Tim Rio Haryanto Hati-hati Siapkan Taktik

Administrator - Sabtu,02 April 2016 - 11:58:54 wib
Tim Rio Haryanto Hati-hati Siapkan Taktik
Rio Haryanto akan menjalani balapan kedua musim ini di GP Bahrain. REUTERS/Brandon Malone
Jakarta (RRN) - Bos Manor Racing, Dave Ryan, mengatakan bahwa pihaknya harus sangat berhati-hati memilih strategi dalam menghadapi GP Bahrain akhir pekan ini mengingat cuaca gurun yang tidak menentu. 
 
Akhir pekan ini, tim yang dibela Rio Haryanto tersebut akan berburu poin pertama di Formula 1 musim 2016. Di balapan pertama di GP Australia, mereka tidak mendapatkan satu poin pun setelah Rio tak menyelesaikan balapan karena driveline rusak dan Pascal Wehrlein finis di posisi 16. 
 
Menurut Ryan, Manor harus mempertimbangkan cuaca gurun di Sirkuit Internasional Bahrain. 
 
"Balapan ini selalu menghadirkan sedikit kejutan, ya? Terutama jika Anda mempertimbangkan cuaca yang kami hadapi di sini selama beberapa hari terakhir," kata Ryan seperti dikutip dari situs resmi Manor. 
 
"Hujan hanya sedikit mempengaruhi, karena akan cepat menguap, tapi angin akan menjadi pengganggu bagi para pebalap."
 
Sirkuit Internasional Bahrain memang dikelilingi gurun pasir dan berlokasi 30 kilo meter ke arah selatan Manama, ibu kota negara Timur Tengah tersebut. Tak ayal sirkuit terlihat seperti oase di tengah luasnya gurun pasir. 
 
Selain itu GP Bahrain juga sering terpengaruh angin gurun yang tak bisa diprediksi. Misalnya balapan musim lalu, ketika terjadi badai di awal pekan balapan yang menyebabkan paddock tertutupi butiran pasi
 
Ryan juga menegaskan bahwa kondisi trek bisa sangat berbeda-beda, baik ketika sesi latihan sore maupun saat kualifikasi dan balapan. 
 
"Jadi ada banyak yang harus dipertimbangkan para mekanik dan pebalap untuk mengambil keputusan strategi yang tepat," ucapnya menegaskan. 
 
Rio Haryanto sendiri menyambut balapan itu dengan antusias. 
 
"Balapan malam pertama akan sangat spesial. Secara umum, saya pikir akhir pekan di sini akan lebih lancar dan saya sudah mendapatkan sejumlah pengalaman di sejumlah area. Yang terpenting, saya tidak sabar melihat bendera finis," ucap Rio.
 
Pebalap 23 tahun itu sendiri akrab dengan Sirkuit Bahrain karena juga digunakan di balapan GP2, ajang yang diikuti Rio selama empat musim.
 
Tahun lalu, Rio juga naik podium pertama GP Bahrain ketika mengikuti Sprint Race.
 
cnn