Upacara Memperingati Hari Pahlawan ke 74

Bupati Kuansing Ajak Generasi Muda Jadi Pahlawan Masa Kini

Administrator - Senin,11 November 2019 - 14:29:07 wib
Bupati Kuansing Ajak Generasi Muda Jadi Pahlawan Masa Kini
Upacara memperingati hari pahlawan ke 74 dipimpin langsung Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi

RADARRIAUNET.COM: Meskipun dalam kondisi cuaca gerimis, upacara untuk memperingati hari pahlawan ke 74 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) di lapangan Limuno, Senin (11/11 2019) tetap berjalan hikmat.

Upacara dipimpin langsung Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi, dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kuansing Dianto Mampanini, Wakil ketua DPRD Kuansing Zul Hendri, serta kepala opd di lingkungan Pemkab Kuansing.

Upacara untuk memperingati hari pahlawan tahun ini dilaksanakan dengan pengibaran sang merah putih yang di laksanakan oleh perwakilan siswa-siswi SLTA di kabupaten Kuantan Singingi dan di ikuti juga ASN, mahasiswa,dan para tamu undangan lainnya.

Dalam arahanhya, Bupati Mursini menyampaikan pidato dari Menteri Sosial Republik Indonesia, dengan adanya hari pahlawan ini mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan untuk mendapatkan kemerdekaan yang sekarang kita nikmati, dengan tema dari hari pahlawan ‘ aku masa kini ‘ dengan cara dapat meningkatkan cinta tanah air.

”Mari kita maknai dengan wujud nyata dengan pembangunan dan rasa nasionalisme,sehingga segala permasalahan dapat kita atasi dan mengucapkan selamat hari pahlawan yang ke-74 tahun agar dapat memperjuangkan NKRI dan kelangsungan kegenerasi yang akan datang,” Sebut Bupati.

Tidak hanya itu, Melalui amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, dalam perayaan hari Pahlawan tahun 2019 ini Bupati Kuansing, menyampaikan agar masyarakat meningkatkan kesadaran untuk mencintai dan menjaga tanah air supaya tidak terpecahbelah.

"Jangan biarkan kerukunan yang telah dibangun para pendahulu dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa," ucap Bupati Mursini dalam amanatnya.

Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat Kuansing, untuk tidak terlalu gampang dihasut sehingga berdampak komplik di tengah-tengah masyarakat.Ia juga mengajak masyarakat untuk memaknai hari Pahlawan dengan wujud nyata dan bekerja membangun menuju Indonesia maju.

"Anak-anak bangsa saat ini harus meningkat dan membangkitkan semangat untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari Pahlawan tahun 2019, yaitu Aku Pahlawan Masa Kini," kata Bupati.

"Kalau kita mau, banyak caranya, selain menolong sesama warga yang terkena musiba. Kita juga bisa meningkatkan prestasi anak bangsa," tukas Bupati.

Terakhir, kunjungan Bupati Kuansing H Mursini Serta rombongan ke makam pahlawan Kuantan Singingi K.H Umar Usman Perintis/Veteran pejuang kemerdekaan RI di desa Koto Taluk sekaligus mengirimkan doa kepada beliau dan ditutup dengan tabur bunga.

Di lokasi makam ini, Bupati bersama rombongan juga menggelar Upacara penghormatan untuk mengenang jasa Almarhum atas pengorbanannya, karena telah berjuang membela NKRI semasa hidup saat agresi Belanda dan Jepang, di masa lalu. Sekaligus dilakukan tabur bunga di makam Alamarhum.

Bupati menyampaikan, menziarahi makam Pahlawan adalah bentuk pengrhormatan untuk mengenang jasa-jasa Almarhum semasa berjuang. Dan terpenting sekali kata Bupati mengirimkan doa untuk arwahnya.

Agar Arwah Alamarhum mendapat kedamaian dan ketenangan di sisi Allah SWT, sehingga mendapatkan tempat yang layak hingga hari berbangkit kelak.Kemerdekaan yang dipersembahkan Almarhum, menurutnya tidak lah didapat dengan mudah, di dalam tersimpan darah dan air mata, bahkan jiwa dan raga sebagai taruhannya.

Untuk menghargai perjuangannya, maka kata Bupati generasi sekarang mesti meneruskan cita-cita Almarahum dengan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan di Negeri ini, baik itu pembangunan moral maupun mental.

"Itulah bentuk penghormatan kita terhadapnya, kita harus mengisi buah perjuangannya dengan hal-hal bermanfaat untuk Negeri ini, maka dari itu mari kita persembahkan yang terbaik untuk Negeri kita ini," kata Bupati.

 

Adv