MMBTU (million metric british thermal unit).

  • Harga Gas Dunia Anjlok, Kok di Indonesia Masih Tinggi?

    RADARRIAUNET.COM - Harga minyak dunia mengalami penurunan tajam sejak September 2014 hingga saat ini. Rata-rata harga minyak masih di atas US$ 100/barel di 2014, sedangkan sekarang di kisaran US$ 50/barel. Bahkan di awal tahun ini, harga minyak sempat turun sampai di bawah US$ 40/barel.

  • Ini Hitung-hitungan Keuntungan Harga Gas Murah Versi Perindustrian

    RADARRIAUNET.COM - Staf Ahli Menteri Bidang Sumber Daya Industri, Kementerian Perindustrian Dyah Winarni Poedjiwati mengatakan, penurunan harga gas bumi dapat memangkas struktur biaya industri secara signifikan, dan meningkatkan pendapatan negara dari sektor industri dan pajak.

  • Tawarkan Ekspor Tambang Mentah Hingga 2021

    Tawarkan Ekspor Tambang Mentah Hingga 2021

    RADARRIAUNET.COM - Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, telah memfinalisasi revisi Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara (PP 1/2014).

  • BPS Siap Kaji Dampak Pencabutan Subsidi Listrik Pelanggan 450 VA dan 900 VA

    RADARRIAUNET.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan akan melakukan kajian awal mengenai dampak pencabutan subsidi listrik pelanggan rumah tangga (R1) dengan daya 450 Volt-Ampere (VA) dan 900 VA.

  • Ini Langkah Pertamina Capai Produksi Migas 1,9 Juta Barrel Per Hari

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina (Persero) menargetkan produksi minyak dan gas bumi (migas) sebesar 1,9 juta barrel setara minyak per hari (BSMPH) pada 2025.

  • Tanpa Subsidi, PLN Tak Akan Naikkan Harga Beli Listrik PLTMH

    RADARRIAUNET.COM - Perusahaan setrum pelat merah, PT PLN (Persero) akan tetap memberlakukan tarif pembelian listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang berbeda dari ketentuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), akibat permintaan subsidi Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar Rp1,1 triliun ditolak Badan Anggaran (Banggar) DPR.

  • Subsidi 18 juta Pelanggan 900 VA Dicabut Mulai 1 Januari 2017

    RADARRIAUNET.COM - Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah telah menyepakati, hanya 4,05 juta dari total 22,3 juga pelanggan PLN 900 VA yang diperbolehkan mendapatkan subsidi. Artinya, subsidi terhadap 18 juta pelanggan 900 VA akan dicabut.

  • PLN Diminta Konsisten soal Pasokan Gas dalam Proyek 35.000 MW

    RADARRIAUNET.COM - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dinilai tak konsisten dalam perjanjian lelang proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW). Hal ini khususnya dalam proyek pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU), ketika PLN mengubah syarat tender soal pasokan gas ke pembangkit.

  • Hapus Pajak Eksplorasi, Kemenkeu Yakin Penerimaan Lebih Besar

    RADARRIAUNET.COM - Pemerintah mengaku tak khawatir kehilangan penerimaan negara setelah memutuskan untuk menghapus pajak-pajak eksplorasi melalui revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010.

  • PLN Kantongi 4 Konsorsium Raksasa dalam Proses Lelang Mega Proyek 35.000 MW

    RADARRIAUNET.COM - Proses tender salah satu proyek pembangkit terbesar dalam program 35.000 Megawatt (MW), yaitu proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 (1.600 MW) sedang memasuki proses klarifikasi dokumen dan evaluasi.

  • Apakah Biaya Proyek Masela Turun Berkat Arcandra? Ini Penjelasan Luhut

    RADARRIAUNET.COM - Pernyataan Menko Kemaritiman sekaligus Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, bahwa Arcandra Tahar berjasa 'menyelamatkan uang negara' di Blok Masela selama 20 hari menjadi Menteri ESDM kini mulai dikritisi.

  • Baterai HP Habis Saat Belanja di Pasar, PLN Sebar Colokan Listrik

    RADARRIAUNET.COM - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) ikut serta dalam pameran Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2016 di JCC Senayan. Salah satu yang dipamerkan misalnya Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang bisa dipakai untuk umum.

  • Aturan Cost Recovery dan Pajak Migas Bikin Cadangan Migas RI Menipis

    RADARRIAUNET.COM - Dalam 3 pekan terakhir, Menko Kemaritiman sekaligus Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, terus mendorong revisi atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010.

  • Mulai 2018, Beli Elpiji 3 Kg Bersubsidi Wajib Pakai E-Money

    RADARRIAUNET.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mewajibkan penggunaan uang elektronik (e-money) dalam pembelian tabung Liquified Petroleum Gas (Elpiji) bersubsidi volume 3 kilogram (kg) mulai 2018. Kebijakan ini akan dilakukan agar distribusi gas bersubsidi tersebut lebih tepat sasaran.

  • Konsumsi Premium Pertamina Tergerus BBM Non Subsidi

    Konsumsi Premium Pertamina Tergerus BBM Non Subsidi

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina (Persero) mengalami penurunan penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium akibat semakin banyak masyarakat yang beralih ke BBM non subsidi yaitu pertalite dan pertamax.

  • Luhut Percaya RI Masih Punya Cadangan Minyak 200 Miliar Barel

    RADARRIAUNET.COM - Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman meyakini Indonesia masih memiliki cadangan minyak 200 miliar barel. Angka tersebut lebih tinggi 5.455 persen dibandingkan data cadangan minyak yang dimiliki pemerintah saat ini sebesar 3,6 miliar barel.

  • Menperin Usulkan Harga Gas di Kawasan Industri Turun

    Menperin Usulkan Harga Gas di Kawasan Industri Turun

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartanto, mengatakan selain 10 sektor industri yang perlu mendapatkan harga gas murah, kawasan industri juga perlu mendapatkan yang sama. Ini telah masuk dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

  • Perusahaan Pemurnian Tolak Relaksasi Ekspor Mineral Mentah

    RADARRIAUNET.COM - Sebanyak 21 perusahaan pemurnian mineral atau perusahaan smelter yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) menolak rencana pemerintah untuk melonggarkan ekspor mineral mentah (ore).

  • PHE Tahan Produksi Gas Akibat Kesulitan Cari Pembeli

    PHE Tahan Produksi Gas Akibat Kesulitan Cari Pembeli

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) membukukan produksi gas sebesar 728 MMSCFD secara year-to-date (ytd) hingga Semester I 2016. Angka itu lebih kecil dibandingkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2016 sebesar 773 MMSCFD.

  • Luhut Akui Pemerintah Banyak Lalai soal UU Minerba

    Luhut Akui Pemerintah Banyak Lalai soal UU Minerba

    RADARRIAUNET.COM - Rencana revisi Undang-undang (UU) Nomor 4 tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba) masih terus digodok. Revisi UU tersebut merupakan inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

  • BBM Jenis Premium Akan Hilang dari Pasaran, Kenapa?

    BBM Jenis Premium Akan Hilang dari Pasaran, Kenapa?

    RADARRIAUNET.COM — Misteri kelangkaan dispenser berisikan bahan bakar minyak (BBM) Premium di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di berbagai daerah terjawab sudah.

  • Bos PLN Berharap Harga Gas Turun

    Bos PLN Berharap Harga Gas Turun

    RADARRIAUNET.COM - Harga gas di Indonesia saat ini terpantau sangat tinggi berada di kisaran US$ 8-10/MMbtu, bahkan di Sumatera Utara bisa mencapai US$12/MMbtu. Sementara di negara tetangga seperti Singapura, harga gas industri hanya separuhnya.

  • Janji Luhut: Kita Bongkar Calo-calo yang Bikin Harga Gas Jadi Mahal

    RADARRIAUNET.COM - Ada sekitar 60 perusahaan trader gas di Indonesia, tapi hampir semuanya tak punya infrastruktur, hanya bertindak sebagai calo pemburu rente saja tanpa modal.

  • Perkuat Infrastruktur, PGN Bangun Pipa Gas Bumi Sepanjang 1.685 Km

    RADARRIAUNET.COM - Sebagai National Gas Company Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas infrastruktur gas nasional. Salah satunya PGN menargetkan dapat menambah panjang pipa gas buminya sepanjang 1.685 kilometer (km) dalam periode 2016-2019. Nantinya, pada 2019 total panjang pipa PGN menjadi 8.656 km.

  • Pertamina Minta Jatah Lebih Besar di Blok East Natuna

    Pertamina Minta Jatah Lebih Besar di Blok East Natuna

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina (Persero) meminta bagi hasil (split) yang lebih besar di Blok East Natuna menjelang ditekennya kontrak bagi hasil produksi (Production Sharing Contract/PSC) bulan ini.

  • Chevron Sukses Produksi Gas Perdana Proyek Bangka

    Chevron Sukses Produksi Gas Perdana Proyek Bangka

    RADARRIAUNET.COM - Chevron Indonesia Company Ltd berhasil memproduksi gas perdana dari Proyek Pengembangan Lapangan Bangka. Proyek tersebut menjadi bagian pertama dari Proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) Chevron di Kalimantan Timur.

  • Dollar AS Menguat, Harga Minyak Dunia Jeblok

    Dollar AS Menguat, Harga Minyak Dunia Jeblok

    RADARRIAUNET.COM - Harga minyak dunia terus mengalami pelemahan pada Selasa (30/8/2016) waktu setempat. Penyebabnya adalah penguatan kurs dollar AS dan pernyataan resmi Iran bahwa negara tersebut berencana menggenjot produksi minyak.

  • Meski Harga Naik, Bea Keluar CPO Masih Dibebaskan

    Meski Harga Naik, Bea Keluar CPO Masih Dibebaskan

    RADARRIAUNET.COM - Kementerian Perdagangan RI membebaskan Bea Keluar (BK) untuk Harga Referensi produk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) periode bulan September 2016 karena masih di bawah batas minimal, kendati menguat dari angka Agustus.

  • Pertamina Uji Coba Olah Minyak Impor di Kilang Dumai

    Pertamina Uji Coba Olah Minyak Impor di Kilang Dumai

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina (Persero) tengah melakukan uji coba untuk mengolah minyak mentah impor di kilang Refinery Unit II Dumai. Pengolahan menggunakan minyak impor ini merupakan yang pertama kalinya sejak kilang Dumai beroperasi tahun 1971.

  • Menko Luhut Minta Petronas Ikut Tender Proyek Migas di Natuna

    RADARRIAUNET.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengundang Petrolium Nasional Berhad (Petronas) untuk mengikuti beberapa lelang Wilayah Kerja (WK) migas di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

  • Sekarang Eksportir, di 2030 RI Akan Jadi Importir Gas

    Sekarang Eksportir, di 2030 RI Akan Jadi Importir Gas

    RADARRIAUNET.COM - Meski saat ini Indonesia merupakan eksportir gas nomor 3 dunia, PT Pertamina (Persero) memperkirakan Indonesia akan menjadi net importir gas bumi mulai tahun 2030.

  • Pengamat: Tanpa Bangun Pembangkit Baru, Pemerintah Bisa Tambah Kapasitas Listrik 15.000 MW

    RADARRIAUNET.COM - Praktisi tambang dan mineral Ryad Chairil mengatakan, sebetulnya pemerintah bisa meningkatkan kapasitas listrik cukup besar tanpa harus membangun pembangkit listrik baru. Caranya adalah dengan meningkatkan efisiensi pembangkit listrik yang ada.

  • Harga Gas di RI Lebih Mahal dari Singapura, Menperin: Sedang Kita Pelajari

    RADARRIAUNET.COM - Harga gas di dalam negeri kelewat mahal. Ini dikeluhkan sejumlah pengusaha Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) dalam pertemuan dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato tadi pagi.

  • Berbekal Kinerja Semester I, Pertamina Siap Pimpin Holding

    RADARRIAUNET.COM - Pengamat Ekonomi Energi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Berly Martawardaya menilai kinerja keuangan positif yang ditunjukkan PT Pertamina (Persero) di semester I 2016 bisa menjadi bekal perusahaan untuk memimpin perusahaan induk (holding) BUMN sektor energi.

  • Pertamina Sebut Penambangan Minyak Ilegal Bahayakan Kesehatan

    RADARRIAUNET.COM - Kegiatan pengeboran minyak secara ilegal atau illegal drilling yang dilakukan masyarakat disebut PT Pertamina EP membahayakan kesehatan pelakunya.

  • Cadangan di AS Meningkat, Harga Minyak Dunia Turun Lagi

    RADARRIAUNET.COM - Harga minyak dunia kembali merosot pada perdagangan Rabu (24/8/2016) waktu setempat. Hal ini disebabkan keterkejutan atas melonjaknya cadangan minyak mentah Amerika Serikat yang menambah kekhawatiran akan banjirnya pasokan minyak global.

  • PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan di Pulau Natuna

    RADARRIAUNET.COM - PT PLN (Persero) terus berupaya menerangi negeri. Setelah berhasil merajut sistem kelistrikan dalam bentuk interkoneksi kabel laut Batam-Bintan, PLN Wilayah Kepulauan Riau hari ini melepas pemberangkatan infrastruktur kelistrikan untuk tiga pulau terluar di Kabupaten Natuna yakni Pulau Laut, Pulau Subi, dan Pulau Tiga.

  • Luhut Bakal Bubarkan Unit Kerja Khusus di Kementerian ESDM

    RADARRIAUNET.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, akan membubarkan beberapa unit-unit kerja khusus yang berada di bawah Kementerian ESDM. Beberapa unit kerja tersebut dibentuk saat Sudirman Said masih menjabat sebagai Menteri ESDM.

  • Pertamina Butuh Rp19,82 Triliun untuk Jaga Produksi Mahakam

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina (Persero) membutuhkan dana US$1,5 miliar setara Rp19,82 triliun untuk menjaga jumlah produksi blok Mahakam tidak merosot, setelah resmi menjadi operator blok tersebut 2018 mendatang.

  • ESDM Diminta Tidak Mudah Berjanji Mampu Tambah Lifting Minyak

    RADARRIAUNET.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan target produksi minyak siap jual (lifting) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017 sebesar 780 ribu barel per hari (bph). Namun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berjanji akan melakukan segala upaya agar realisasi lifting 2017 tidak berbeda jauh dengan target dalam APBNP 2016 sebesar 820 ribu bph.

  • ESDM Mulai Buka Tender Pembangunan Tujuh Kilang Mini

    RADARRIAUNET.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera memulai seleksi badan usaha untuk membangun dan mengelola kilang mini pada tahun ini. Seleksi badan usaha ini akan dilakukan terhadap tujuh cluster kilang yang ditetapkan pemerintah di seluruh Indonesia.

  • Pertamina Targetkan Cadangan Migas Naik 400 Persen

    Pertamina Targetkan Cadangan Migas Naik 400 Persen

    RADARRIAUNET.COM - PT Pertamina (Persero) menargetkan rasio cadangan minyak dan gas bumi (migas) atau reserve replacement ratio (RRR) tumbuh 200–400 persen per tahun untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Penurunan produksi alamiah dan anjloknya harga minyak dunia menjadi tantangan terbesar Pertamina saat ini.

  • Industri Penerima Diskon Harga Gas Bakal Ditambah

    Industri Penerima Diskon Harga Gas Bakal Ditambah

    RADARRIAUNET.COM - Pemerintah berencana menambah sektor industri yang bakal menerima diskon harga gas. Sebelumnya dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.40 Tahun 2016 lalu, ada 7 sektor industri yang mendapatkan diskon harga gas.

  • JK Dukung Gaikindo Produksi Kendaraan Berstandar Emisi Euro 4

    RADARRIAUNET.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta produsen otomotif nasional untuk memproduksi mobil berteknologi standar emisi Euro 4 atau menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kadar oktan di atas 90. Produksi tersebut akan memenuhi standar internasional dan perlu agar ekspor industri otomotif diterima pasar yang semakin luas.

  • Ini Penjelasan Dirut PLN Soal Rencana Caplok Pertamina Geothermal Energy

    RADARRIAUNET.COM - PT PLN (Persero) berencana mengakuisisi anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang pengembangan panas bumi, yaitu PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

  • PLN Diminta Prioritaskan Proyek 35 ribu MW

    PLN Diminta Prioritaskan Proyek 35 ribu MW

    RADARRIAUNET.COM - Pengamat energi sekaligus peneliti Pusat Studi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menyarankan manajemen PT PLN (Persero) untuk fokus menggarap megaproyek 35 ribu Megawatt (MW) yang jangka waktu penyelesaiannya tinggal tiga tahun lagi. Realisasi penyelesaian proyek tersebut yang masih di bawah 1 persen, tidak bisa diganggu dengan rencana bisnis PLN yang lain.

  • Menteri Rini Restui PLN Boyong Saham PGE

    Menteri Rini Restui PLN Boyong Saham PGE

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberikan restu pada PT PLN untuk menyuntikkan modal kepada anak usaha PT Pertamina di bidang energi panas bumi, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). Hal itu dilakukan demi percepatan pengembangan energi listrik panas bumi di Indonesia.

  • Pemerintah Tetapkan Besaran Bonus Produksi Panas Bumi

    RADARRIAUNET.COM - Pemerintah pusat menetapkan persentase bonus produksi yang harus diberikan pemegang izin usaha panas bumi kepada pemerintah daerah.

  • Harga Minyak Dunia Terus Menanjak

    Harga Minyak Dunia Terus Menanjak

    RADARRIAUNET.COM - Harga minyak dunia terus menanjak naik hingga perdagangan hari Senin (8/8/2016) waktu setempat. Acuan harga minyak mentah pun bergerak menguat hingga lebih dari 1 dollar AS tiap barelnya baik di New York maupun London.

  • Dukung Program Cadangan Pemerintah, AKR Siap Tambah Tangki

    RADARRIAUNET.COM - Perusahaan penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM), PT. Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk (AKR) bersiap membangun tangki baru guna memenuhi keinginan pemerintah agar penyalur BBM swasta menyimpan cadangan selama 30 hari.

  • Tiga Pembangkit PGE Salurkan Tambahan Setrum di Semester II

    RADARRIAUNET.COM - PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) menargetkan hingga akhir 2016 bisa memasok listrik sampai 3.084 Giga Watt Hour (GWh), naik dibandingkan realisasi 2015 sebesar 3.056 GWh. Peningkatan produksi berasal dari pengoperasian tiga Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) baru sepanjang semester II 2016.

  • Bulan Depan Pertamina Rilis Pertamax Turbo untuk Mobil Super

    RADARRIAUNET.COM - Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang menyatakan perusahaannya akan menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Dexlite pada Agustus 2016, bersamaan dengan peluncuran produk Pertamax Turbo.

  • Ada Untung Rp3,19 T Jual Solar Subsidi, Menteri ESDM Serahkan ke Menkeu

    RADARRIAUNET.COM - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya keuntungan dari penjualan solar bersubsidi sepanjang tahun 2015 sebesar Rp3,19 triliun. Besaran keuntungan tersebut terjadi karena harga jual solar bersubsidi yang dijual pemerintah lebih tinggi daripada harga dasar termasuk pajak dikurangi subsidi tetap pada tahun 2015.

  • Energi Mega Persada akan Gali 3 Sumur Baru di Blok Bentu

    RADARRIAUNET.COM - PT. Energi Mega Persada (EMP) Tbk menyatakan, total produksi minyak dan gas perseroan selama paruh pertama tahun ini mencapai kisaran 52 ribu barel ekuivalen per hari. Produksi tersebut sesuai dengan rata-rata target yang ditetapkan perusahaan sejak awal tahun.

  • Menteri ESDM Minta PLN Tidak Membangkang

    Menteri ESDM Minta PLN Tidak Membangkang

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengingatkan PT PLN (Persero) untuk tidak melawan pemerintah terkait kebijakan ketenagalistrikan.

  • Pemerintah Lakukan Tiga Hal Ini untuk Cukupi Kebutuhan Energi Nasional

    RADARRIAUNET.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, kecukupan energi akan meningkatkan taraf hidup suatu bangsa.

123> MORE