Jokowi: 4 WNI Positif Corona Dipantau KBRI di Jepang

Administrator - Jumat,21 Februari 2020 - 11:32:05 wib
Jokowi: 4 WNI Positif Corona Dipantau KBRI di Jepang
Presiden Joko Widodo

RADARRIAUNET.COM: Presiden Joko Widodo menyatakan empat WNI positif virus corona di kapal pesiar Diamond Princess telah dibawa ke rumah sakit di Jepang untuk menjalani perawatan. Jokowi juga memastikan pihak KBRI Tokyo akan terus memantau kondisi empat WNI tersebut.

"Sampai saat ini saya telah menerima info ada empat yang positif kena virus corona di kapal pesiar Diamond di Jepang. Itu sudah dibawa ke RS di Jepang. KBRI selalu memantau itu," ujar Jokowi.

Terkait kondisi 74 WNI lainnya, kata Jokowi, juga masih terus dipantau oleh pihak KBRI maupun otoritas Jepang. Jokowi memastikan, 74 WNI yang menjadi kru kapal itu akan mendapat perlakuan sesuai protokol kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),menyitat dari CNNI Kamis (20/02/2020).

Sementara kepulangan 74 WNI ke Indonesia, masih akan dibahas dengan otoritas Jepang.

"Yang ada di kapal masih ada 70-an, ini yang terus dikomunikasikan Kemenlu, baik dengan perusahaan kapal, pemerintah Jepang. Kita masih terus membahasnya dengan otoritas Jepang," katanya.

Sebelumnya ada 78 WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal pesiar Diamond Princess perairan Yokohama, Jepang. Mereka disebut tak perlu menjalani observasi ketika kembali ke Indonesia jika dalam kondisi sehat.

Namun ternyata dari hasil pemeriksaan terakhir, empat orang WNI dinyatakan positif virus corona seiring terus bertambahnya jumlah orang di kapal yang terinfeksi corona.

Informasi terbaru menyebutkan jumlah penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang positif terinfeksi virus corona bertambah menjadi 621 orang. Jumlah tersebut bertambah 79 dari laporan sebelumnya.

Bahkan dua di antaranya meninggal dunia. Keduanya, yakni laki-laki dan perempuan berusia sekitar 80 tahunan.

 

RR/DRS/CNNI