Modifikasi Motor

Yamaha Scorpio 2006, Si Orange Tunggangan Bang Toyib

Administrator - Senin,26 Oktober 2015 - 14:41:33 wib
Yamaha Scorpio 2006, Si Orange Tunggangan Bang Toyib
Bang Toyib dengan Scorpio orange kesayangannya. MTVN/ A. Harry Budiawan

SURABAYA (RRN) - Yamaha Scorpio keluaran terakhir masih dijual namun peminatnya sudah jauh berkurang. Justru unit bekasnya banyak yang mencari, apalagi kalau bukan untuk bahan modifikasi.

Contohnya ya Si Orange milik Muhammad Toyib ini, yang menurutnya dimodifikasi bergaya jap's style dan flat tracker. "Dasarnya memang hobi, dan saya juga punya Scorpio yang berubah menjadi cafe racer," kata pria akbran disapa bang Toyib ini.

Uniknya Toyib tetap menggunakan tunggangannya ini sebagai transpotasi untuk harian sekaligus menemani hobinya touring. Motor ini dikerjakan sendiri olehnya dengan memakan waktu dua bulan.

Melihat bentuk tunggangannya, sebenarnya bisa dibilang mencomot komponen dari motor lain. Seperti tangki dari Yamaha Twin YL1 tahun 1970an, kemudian batok lampu Harley-Davidson Street 750 dan suspensi depan pakai Yamaha Byson.

Bagian sasis pun harus rela dipotong pada bagian belakang agar mendapatkan kesan lebih pendek dan ketambahan mounting suspensi belakang. Lengan ayun pun diracik sendiri menggunakan pipa bulat biasa.

Urusan jantung pacu, Toyib tidak banyak menyentuhnya. Hanya ketambahan pendingin oli saja untuk menjaga suhu dan performa mesin tetap maksimal, serta knalpot custom ala motor scrambler.

"Perkara biaya modifikasinya kira-kira habis sekitar Rp8,5 juta," beber Toyib yang bergabung dengan Perkumpulan Montor Udhug Indonesia Surabaya (Pemudi's).

Lebaran tahun depan jangan lupa pulang ya bang.

Data Modifikasi
Ban: Michelin
Pelek: Champ
Suspensi belakang: Ride It
Suspensi depan: Yamaha Byson
Tangki: Yamaha YL1
Knalpot: Custom
Handgrip: Aftermarket
Batok lampu: Harley-Davidson Street 750

(mtvn)