Dampak Asap, 6.377 Warga Terserang ISPA

Administrator - Jumat,11 September 2015 - 12:41:31 wib
Dampak Asap, 6.377 Warga Terserang ISPA
Kepala Diskes Dr HM Junaidi Saleh Mkes

BAGANSIAPIAPI (RRN) - Kabut asap semakin berkurang di Rokan Hilir (Rohil) karena turunnya hujan dalam dua hari belakangan. Terutama, durasi turunnya hujan berlangsung cukup lama, bahkan pada siang dan sore kemarin hujan gerimis terus menguyur. Meskipun begitu dampak dari kabut asap telah dirasakan oleh masyarakat luas, berdasarkan data yang dilansir Dinas Kesehatan Rohil yang diperoleh dari seluruh puskesmas yang ada, diketahui jumlah warga yang mengeluhkan gangguan ISPA mencapai 6.377 orang.


“Laporan tersebut didapat dari 17 puskemas di Rohil yang masuk ke Dinas Kesehatan setiap harinya terjadi peningkatan penderita ISPA. Kebanyakan penderita ISPA berasal dari kalangan anak-anak yang berumur 5 tahun ke atas,’’ jelas Kepala Diskes Dr HM Junaidi Saleh Mkes.


‘’Selain ISPA, masyarakat juga banyak yang mengalami penyakit pneumonia berat yakni sekitar 34 orang, bukan pneumonia sebanyak 5 orang, dan yang menderita batuk-batuk sebanyak 2.649 orang,” kata Dr HM Junaidi Saleh Mkes.


Juli 2015 ditemukan warga yang terserang penyakit ISPA sebanyak 2.931 orang, pada Agustus terjadi kenaikan dengan jumlah penderita ISPA sebanyak 3.446 orang. Untuk penderita pneumonia berat pada Juli tercatat sebanyak 20 orang dan Agustus sebanyak 14 orang. Sedangkan yang menderita penyakit bukan pneumonia pada Juli sebanyak 3 orang dan Agustus 2 orang. Sementara warga yang menderita batuk-batuk pada bulan juli ditemukan sebanyak 1.182 orang dan Agustus sebanyak 1.467 orang.


Beruntunglah kondisi kabut asap yang ada mulai membaik, apalagi diguyur hujan dan kabut asap sudah tidak ada kelihatan. “ISPA yang diderita oleh masyakat sejauh ini masih bisa teratasi dengan baik. Dari 18 kecamatan di Rohil yang paling banyak ditemukan warga yang menderita penyakit ISPA baik pneumonia, non pneumonia dan batuk-batuk terdapat di Kecamatan Bangko, Pujud, dan Tanah Putih Sedinginan,” ujar Junaidi menambahkan.


Dia menambahkan agar warga bisa waspada dan menjaga kesehatan diri berkaitan dengan kemungkinan masih timbulnya kabut asap di Rohil. (teu/rpg)