Wapres Sebut Industri Syariah Nasional Masih Tumbuh Rendah

Administrator - Kamis,19 Desember 2019 - 16:00:01 wib
Wapres Sebut Industri Syariah Nasional Masih Tumbuh Rendah
Wapres Ma'ruf Amin. Foto: Cnni

RADARRIAUNET.COM: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan pertumbuhan industri syariah dalam negeri masih rendah. Ini tercermin dari peran industri syariah dalam negeri yang sampai saat ini masih sebatas pembuat sertifikat dan pemberi sampel produk halal.

"Indonesia konsumen terbesar produk halal dunia tapi bukan menjadi produsen halal. Ke depan kita dorong Indonesia menjadi produsen halal terbesar," papar Wapres di Jakarta, kemarin.

Meski masih rendah, Ma'ruf mengatakan 2019 ini menjadi tahun yang positif bagi perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Tahun ini Indonesia menempati posisi empat dalam Islamic Finance Development Indicators (IFDI),  naik dibandingkan sebelumnya yang berada di peringkat sepuluh dunia.

Agar perkembangan tersebut terus berlanjut, ia mengatakan pemerintah akan berperan aktif dalam mendongkrak pertumbuhan industri syariah di dalam negeri. Fokus pengembangan akan diarahkan pada hal.

Pertama, pengembangan dan perluasan industri produk halal. Kedua, pengembangan dan perluasan industri keuangan syariah. Ketiga, pengembangan dan perluasan dana sosial.  Keempat, pengembangan dan perluasan kegiatan usaha syariah.

 

RR/CNNI