Jembatan Golden Gate Akan Pasang Jaring Anti-Bunuh Diri

Administrator - Senin,19 Oktober 2015 - 13:13:14 wib
Jembatan Golden Gate Akan Pasang Jaring Anti-Bunuh Diri
analisadaily.com

SAN FRANSISCO (RRN) - Jembatan Golden Gate di San Francisco di Amerika Serikat akan memasang jaring anti-bunuh diri. Jembatan sepanjang hampir 3 km itu memang telah lama jadi lokasi favorit untuk mengakhiri hidup.
 
CBS awal pekan ini memberitakan, pemerintah kota San Fransisco kini tengah membuka tender bagi pembuatan jaring anti-bunuh diri di jembatan setinggi 227 meter itu. Pemenang tender akan ditetapkan pada musim semi 2016 setelah mendapat persetujuan dari Caltrans

Alat anti-bunuh diri itu berupa jaring baja tahan lama yang diletakkan sekitar 6 meter di bawah jembatan, atau setinggi bangunan dua lantai.

Proyek ini akan rencananya akan dimulai pada akhir 2017 dan berlangsung selama empat tahun. Perkiraan biaya yang akan dikeluarkan mencapai US$76 juta atau sekitar Rp1 triliun.

Jembatan Golden Gate memang terkenal jadi lokasi bunuh diri. Menurut data pemerintah San fransisco, 46 orang bunuh diri melompat dari jembatan itu pada 2013, tahun dengan rekor kematian terbanyak.

Menurut buku The Final Leap oleh John Bateson, sekitar 1.700 orang bunuh diri dari Golden Gate sejak jembatan ikon AS itu dibuka tahun 1937.

Memasang jaring pengaman disebut sebagai salah satu cara paling efektif dalam mencegah bunuh diri dari jembatan, tebing atau melompat ke rel kereta.

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Melbourne dan dipublikasi di jurnal Lancet Psychiatry bulan lalu, cara ini ampuh mencegah bunuh diri hingga 90 persen.

Selain jaring pengaman, pencegahan lainnya adalah papan larangan melompat atau jalur konsultasi telepon untuk mencegah bunuh diri.

Data WHO yang dikutip Reuters menunjukkan bunuh diri adalah penyebab kematian nomor dua bagi orang berusia 15-29 tahun. Setiap tahunnya di seluruh dunia, sekitar 800 ribu orang bunuh diri.

Selain Golden Gate, lokasi bunuh diri yang terkenal adalah Menara Eiffel di Paris, rel kereta bawah tanah di London, dan jembatan Prince Edward di Toronto. (den/fn)