Industri Otomotif

ASEAN NCAP Siapkan Penilaian Tunggal Pada 2017

Administrator - Sabtu,17 Oktober 2015 - 12:12:06 wib
ASEAN NCAP Siapkan Penilaian Tunggal Pada 2017
ASEAN NCAP akan terapkan penilaian tunggal pada kendaraan yang mereka uji pada 2017. Paultan./FOTO: metrotvnews

RARAD OTOMOTIF - New Car Assessment Program Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) merupakan sebuah lembaga pengujian mobil yang dijual di kawasan ASEAN. kabarnya mereka bakal melakukan penilaian tunggal pada mobil yang telah mereka uji.

Regulasi ini kabarnya mulai berlaku pada 2017. Nantinya semua mobil yang bakal dipasarkan di Asia Tenggara bakal menggunakan regulasi ini.

Pemberian penilaian tunggal ini untuk menekan manipulasi ataupun penilaian ganda dari pada produsen mobil. Regulasi terbaru ini juga bertujuan untuk menghilangkan kerancuan di kalangan konsumen.

"Kami menemukan bahwa sistem peringkat ganda telah dimanipulasi oleh beberapa produsen dalam iklan mobil mereka. Misalnya, model mobil yang menerima peringkat keamanan bintang tiga tapi dipasarkan dengan peringkat bintang lima, yang benar-benar diberikan kepada varian yang berbeda dari model yang sama," ujar Khairil Anwar Abu Kassim, Seketaris Jenderal ASEAN NCAP, seperti dikutip dari Paultan.

ASEAN NCAP sendiri sering melakukan pengujian varian yang berbeda dari model yang sama, terkadang diambil dari beberapa negara berbeda. Seperti contoh, Kia Picanto yang di Malaysia menggunakan enam airbag mendapatkan peringkat empat bintang. Sedangkan Picanto asal Thailand yang tidak menggunakan airbag tidak mendapatkan bintang dari hasil uji tabrak.

Kemudian nantinya lembaga uji tabrak kendaraan ini bakal menerapkan penggabungan nilai perlindungan penumpang dewasa dan perlindungan penumpang anak pada 2017. Sebelumnya kedua penilai tersebut masih dipisah, begitu juga dengan peringkat bintang yang diberikan.
(mtvn)