AKBP Andi Salamon Lakukan Tes Urine ASN di 30 SKPD Pelalawan

Administrator - Selasa,03 Desember 2019 - 15:49:36 wib
AKBP Andi Salamon Lakukan Tes Urine ASN di 30 SKPD Pelalawan
Pemeriksaan Abesensi ASN Usai Tes

RADARRIAUNET.COM: Dibawah pimpinan AKBP Andi Salamon S.Ik, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pelalawan melaksanakan TES URINE terhadap 1559 orang ASN di 30 SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan. Selasa (3/12/2019).

Kegiatan TES URINE 1559 orang ASN Pelalawan ini, didampingi Kasubag Umum BNNK Pelalawan, R. Haryadi P S.Kom M.Ip yang juga Koordinator Tim II BNN Kabupaten Pelalawan dengan melibatkan 2 orang personil Polres Pelalawan di setiap Tim.

Adapun peraonil Polres Pelalawan yang dilibatkan dalam setiap kegiatan itu yakni 10 personil yang dibagi 5 Tim. Polisi Pria (Polri) 5 personil dan Polisi Wanita (Polwan) 5 personil dengan pembagiannya 2 personil di setiap 1 Tim dengan jumlah 5 Tim BNN.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pelalawan, AKBP Andi Salamon S.Ik menyampaikan bahwa program pencegahan penggunaan Narkoba dilingkungan Pemda Pelalawan, sengaja dilaksanakan di 30 SKPD sebagaimana program Bupati pelalawan dalam mestrilkan peredaran dan penggunaan narkoba di lingkungan ASN Pelalawan.

"Ya, program ini dilaksanakan sesuai instruksi Menpan RB agar pencegahan dan deteksi dini dilakukan diseluruh SKPD Pelalawan sebanyak 2 kali dalam 1 Tahun," Jelasnya.

AKBP Andi Salamon menerangkan bahwa kegiatan tes urine terhadap 1559 ASN di 30 SKPD di lingkungan Pemda Pelalawan, dikerjakan oleh 5 Tim BNN Pelalawan yang tersebar dimasing- masing SKPD.

Dikatakannya lagi, kegitan tes urine ASN ini hanya sebagai pihak pelaksana saja. Peserta yang di tes urine itu bukan hanya ASN saja dan termasuk Bupati pelalawan.

"Banyak-lah, selama kegiatan ini kita laksanakan banyak terdapat ASN yang positif. ASN yang positif itu langsung kita lakukan rehab dan Alhamdullillah ada yang sudah bertaubat," jelas Andi.

Lebih lanjut AKBP Andi Salamon SIK menerangkan bahwa rangkain kegiatan pencegahan penggunaan Narkoban yang terus dilaksanakan BNN Pelalawan, bukan hanya dengan TES URINE saja melainkan penyuluhan dan sosialisasi bahaya Narkoba kepada masyarakat dan terlebih di tingkat anak-anak pelajar di sekolah-sekolah.

"Ada banyak ASN yang positif menggunakan Narkoba. Namun hal itu, tidak bisa kita pastikan orang yang positif itu terus menggunakan. Sebab, ada juga yang sudah stop. Untuk mengetahui orang yang positif sebelumnya itu sudah stop atau masih menggunakan sehingga BNN Pelalawan terus melakukan pencegahan dini dengan tes urin sebagai antisipasi," ujarnya.

Kepada sejumlah wartawan, AKBP Andi Salamon menyampaikan bahwa hasil tes urin ASN di 30 SKPD Pelalawan dengan jumlah 1559 ASN akan disampaikan hasilnya kepada Bupati Harris.

"Terkait hasilnya nanti, kita akan samaikan kepada Bupati Pelalawan," ujarnya saat sedang sibuk melaksanakan tes urin ASN di Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan.

Andi Salamon yang berpangkat AKBP ini mengapresiasi salah satu perusahan swasta yang telah menunjukkan sutu komitmennya mendukung program (P4GN) BNN Pelalawan.

Perusahaan yang kita apresiasi ini adalah PT. Adei Platations karena sudah melaksanakan TES URINE terhadap 2446 karyawanya. "Ya, dari jumlah 2446 karyawan itu terdapat 16 orang yang positif menggunakan Narkoba dan telah ditindak oleh management perusahaan dengan memberhentikan dan atau memecat mereka sebagai karyawan" jelasnya.

PT. Adei ini merupakan perusahan kali pertama menunjukkan suatu komitmennya mendukung program (P4GN). Hal ini diharapkan kepada seluruh perusahan yang ada di wilayah Kabupaten Pelalawan untuk
mendukung program BNN dalam pencegahan penggunaan Narkoba.

RRN/ARIS.H