Pasti Ditangkap Bila Langgar Kamtibmas,

Polresta Pekanbaru Janji Kawal Keberadaan Imigran Gelap

Administrator - Kamis,01 Oktober 2015 - 13:56:06 wib
Polresta Pekanbaru Janji Kawal Keberadaan Imigran Gelap

Para imigran gelap di Pekanbaru harus menjaga sikapnya selama berada di sini. Bila membuat keributan atau melanggar kamtibmas, pasti ditangkap.

PEKANBARU (RRN) - Keberadaan para imigran gelap yang dikhawatirkan meresahkan masyarakat Pekanbaru karena kerap berkeliaran bebas tanpa terkontrol akhirnya mendapat perhatian serius dari kepolisian. Bahkan pihak Polresta Pekanbaru juga berjanji akan membantu mengawal keberadaan para warga negara asing yang kini tertampung di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) tersebut.

Hal itu ditegaskan oleh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Aries Syarief Hidayat usai mengikuti Sosialisasi Penanganan Imigran di Pekanbaru, Rabu (30/09/15). Orang nomor satu di Mapolresta Pekanbaru ini juga mengaku tak segan-segan menindak tegas para imigran bila terbukti melanggar keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), terutama jika melakukan perbuatan tindak pidana.

"Semua kita bahas dalam sosialisasi tersebut, seperti upaya pencegahan terhadap pelanggaran mereka (imigran), larangan bekerja di sini (Pekanbaru), komitmen dan aturan untuk mereka hingga jadwal aktifitas mereka terutama saat malam hari. Dalam hal ini kita (polisi) sifatnya mengawal dan mengamankan keberadaan mereka. Artinya, jika mereka mengganggu kamtibmas atau bahkan melakukan kejahatan pasti kita tangkap dan mereka tetap dikenakan sanksi hukum di Indonesia," kata Aries.

Menurut Aries, keberadaan para imigran yang sering keluyuran ke tempat-tempat hiburan malam juga menjadi atensi serius pihaknya. Bila ditemukan adanya laporan mengenai hal itu, maka polisi akan bekerjasama dengan Imigrasi Pekanbaru untuk menggelar razia.

"Sosialisasi ini nantinya tak hanya dilakukan di kepolisian. Kita juga perlu dukungan dari pihak-pihak lain, terutama imigrasi dan pemerintah setempat," tuturnya.

Disinggung mengenai dampak yang ditimbulkan sejak keberadaan imigran gelap sering berkeliaran bebas di Kota Bertuah, Aries mengatakan dampaknya belum terlalu krusial. Dari sisi kamtibmas sendiri, Pekanbaru masih terbilang kondusif. Meski begitu ia tak lupa pula menghimbau dan meminta masyarakat untuk melapor bila melihat keberadaan atau perbuatan imigran gelap yang mengganggu dan meresahkan

"Jangan sampai terjadi hal yang tak diinginkan dan merugikan masyarakat. Itulah yang mesti kita cegah bersama. Menjaga kondusifitas itu harus menjadi tanggungjawab kita bersama," tutupnya. (gas/fn)