Dosen UIR Latih Guru Menyusun Rubrik Penilaian di Kampar

Administrator - Kamis,19 Maret 2020 - 18:30:01 wib
Dosen UIR Latih Guru Menyusun Rubrik Penilaian di Kampar
Dosen Universitas Islam Riau Desi Sukenti, S.Pd., M.Ed tengah memberikan materi

RADARRIAUNET.COM: Kemampuan menyusun rubrik penilaian memerlukan keterampilan guna menghasilkan pembelajaran tepat sasaran. Hal itu yang melatarbelakangi dosen Universitas Islam Riau melakukan pengabdian masyarakat tingkat guru di Kabupaten Kampar tepatnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Siak Hulu Kampar.


"Kegiatan ini penting dilakukan sebagai bentuk kegiatan edukasi dalam mengasah kemampuan atau kompetensi guru dalam menyusun rubrik penilaian pembelajaran di sekolah," kata Desi Sukenti, S.Pd., M.Ed kepada radarriaunet.com Kamis (19/3/2020).

Pelatihan ini sebut Desi, bertujuan memperkuat kompetensi penilaian pembelajaran."Penilaian ini merupakan pengintegrasian yang melibatkan penilaian kognitif, sikap dan keterampilam sesuai dengan kurikulum 2013," paparnya.


Menurut magister lulusan Malaysia itu, pelatihan menggunakan pendekatan sesuai yang digunakan di sekolah yakni c4 (collaboration, critis thinking, communication, and creativity).
"Penerapannya berupa diskusi dan praktik menyusun rubrik penilaian baik berbentuk penilaian tes tertulis maupun penilaian kinerja," jelas Desi.

Desi memaparkan, siswa dan guru merupakan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga penyelanggaran pembelajaran harus berdasarkan evaluasi.
"Ini bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan. Dengan melakukan evaluasi guru dapat mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan pembelajaran telah dicapai oleh siswa. Maka proses pembelajaran pada dasarnya haruslah memfokuskan bagaimana guru dapat mengetahui evektivitas hasil pengajaran yang telah dilakukannya," jelas Dosen Program Studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia itu.


Hasil kegiatan tersebut kata Desi, berupa karya ilmiah yang dapat menjadi referensi bagi para peneliti untuk berbagai hasil penelitiannya kepada orang lain. "Sehingga hasil penelitian kita dapat dijadikan rujukan yang tentunya harus memiliki wawasan yang luas," terangnya.

Berdasarkan tahapan yang telah dilakukan sebut Desi, maka hasil kegiatan yang diperoleh diharapkan mampu memberikan pemahaman-pemahaman kepada guru-guru bahasa Indonesia untuk menyusun rubrik penilaian baik berbentuk penilaian kinerja maupun penilaian tes tertulis. Kegiatan ini menghasilkan persepsi yang sama tentang penilaian sesuai buku pedoman pusat penilaian pendidikan.
"Tujuannya untuk mempraktikkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang sudah dipelajari ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diingankan meliputi beberapa aspek seperti pengetahuan, praktik dan aplikasi pengetahuan, kecakapan dalam berbagai jenis keterampilan komunikasi, visual, karya seni, produk atau hasil karya serta sikap yang berkaitan dengan perasaan, nilai, minat dan motivasi," pungkasnya.


Guru yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut berjumlah 23 guru berlangsung di SMP Negeri 4 Siak Hulu, Kabupaten Kampar pada tanggal 22 Februari 2020 pukul 08.00-17.00 WIB. (Abd)