• Jambret di Pekanbaru Nekat Terobos Markas TNI AU, Begini Jadinya

    PEKANBARU (RRN) - Dua orang penjahat jalanan alias jambret menyerah di tangan anggota POM TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin, saat berusaha melarikan diri setelah beraksi merampas tas seorang wanita, yang melintas di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Riau.

  • Menolak Berhubungan Intim, Wanita Ini Ditikam Pacar Sendiri

    DUMAI (RRN) - Tidak terima permintaannya untuk memuaskan hawa nafsu dengan berhubungan badan, MR (19) remaja pengangguran ini nekat menikam korban yang tidak lain adalah pacarnya sendiri.

  • FSGI Minta UN Ditunda Karena Kabut Asap

    FSGI Minta UN Ditunda Karena Kabut Asap

    JAKARTA (RRN) - Imbas kabut asap dampaknya kini merembet kemana-mana. Kali ini, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) angkat bicara dengan meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunda pelaksanaan ujian nasional (UN). Hal itu mengingat banyak daerah terlanda kabut asap yang berdampak pada terganggunya aktivitas belajar mengajar di sekolah.

  • Pemerintah Dinilai tak Peka Terhadap Siswa Terdampak Asap

    JAKARTA (RRN) - Bencana asap terus terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan membuat kegiatan belajar mengajar terganggu. Namun pemerintah dinilai tidak peka terhadap nasib para pelajar.

  • Inilah 4 Kunci Sukses Masuk PTN

    Inilah 4 Kunci Sukses Masuk PTN

    DEPOK (RRN) - Konsultan pendidikan dan motivator Yayan Ruswana mengemukakan ada empat kunci sukses masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Baik baik jalur undangan (SNMPTN) maupun jalur ujian tulis (SBMPTN).

  • Federasi Guru Tunggu Hasil Penyelidikan Kebocoran UN

    Federasi Guru Tunggu Hasil Penyelidikan Kebocoran UN

    JAKARTA (RRN) - Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan pada tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat telah berlalu. Namun Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) tidak pernah lupa atas kebocoran soal UN yang tersebar melalui Google Drive sebelum ujian dilaksanakan.

  • Gebrakan Xi Jinping Upaya Menyelamatkan Krisis Bangsa (2)

    RADAR TIONGHOA - Pada 29 Juli 2014, mantan Anggota Tetap Komisi Politbiro Sentral Partai Komunis Tiongkok (PKT) Zhou Yongkang diadili oleh pemerintah Xi. Pada 11 Juni 2015, Zhou dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

  • Gebrakan Xi Jinping Upaya Menyelamatkan Krisis Bangsa (1)

    RADAR TIONGHOA - Penindasan Partai Komunis Tiongkok (PKT) terhadap bangsa Tionghoa telah lebih dari setengah abad lamanya. Sejak Jiang Zemin berkuasa (1989-2002), pejabat korup merajalela dan menindas rakyat, perlakuan tidak adil di tengah masyarakat semakin menjadi-jadi. Sistem hukum, ekonomi, ekosistem dan moral di RRT mengalami kemerosotan luar biasa, bangsa Tionghoa berada dalam kondisi bahaya. Setelah Xi Jinping menjabat, dengan menanggung tekanan bahkan ancaman keselamatan jiwa, Xi terus menangkapi dan membereskan para tokoh korup yang paling berperan dan paling mewakili di berbagai sistem pemerintahan PKT. Xi Jinping berusaha “menjebloskan kekuasaan ke dalam kurungan”, mendorong berbagai reformasi, melakukan hasil kerja nyata bagi rakyat Tiongkok.

  • Teori Tentang Masakan China

    Teori Tentang Masakan China

    RADAR TIONGHOA - Masakan China adalah salah satu masakan yang paling beragam di dunia. Hal ini dikarenakan luasnya negara China, kebudayaan, sejarah masa lalu; dan juga penduduknya yang banyak. Konsep yin dan yang dari masakan China dan teori lima elemen. Secara tradisional, terdapat juga kompleksitas di belakang setiap masakan yang berdasarkan pada hukum alam dan juga tata krama.

  • Adat Pemakaman Tionghoa (Bagian II)

    Adat Pemakaman Tionghoa (Bagian II)

    RADAR TIONGHOA - Penguburan orang mati selalu menjadi masalah yang sangat serius di masyarakat Tionghoa. Tata cara pemakaman yang tidak benar diyakini akan menyebabkan nasib buruk untuk keluarga yang ditinggalkan. Adat Pemakaman Tionghoa bagian I sendiri dapat dibaca pada artikel terbitan 01 April 2015.

  • Hari Santri, antara Janji Politik dan Prinsip Keadilan

    RADAR OPINI - Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri menyulut kontroversi. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir tidak setuju penetapan ini karena sama artinya dengan mengotakngotakkan umat sebagaimana kategorisasi Clifford Geertz: santri-priyayi-abangan.

  • Kinerja Komunikasi Politik Jokowi

    Kinerja Komunikasi Politik Jokowi

    RADAR OPINI - Satu tahun sudah pasangan Jokowi Widodo-Jusuf Kalla memegang tampuk pemerintah tertinggi di Indonesia, setelah 70,99 juta orang memilihnya sebagai presiden dan wakil presiden pada helat demokrasi akbar Pemilu 2014.

  • Mbah Hasyim dan Sejarah Resolusi Jihad

    Mbah Hasyim dan Sejarah Resolusi Jihad

    RADAR OPINI - Adalah Sayyid Muhammad Asad Shihab, seorang jurnalis dari Timur Tengah yang masih termasuk kakek buyut Prof Dr M Quraisy Shihab, penulis biografi yang luar biasa. Ia pandai menggali data, jernih melihat sekaligus cermat mencatat.

  • AS: Komentar PM Israel yang Sudutkan Muslim Tidak Berdasar

    JAKARTA (RRN) - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menilai komentar Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu pada Rabu (21/10) yang menghubungkan seorang pemimpin Muslim dengan peristiwa Holocaust tidak berdasarkan bukti ilmiah.

  • Diktator Zimbabwe Masuk Nominasi Peraih Hadiah Perdamaian Konfusius

    BEIJING (RRN) - Presiden Zimbabwe Robert Mugabe masuk nominasi peraih Hadiah Perdamaian Konfusius. Mugabe dikenal sebagai diktator, otokrat, tiran, bahkan kemungkinan pembunuh massal.

  • Aktifis Anti Halal jadi Kandidat Senat Partai Anti-Islam ALA

    JAKARTA (RRN) - Aktifis anti halal, mantan anggota militer dan Presiden kelompok sekresi anti-Islam mengumumkan pencalonannya sebagai kandidat senat dari partai anti-Islam di Australia yang dibuat oleh politisi Belanda kontroversial, Geert Wilders.

  • Topan Koppu Terjang Filipina, 54 Orang Tewas

    Topan Koppu Terjang Filipina, 54 Orang Tewas

    FILIPINA (RRN) - Jumlah korban meninggal akibat Topan Koppu di Filipina telah mencapai sedikitnya 54 orang, pada Sabtu (24/10/2015).

  • Menghina Presiden Erdogan, ABG 15 Tahun Ditahan Polisi Turki

    ANKARA (RRN) - Seorang remaja putra berumur 15 tahun ditahan kepolisian Turki atas tuduhan menghina Presiden Recep Tayyip Erdogan.

  • Maling Motor Dihajar Warga Bagansinembah lalu Diserahkan ke Polisi.

    BAGANBATU (RRN) - Kepolisian Sektor Bagan Sinembah bersama warga masyarakat melakukan penangkapan terhadap pelaku curat yang beraksi di pondok afdeling VIII kebun Torgamba Bagan Manunggal Kec. Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir.

  • Pemuda Bertopeng Coba Perkosa Gadis Idaman di Meranti

    Pemuda Bertopeng Coba Perkosa Gadis Idaman di Meranti

    SELATPANJANG (RRN) - Polres Kepulauan Meranti untuk kesekian kalinya kembali menangani kasus pencabulan, yang kali ini terjadi di Desa Sesap, Kecamatan Tebingtinggi.

  • Polda Riau Musnahkan 7,1 Kg Ganja dan 257 Gram Sabu

    Polda Riau Musnahkan 7,1 Kg Ganja dan 257 Gram Sabu

    PEKANBARU (RRN) - Pihak Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Kamis pagi (22/10/15), memusnahkan barang bukti narkotika jenis ganja kering dan sabu sabu.

  • Inkrah, Kuasa Pt Primabos Mobilindo Dipenjara 5 Tahun.

    PEKANBARU (RRN) - Satu dari tiga terdakwa Tindak pidana korupsi pengadaan keramba di wilayah provinsi Riau, tahun 2008, dinyatakan inchraht (inkrah), setelah Mahkamah Agung (MA) RI, menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

  • Pilkada Rohil, Sudin Kampanye di Kasang Bangsawan, Pujud

    PUJUD (RRN) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rohil, Suyatno-Djamiludin (Sudin) menggelar kampanye dialogis di Kepenghuluan Kasang Bangsawan, Kecamatan Pujud. Pasangan ini diklaim masih dicintai masyarakat.

  • Calon Bupati Rohil Herman Sani Kampanye Dialogis di Bantaian

    BANTAIAN (RRN) - Calon Bupati Rohil Herman Sani melakukan kampanye dialogis di Bantaian, Kecamatan Batu Hampar. Dia bertekad adil dan berdiri ditengah semua golongan.

  • Rampok Bunuh Istri Penghulu Kualagasib, Siak.

    Rampok Bunuh Istri Penghulu Kualagasib, Siak.

    SIAK (RRN) - Aksi perampokan terjadi di Kecamatan Kotogasib, Siak. Jumat (23/10/15) sekitar pukul 16.15 WIB, korban yakni Jumiati binti Ibrahim merupakan istri dari Kepala Penghulu Kualagasib Basri Hasan, ia ditemukan tewas di dapur rumahnya Jalan Pemda Kilometer 34, Dusun Suka Maju, Desa Kualagasib dengan kondisi mulut, tangan, dan kaki dilakban.

  • Siswa SD Kirim Surat Buat Jokowi

    Siswa SD Kirim Surat Buat Jokowi

    PALEMBANG (RRN) - Lantaran bosan memakai masker untuk menghindari terhirup asap akibat kebakaran hutan dan lahan setiap hari, siswa SD Palm Kids Palembang membuat surat protes kepada Presiden Joko Widodo. Para siswa berharap, Jokowi segera menuntaskan bencana tersebut.

  • Kemdikbud Sediakan Program Televisi Anak Korban Asap

    Kemdikbud Sediakan Program Televisi Anak Korban Asap

    JAKARTA (RRN) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyediakan program televisi khusus untuk anak-anak korban kabut asap, agar mereka betah berada di dalam rumah.

  • Mendikbud: Tunjangan Guru Penuh Meski Bencana Asap

    Mendikbud: Tunjangan Guru Penuh Meski Bencana Asap

    JAKARTA (RRN) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan tunjangan guru di daerah yang terkena bencana asap akan tetap dibayarkan penuh, meski jam mengajarnya berkurang.

  • Pemerintah Targetkan Hapus Buta Aksara

    Pemerintah Targetkan Hapus Buta Aksara

    KARAWANG (RRN) - Angka buta aksara di Indonesia semakin menurun, bahkan sudah melampaui target yang ditetapkan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), yakni sebesar 3,7 persen dari total populasi berusia 15-59 tahun.

  • Periksa Surya Paloh, Ini Alasan KPK

    Periksa Surya Paloh, Ini Alasan KPK

    JAKARTA (RRN) - Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebagai saksi dalam kasus yang menjerat mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella.Pimpinan sementara KPK Johan Budi mengatakan, KPK memeriksa Paloh karena membutuhkan informasinya mengenai kasus tersebut."Ada keterangan yang diperlukan dari Pak Surya Paloh," ujar Johan di Gedung KPK, Jakarta.

  • Legenda Sumur Jeruk.

    Legenda Sumur Jeruk.

    RADAR TIONGHOA - Sekarang ini, orang-orang di Tiongkok sering menyebut toko obat dan resep obat dengan sebutan “sumur jeruk” atau “musim semi jeruk.”. Kadang-kadang, orang-orang menuliskan pujian pada papan-papan yang diterima sama toko-toko obat, adakalanya dalam bentuk surat dengan bunyi “Waktu Yang Panjang Menyisakan Harum Dari Sumur Jeruk,” atau “Waktu Yang Panjang Menyisakan Harum dari Musim Semi Jeruk.” Apakah maksudnya?

  • Asal usul makanan kecil Tjah Kwei

    Asal usul makanan kecil Tjah Kwei

    RADAR TIONGHOA - Tjah Kwei adalah makanan asal Tiongkok yang dibuat dari tepung trigu, ragi, soda, ammonium bicarbonat dan garam. Adonan kalau sudah “mekar” dibuat seperti tongkat yang panjangnya kira kira 15-20 cm., lalu dua tongkat dilekatkan menjadi satu. Kalau digoreng panjangnya menjadi kira kira 25 cm dan berwarna coklat. Tjah kwei terkenal di Asia tenggara dan merupakan makanan kecil terutama bagi orang-orang Tionghoa. Di Solo, Jawa Tengah, Tjah Kwei dibuat oleh orang “pribumi” dan setiap malam pembeli selalu berderet-deret untuk antri. Untuk makanan pagi di daratan Tiongkok dan Taiwan Tjah-kwei dimakan bersama-sama dengan susu kedele adalah sarapan pagi yang nikmat. Tjah Kwei di Solo dimakan baik oleh suku Tionghoa maupun oleh orang jawa Solo.

  • 8 Orangutan Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan

    8 Orangutan Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan

    JAKARTA (RRN) - Direktur Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) Panut Hadisiswoyo menyatakan sudah mengevakuasi tujuh hingga delapan orangutan yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra.

  • Menteri LHK: Pergub Pembukaan Lahan di Kalteng Harus Ditinjau Kembali

    JAKARTA (RRN) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk meninjau ulang Peraturan Gubernur Kalteng Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pembukaan Lahan dan Pekarangan Bagi Masyarakat di Kalimantan Tengah.

  • Delapan Bulan Kekeringan, Anak-anak di Manggarai Barat Makan Sekali Sehari

    LABUAN BAJO (RRN) - Kelaparan menimpa warga di tiga desa di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat. Bahkan, anak-anak di tega desa itu hanya makan sekali dalam sehari.

  • Sopir Truk Sampah Diduga Bayar Oknum Polisi untuk Lewat Jatiasih

    JAKARTA (RRN) - Sopir truk sampah dari Jakarta ke Bantar Gebang, Bekasi, banyak yang lebih memilih menggunakan jalur Jatiasih ketimbang Cibubur. Padahal, jalur tersebut hanya boleh dilalui di jam operasional yang sudah ditetapkan.

  • Menlu RI dan Menlu Australia Pastikan Kunjungan PM Turnbull ke Indonesia

    PADANG (RRN) - Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull direncanakan akan berkunjung ke Indonesia. Hal ini disambut baik oleh Menlu RI Retno Marsudi.

  • RI-India Bahas Rencana Pemberian Bebas Visa

    RI-India Bahas Rencana Pemberian Bebas Visa

    PADANG (RRN) - Pertemuan bilateral Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu India Vijay Kumar Singh, membahas rencana pemberian bebas visa India untuk WNI.

  • Insinyur AS Nekat Curi dan Kirim Informasi Militer Rahasia ke Iran

    TEHERAN (RRN) - Insinyur Amerika Serikat (AS) keturunan Iran, Mozaffar Khazaee, yang bekerja pada kontraktor pertahanan AS, dinyatakan bersalah atas dakwaan mencuri dan memberi informasi militer rahasia kepada Iran.

  • Kecelakaan Maut di Bengkalis, Tidak Ditemukan Kandungan Alkohol di Tubuh Korban

    BENGKALIS (RRN) - Satlantas Polres Bengkalis masih mengumpulkan keterangan sejumlah saksi terkait kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Desa Tameran, Kecamatan Bengkalis yang menewaskan satu orang pengemudi sepeda motor. Dari hasil pemeriksaan dokter, tidak adadipengaruhi alkohol.

  • Transaksi dengan Polisi di Kamar Hotel, Warga Kampung Dalam Kena Ciduk, 10 Butir Ekstasi Asal Malays

    PEKANBARU (RRN) - Seorang kurir narkoba di Kampung Dalam, Pekanbaru, Riau, diciduk Polsek Bukit Raya pada saat akan bertransaksi dengan polisi yang menyamar disalahsatu hotel di Jalan Juanda. 10 butir pil ekstasi berhasil disita. Pil ekstasi tersebut diduga berasal dari Malaysia.

  • Dihadiri Plt Gubri, Umri Wisuda 318 Mahasiswanya

    Dihadiri Plt Gubri, Umri Wisuda 318 Mahasiswanya

    PEKANBARU (RRN) - Bertujuan untuk menciptakan suasana wisuda yang kekeluargaan, prosesi wisuda ke IX Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang digelar besok, Sabtu (24/10/2015), tidak dilaksanakan di hotel, melainkan di halaman Kampus II Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, Riau.

  • 2 Hari Dibawa Kabur Pembantu, Bocah Umur 4 Tahun di Pekanbaru Berhasil Diselamatkan Polisi

    PEKANBARU (RRN) - Seorang bocah berumur empat tahun, berhasil diselamatkan tim Reserse Kriminal Polsek Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, Kamis (22/10/2015) malam tadi. Sang bocah dilaporkan menghilang dua hari lalu lantaran dibawa kabur wanita yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di rumah majikan sang bocah ini.

  • Kapal Perang untuk Evakuasi Anak Kecil dan Bayi

    Kapal Perang untuk Evakuasi Anak Kecil dan Bayi

    JAKARTA (RRN) - Pemerintah berencana akan melakukan evakuasi terhadap warga yang menjadi korban kabut asap di sejumlah daerah terdampak.

  • Presiden Jokowi Larang Pembukaan Izin Perkebunan di Lahan Gambut

    JAKARTA (RRN) - Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak lagi memberikan izin untuk perusahaan membuka perkebunan di atas lahan gambut.

  • Pasangan Suami Istri "dihabisi dengan senjata tajam"

    Pasangan Suami Istri

    MEDAN (RRN) - Ratusan warga di Jalan Sei Padang, Lingkungan V, Medan Selayang, mendadak geger karena menemukan mayat pasangan suami isteri Mukhtar Yakub dan Yati, Jumat (23/10/2015).

  • Hari perayaan :Marga Tionghoa di Indonesia

    Hari perayaan :Marga Tionghoa di Indonesia

    RADAR TIONGHOA - Marga Tionghoa merupakan marga yang digunakan orang Tionghoa. Marga (Hanzi: , hanyu pinyin: xingshi) biasanya berupa satu karakter Han (Hanzi) yang diletakkan di depan nama seseorang. Ada pula marga yang terdiri dari 2 atau bahkan 3 sampai 9 karakter marga seperti ini disebut marga ganda (Hanzi:??, hanyu pinyin: fuxing). Marga Tionghoa juga diadopsi oleh suku-suku minoritas yang sekarang tergabung dalam entitas Tionghoa. Marga dalam suku-suku minoritas ini biasanya berupa penerjemahan pelafalan dari bahasa suku-suku minoritas tadi ke dalam Hanzi. Penggunaan marga di dalam kebudayaan Tionghoa telah mempunyai sejarah selama 5.000 tahun lebih.

  • Lie Lo Cia (Li Ne Zha)

    Lie Lo Cia (Li Ne Zha)

    RADAR TIONGHOA - Lie Lo Cia atau Li Ne Zha sering disebut juga dengan Sam Thay Cu (; Pinyin : San Tai Zi), sebab ia adalah putera ketiga Lie King (Li Jing) alias Lie Thian Ong (Li Tian Wang). Gelarnya adalah Tiong Tan Goan Swee (Hanzi : ????; Pinyin : Zhong Tan Yuan Shuai) atau Jendral Panggung Tengah. Sering pula disebut dengan Thay Cu Ya (Tai Zi Ye) atau Lo Cia (Ne Zha) saja.

  • Dewi Jiu Tian Xuan Nu

    Dewi Jiu Tian Xuan Nu

    RADAR TIONGHOA - Jiu Tian Xuan Nu merupakan salah satu Dewi Besar Agama Tao. Jiu Tian Xuan Nu adalah Dewi yang sering membantu pahlawan-pahlawan. Konon, cerita pada jaman raja satria Huang Ti yang pernah mengajarkan rakyat menanam palawija. Sebelum Huang Ti menyatukan negara, Beliau pernah perang dasyat melawan Je Yu. Je Yu itu adalah sebangsa hewan yang aneh, badannya merupakan binatang tapi dia memakai bahasa manusia, juga makan batu dan pasir untuk hidup. Je Yu ini biasa disebut badan kuningan kepala besi.

  • Meruwat Indonesia

    Meruwat Indonesia

    RADAR OPINI - Dalam kosmologi Jawa, tradisi ruwatan adalah rangkaian aktivitas kebudayaan untuk membersihkan diri kita dari beban maupun kesalahan di masa silam yang membatasi langkah kita untuk menatap masa depan.

  • Kinerja Jokowi-JK di Tahun Sulit

    Kinerja Jokowi-JK di Tahun Sulit

    RADAR OPINI - Tepat pada 20 Oktober 2015 kemarin, umur pemerintahan Jokowi-JK genap 1 tahun. Sebagaimana sebuah isi kandungan, dia tidak lagi dinyatakan sebagai seorang bayi, tetapi sudah menjadi anak.

  • Selundupkan Kokain di Perut, Pria Brasil Tewas di Pesawat

    JAKARTA (RRN) - Seorang penumpang asal Brasil yang meninggal usai kejang dan pingsan dalam penerbangan maskapai asal Irlandia, Aer Lingus, ditemukan memiliki hampir 1 kilogram benda yang diduga kokain dalam perutnya.

  • Presiden Iran Akan Berkunjung ke Italia dan Bertemu Paus Fransiskus

    TEHERAN (RRN) - Presiden Iran Hassan Rouhani akan berkunjung ke Roma, Italia bulan depan. Dalam lawatan itu, Rouhani juga akan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan.

  • Singapura Tanda Tangani Konvensi Lawan Diskriminasi Rasial

    JAKARTA (RRN) - Singapura menandatangani Konvensi Internasional tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial (ICERD) di New York pada Senin (19/10) dan diperkirakan akan meratifikasinya pada 2017 mendatang.

  • Biksu Terkemuka Tibet Meninggal di Penjara China

    Biksu Terkemuka Tibet Meninggal di Penjara China

    BEIJING (RRN) - Seorang biksu Tibet meninggal saat mendekam di penjara di China. Biksu tersebut merupakan salah satu tahanan politik paling terkemuka di Chin

  • Amnesty: Perdagangan Manusia di Asia Tenggara Terus Berlanjut

    JAKARTA (RRN) - Kelompok pemerhati hak asasi manusia Amnesty Internasional mengingatkan pada Rabu (21/10) bahwa perdagangan manusia akan terus berlanjut di Asia Tenggara. Amnesty juga merinci kekejaman yang dialami para imigran ketika berada di tangan penyelundup.

  • Aniaya Warga Pekanbaru, Dua Oknum Brimob Dipolisikan

    Aniaya Warga Pekanbaru, Dua Oknum Brimob Dipolisikan

    PEKANBARU (RRN) - Melintas secara bersamaan dengan seorang oknum Brimob Polda Riau di Jalan Prambanan, Kecamatan Pekanbaru, Ichwand Syaifuddin justru menjadi pelampiasan amarah oknum tersebut, Senin (19/10/2015) sekitar pukul 21.00 WIB.

  • Tabrakan Maut di Simpang Roro Bengkalis Tewaskan 2 Orang

    BENGKALIS (RRN) - Dua pengendara sepeda motor Supriadi (27) warga Wonosari Tengah, Bengkalis dan Norimah (70) warga asal Desa Dompas Kecamatan Bukit Batu tewas dalam kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) yang terjadi di simpang Roro Air Putih Bengkalis, Rabu lalu (14/10/2015) sekitar pukul 09.45 wib

  • Rusdariyanto dan H Arwin AS SH Ajak Masyarakat Menangkan Syamsuar-Alfedri

    SIAK (RRN) - Ketua Tim Kampanye Paslon (pasangan calon) nomor urut 1 Syamsuar-Alfedri, Rusdariyanto, tim kampanye pemenangan Syamsuar Alfedri mengajak masyarakat Kecamatan Dayun tetap mendukung dan memenangkan pasangan ini untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Siak dan terus menjalankan program yang telah dibuat dan telah di programkan .

  • Belum Ada Pemilik Gudang Berstatus Tersangka

    Belum Ada Pemilik Gudang Berstatus Tersangka

    DUMAI (RRN) - Polres Dumai menyebutkan belum ada pengusaha atau pemilik gudang di Dumai yang ditetapkan sebagai tersangka, berkaitan dengan penangkapan jaringan peredaran narkoba jenis sabu-sabu seberat 270 Kg di Medan oleh Jajaran Badan Narkotika Nasional (BNN).

  • Nelayan tak Berani Melaut

    Nelayan tak Berani Melaut

    DUMAI (RRN) - Pantauan di perairan Dumai, Selasa (20/10) kondisi kabut tebal menyelimuti perairan pesisir membuat para nelayan berhenti menangkap ikan.

  • Daerah Terpencil Didorong Ikut UN Berbasis Komputer

    Daerah Terpencil Didorong Ikut UN Berbasis Komputer

    JAKARTA (RRN) - Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mendorong provinsi untuk memperhatikan daerah pinggiran dalam pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer, computer based test.

  • Sambut Hari Santri, Mahasiswa Kenakan Sarung

    Sambut Hari Santri, Mahasiswa Kenakan Sarung

    MALANG (RRN) - Sebagian mahasiswa pada sejumlah kampus di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, menjalani perkuliahan dengan memakai sarung sebagai bagian dari peringatan Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu.

  • Indonesia Pionir Ujian Berbasis Komputer

    Indonesia Pionir Ujian Berbasis Komputer

    JAKARTA (RRN) - Mulai tahun ini, pemerintah menggunakan sistem ujian berbasis komputer atau computer based test (CBT) pada ujian nasional. Sistem ujian CBT yang dipakai di Indonesia ini termasuk yang pertama di antara berbagai negara di dunia.

  • Mendikbud Minta Sekolah Libur Saat Kabut Asap

    Mendikbud Minta Sekolah Libur Saat Kabut Asap

    JAKARTA (RRN) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengimbau agar sekolah-sekolah meliburkan diri jika kabut asap dianggap sudah membahayakan.

  • Bertemu di Pengadilan Tipikor, Kaligis Peluk Gatot dan Cipika-Cipiki

    JAKARTA (RRN) – Terdakwa kasus suap tiga hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha (PTUN) Medan Otto Cornelis Kaligis bertemu dengan mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan istri mudanya Evy Susanti di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (22/10/2015).

  • Anak Imam Samudera Tewas dalam Pertempuran di Suriah

    Anak Imam Samudera Tewas dalam Pertempuran di Suriah

    RADAR INTERNASIONAL - Direktur Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) Sidney Jones kepada VOA memastikan bahwa Umar Jundulhaq (19), putra pelaku bom bunuh diri di Bali, Imam Samudera, tewas dalam sebuah pertempuran di kota Deir ez-Zur, Suriah, pada 14 Oktober lalu.

  • Cing Bing : Budaya Tradisional Hormati Arwah Leluhur

    Cing Bing : Budaya Tradisional Hormati Arwah Leluhur

    RADAR TIONGHOA - Konon, hari raya Cing Bing atau Qing Ming (???, baca: ching ming = cerah dan cemerlang) pada awalnya adalah ritual “pembersihan makam” oleh para kaisar, raja dan petinggi negara lainnya pada zaman dahulu kala, kemudian ditiru oleh rakyat kebanyakan dengan memberi persembahan kepada leluhur dan membersihkan/merawat makam pada hari yang sama, diteruskan turun temurun sehingga menjadi semacam adat istiadat yang baku bagi suku bangsa Tionghoa.

  • Asal Mula Perayaan Tahun Baru Imlek

    Asal Mula Perayaan Tahun Baru Imlek

    RADAR TIONGHOA - Ada sebuah legenda kuno yang mengisahkan asal usul tradisi perayaan Imlek di Tiongkok, begini ceritanya :

  • Jokowi-JK Masih Diuji

    Jokowi-JK Masih Diuji

    RADAR OPINI - Di negeri kita gosip politik sering identik dengan kebenaran politik. Gosip, yang diremehkan orang karena hanya ”sekadar gosip”, ternyata serius.

  • Meja Pecah Saat Pesta, Mantan PM Australia Bayar Ganti Rugi

    CANBERRA (RRN) - Mantan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, akan membayar uang pengganti untuk meja marmer yang pecah saat pesta perpisahannya.

  • Bus Meledak di Pakistan, 11 Tewas Termasuk Anak-anak

    Bus Meledak di Pakistan, 11 Tewas Termasuk Anak-anak

    PAKISTAN (RRN) - Ledakan bom di sebuah bus penuh penumpang di Balochistan, sebelah barat kota Quetta, Pakistan, menewaskan 11 korban jiwa, Selasa (20/10/2015).

  • Siswa SMA di AS Berhasil Bobol Email Direktur CIA

    Siswa SMA di AS Berhasil Bobol Email Direktur CIA

    WASHINGTON (RRN) - Seorang remaja SMA di Amerika Serikat mengaku telah membobol email direktur badan intelijen CIA, John Brennan dan Menteri Pertahanan Dalam Negeri Jeh Johnson. Saat ini klaim itu tengah diselidiki oleh FBI dan Secret Service.

  • Pasca Debat, Popularitas Hillary Clinton Naik 10 Persen

    JAKARTA (RRN) - Dukungan untuk mantan menteri luar negeri Amerika Serikat yang kini maju sebagai kandidat presiden, Hillary Clinton, naik secara signifikan sejak awal bulan, yang lalu diperkuat setelah penampilannya dalam debat Partai Demokrat.

  • Ratusan Sepatu Tahanan Nazi Ditemukan di Hutan Polandia

    JAKARTA (RRN) - Ratusan pasang sepatu dan pakaian yang diduga milik warga Yahudi yang ditahan di kamp Nazi pada Perang Dunia II ditemukan di sebuah hutan Polandia.

  • Xi Jinping Berkunjung ke Inggris, Isu HAM Tetap Jadi Sorotan

    JAKARTA (RRN) - Presiden China Xi Jinping memulai kunjungan kenegaraan selama empat hari ke Inggris pada Selasa (20/10) untuk membangun hubungan bisnis yang lebih dekat.

  • Peneliti Desak Selidiki Citra Sonar yang Diduga MH370

    Peneliti Desak Selidiki Citra Sonar yang Diduga MH370

    JAKARTA (RRN) - Citra sonar berbentuk mirip puing pesawat ditemukan di Samudera Hindia bulan ini oleh Biro Keamanan dan Transportasi Australia, ATSB. Ahli pencarian bawah laut mendesak tim penyidik memeriksa citra tersebut, karena bisa jadi itu adalah MH370.

  • Setelah 1 Tahun Meresahkan Warga Tembilahan, Jambret di 14 TKP Ini Dibekuk Polisi

    TEMBILAHAN (RRN) - Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hilir (Inhil), Riau berhasil membekuk A (22), yang sudah selama satu tahun ini meresahkan warga Tembilahan khususnya para wanita, karena tindakan penjambretan yang dilakukannya.

  • Pilkada Kuansing, Warga eks Transmigran Yaman dengan Kepemimpinan MH.

    TELUK KUANTAN (RRN) -Tekad seluruh masyarakat Kuansing yang berada di kawasan ekstran untuk memenangkan pasangan calon bupati dan Wakil Bupati Kuansing, Mursini-Halim (MH) memang tergolong luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari antusiasnya warga ekstran untuk berpartisipasi dan berbondong-bondongnya warga hadir disaat pasangan calon nomor urut 2 itu melakukan kampanye terbatas diwilayah ekstrans.

  • KPU Siak Habiskan Rp640 Juta untuk APK dan Bahan Kampanye

    SIAK (RRN) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Siak, menghabiskan dana untuk alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye sekitar senilai Rp640 juta. Saat ini, untuk APK telah dilaksanakan pihak rekanan yang menang dalam lelang di ULP Siak. Dan telah disebar dititik-titik lokasi yang telah disepakati dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Siak.

  • Rampok Mandor PT AMR, Rp15 Juta Gaji Karyawan Dibawa Kabur

    PASIRPANGARAIAN (RRN) - Mandor kebun PT Agro Mitra Rokan, Idris (39), kena rampok di Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan, Rokan Hulu (Rohul). Uang tunai Rp 15.607.320 untuk gaji karyawan dan sepeda motor korban dibawa kabur perampok.

  • Belum Siap, Pembacaan Tuntutan A Mius Ditunda

    Belum Siap, Pembacaan Tuntutan A Mius Ditunda

    PEKANBARU (RRN) - Pembacaan amar tuntutan hukuman terhadap terdakwa korupsi dana pengamanan Pilkada Kabupaten Kampar, yang dijadwalkan pada Selasa (20/10/15) ini, gagal dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan amar tuntutan dari jaksa penuntut belum siap.

  • 8 Bulan Pasca Putusan, MA Tak Kunjung Kirim Salinan Vonis Kasasi Thamsir Rachman

    JAKARTA (RRN) - Mahkamah Agung (MA) hingga saat ini belum juga mengirimkan salinan putusan kasasi terdakwa Thamsir Rachman pasca diputus pada 10 Februari 2015 kemarin. Dimana mantan Bupati Inhu tersebut merupakan terdakwa kasus korupsi APBD Kabupaten Inhu senilai Rp114 miliar, dengan hukuman delapan tahun penjara.

  • Oknum Anggota Polresta Pekanbaru Bogem Hidung Istri

    Oknum Anggota Polresta Pekanbaru Bogem Hidung Istri

    PEKANBARU (RRN) - Dipicu karena masalah yang sangat sepele, JS (33) oknum polisi di Kota Bertuah tega menganiaya Fi (30), istrinya sendiri yang juga merupakan anggota polwan. Sang suami JS bahkan meninju hidung istrinya sampai luka memar dan berdarah-darah hanya gara-gara kesal sang istri menanyakan kepergiannya jika pulang ke rumah larut malam.

  • Kasus Polisi Tembak Mati Istri, Kapolda Riau: Tak Mudah Dapat Izin Pegang Senjata Api

    PEKANBARU (RRN) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Brigjen Dolly Bambang Hermawan menegaskan, jajarannya masih mendalami terkait peristiwa penembakan yang dilakukan Bripka SM, terharap istrinya Risma, kemarin siang. Jika terbukti, maka sanksi berat dan hukuman penjara dipastikan menunggu sang oknum tersebut.

  • Mendikbud: Sanksi Tegas Sekolah yang Terjadi Kekerasan

    JAKARTA (RRN) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan akan memberikan sanksi tegas bagi Kepala Sekolah dan guru yang tidak mendeteksi secara dini potensi kekerasan di lingkungannya.

  • Daftar Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dengan Beasiswa Penuh

    JAKARTA (RRN) - Sejumlah Perguruan Tinggi (PT) Ikatan Dinas akan memberikan beasiswa penuh bagi para lulusan SMA/sederajat yang mampu lolos seleksi di PT-PT itu. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pun menkonfirmasi kebenaran beasiswa penuh dari 26 PT kedinasan itu.

  • UB Siapkan Rp 30 Miliar untuk Dana Riset

    UB Siapkan Rp 30 Miliar untuk Dana Riset

    MALANG (RRN) - Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur menyiapkan dana riset Rp 30 miliar untuk menghasilkan penelitian yang bisa diaplikasikan di masyarakat. Bantuan dana untuk riset ini memang tidak serta merta bisa digunakan begitu saja tetapi harus ada imbal baliknya. Dengan dana riset sebesar itu, peneliti harus bisa mandiri dengan cara mampu menghasilkan penelitian yang bisa dijual, sehingga kampus pun juga diuntungkan.

  • PGRI Keberatan Hasil UKG Dipublikasikan

    PGRI Keberatan Hasil UKG Dipublikasikan

    JAKARTA (RRN) - Ketua Umum PB PGRI Sulistiyo menyarankan agar Ujian Kompetensi Guru (UKG) tidak dipublikasikan. Hasil UKG sebaiknya hanya disampaikan kepada pihak yang berkepentingan seperti kepala sekolah.

  • Tangyuan, Bola Nasi dalam Sup

    Tangyuan, Bola Nasi dalam Sup

    RADAR TIONGHOA - Makanan 'bola nasi di dalam sup' khas Tiongkok itu disebut 'tangyuan', 'tangtuan' atau 'yuanxiao' dalam ejaan pinyin Mandarin. Nama yang terakhir berhubungan dengan festival 'Lampion' (Yuanxiao) Tiongkok saat dimana ia dimakan. Hidangan yang terdiri dari bola-bola nasi yang lengket, diisi dengan suatu campuran bahan seperti buah-buahan yang diawetkan, lemak babi dan gula batu itu dinikmati oleh semua orang, karena rasanya yang manis dan lembut. Karena nasi itu mengandung kanji yang menyebabkan lengket dan rasa yang sempurna, orang tidak bisa memakannya dalam jumlah banyak.

  • Festival Pertengahan Musim Gugur

    Festival Pertengahan Musim Gugur

    RADAR TIONGHOA - Festival kue bulan adalah tradisi masyarakat Tionghua yang dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 imlek. Festival ini juga dikenal sebagai festival pertengahan musim gugur. Pada hari ini masyarakat Tionghua merayakan festival ini dengan tari – tarian dan doa sambil menikmati keindahan sang bulan. Tentunya sambil menyantap kue bulan.

  • Memasak bubur La Ba harus menggunakan minimal 5 macam padi-padian

    RADAR TIONGHOA - Pada malam La Ba (21 Januari) pukul 7, orang-orang sudah lantas menyibukkan diri dan beraktivitas sebagai berikut: mencuci beras, merendam buah, mengupas kulit, mengeluarkan biji, pemilahan, kemudian pada tengah malam mulai dimasak, baru menggunakan api kecil untuk direndam sampai keesokan paginya, di pagi buta tersebut bubur La Ba masak sudah.

  • Setahun Nawacita

    Setahun Nawacita

    RADAR OPINI - Sembilan program prioritas atau Nawacita seharusnya menjadi penunjuk arah pembangunan nasional di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla.

  • Bela Negara Tidak Sesuai UU Pertahanan Negara

    Bela Negara Tidak Sesuai UU Pertahanan Negara

    RADAR OPINI - Ketika Presiden dan tim ekonominya sedang berjuang untuk menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar secara tiba-tiba Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengumumkan kebijakannya untuk membentuk 100 juta kader bela negara dalam tempo sepuluh tahun.

  • Kebinekaan yang Terkoyak

    Kebinekaan yang Terkoyak

    RADAR OPINI - Citra sebagai bangsa yang toleran, saling menghormati, dan beradab kian jauh dari negeri ini. Salah satu indikatornya, kasus radikalisme bernuansa agama terus terjadi.

  • Donald Trump: Jika Saya Presiden, Tragedi 9/11 Tak Akan Terjadi

    WASHOINGTON (RRN) - Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump terlibat perdebatan sengit dengan bakal calon lainnya Jeb Bush soal tragedi serangan teroris 11 September 2001 atau biasa dikenal dengan istilah 9/11. Trump mengklaim jika dirinya yang menjadi Presiden AS saat itu, tragedi 9/11 tidak akan pernah terjadi.

  • Penumpang Pesawat Tiba-tiba Mengamuk Lalu Pingsan dan Meninggal

    DUBLIN (RRN) - Seorang penumpang tiba-tiba mengamuk di pesawat yang tengah mengudara menuju Dublin, Irlandia. Dia menggigit seorang pria lalu tak sadarkan diri dan akhirnya meninggal dunia.

  • Dikira Pelaku Serangan di Israel, Imigran Afrika Tewas Ditembak

    YERUSALEM (RRN) - Seorang imigran asal Eritrea, Afrika menjadi korban salah tembak oleh tentara Israel. Warga Eritrea yang bekerja sebagai buruh tani ini dihakimi massa dan ditembak mati tentara Israel karena dikira pelaku penyerangan di terminal bus setempat.

  • Wanita Inggris Ditemukan Tewas di Toilet Bandara Turki

    ISTAMBUL (RRN) - Kantor Luar Negeri Inggris mengkonfirmasi bahwa seorang warganya telah ditemukan tewas di Istanbul, Turki. Wanita berumur 50 tahun itu ditemukan tergantung di toilet Bandara Ataturk.

  • Korban Tewas Topan Koppu di Filipina Jadi 16 Orang

    Korban Tewas Topan Koppu di Filipina Jadi 16 Orang

    MANILA (RRN) - Korban tewas akibat terjangan topan Koppu di Filipina bertambah menjadi 16 orang. Salah satu topan terkuat yang pernah melanda Filipina ini memaksa 60 ribu orang lainnya mengungs