Pedagang Positif Corona, Pasar Bogor Tutup Satu Lantai

Administrator - Rabu,13 Mei 2020 - 10:57:49 wib
Pedagang Positif Corona, Pasar Bogor Tutup Satu Lantai
Imbas 1 Pedagang Positif Corona,Pasar Bogor Ditutup sementara. Pic:liputan6.com

RADARRIAUNET.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menutup sementara lantai 1 Pasar Atas Kota Bogor hingga 3 hari ke depan, setelah ditemukan seorang pedagang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di pasar tersebut.

"Kita tutup lantai 1 selama 3 hari untuk penyemprotan disinfektan," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim sebagaimana di lansir CNNIndonesia.com.Rabu 13 Mei 2020.

Dedie menyebutkan Pasar Atas Kota Bogor tetap membuka akses penuh untuk dua lantai lain yang menjual kebutuhan pangan. Mekanisme pengamanannya, Dedie menyatakan akan memperketat pengawasan dan mensterilkan lantai 1 terlebih dahulu.

"Yang pasti PD Pasar Jaya sudah menutup,kita lakukan penyemprotan disinfektan," ujarnya.

Ia menjelaskan satu pedagang positif Covid-19 tersebut diketahui berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) di Pasar Atas Kota Bogor pada Senin,11 Mei 2020 lalu.

Dari 502 orang yang mengikuti rapid test,ditemukan 3 orang yang reaktif atau terindikasi positif Covid-19.

"Dari 3 ini langsung dilanjutkan swab test dan 1 diantaranya dinyatakan positif berprofesi sebagai pedagang,warga Kabupaten Bogor,"ucap dia.

Selain dilakukan penutupan dan penyemprotan disinfektan, pihaknya juga melakukan penelusuran orang-orang yang berkontak dengan pedagang tersebut.

Dihubungi terpisah,Kepala Dinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno penelusuran kontak awal di area pasar telah ditindaklanjuti dengan tes PCR swab.

"Kemarin siang kita swab 16 orang,terdiri dari karyawannya, istrinya,tetangga penjualnya,dia kios pakaian ya di lantai 1," kata Sri.

Selain itu,Sri Nowo mengaku telah berkoordinasi dengan Kabupaten Bogor dalam menangani kasus ini,mengingat pedagang itu bukan warga asli Kota Bogor.

Dikutip dari laman pemantauan Covid-19 milik Pemkot Bogor, hingga Selasa,12 Mei 2020 malam,kasus positif Covid-19 di Kota Bogor tercatat 98 orang.

Dari jumlah tersebut,21 orang dinyatakan sembuh dan 14 orang lainnya meninggal.

Pemkot Bogor telah mengajukan perpanjangan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 26 Mei mendatang.PSBB ini merupakan tahap ketiga yang dilakukan di Kota Bogor.

Sebelumnya, Kota Bogor bersama empat daerah penyangga DKI Jakarta lain di Jawa Barat memberlakukan PSBB tahap pertama sejak 15 April lalu. Kemudian PSBB tersebut diperpanjang hingga Selasa,12 Mei 2020.

RRN