Bupati Sukiman Bangga 5 Karya Budaya Rohul Ditetapkan Sebagai WBTB Indonesia

Administrator - Kamis,17 Oktober 2019 - 16:12:21 wib
Bupati Sukiman Bangga 5 Karya Budaya Rohul Ditetapkan Sebagai WBTB Indonesia
Sukiman

RADARRIAUNET.COM: Dalam dua tahun terakhir, sedikitnya ada 5 (lima) karya budaya, di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapat pengakuan dan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Karya Budaya daerah lokal di Provinsi Riau yang ditetapkan sebagai WBTB diantaranya, Silek 3 (tiga) Bulan, Ratik Bosa/Togak dan Lukah Gilo yang telah diterima setrtifikat WBTB Indonesia pada tahun 2018 lalu, oleh Bupati Rohul H Sukiman di Jakarta.

Tahun 2019, tercatat dua karya budaya diakui dan ditetapkan sebagai WBTB Indonesia, berupa Tari Cegak dan Buwong Kwayang. Selain itu, Pemkab Rohul memperoleh penetapan 11 cagar budaya peringkat Provinsi Riau yang perlu di lestarikan, termasuk beberapa lokasi sejarah dan tempat religi yang ada di Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman kepada Wartawan, Rabu (16/10/19) menyebutkan, dirinya merasa bangga dengan diperolehnya lima karya budaya Rohul yang diakui dan ditetapkan sebagai WBTB Indonesia oleh Pemerintah Pusat dalam dua tahun terakhir ini.

Pengakuan Pusat atas karya Budaya lokal di Negeri Seribu Suluk itu, tidak terlepas dari komitmen dari Pemerintah Kabupaten Rohul, dalam membangkitkan budaya lokal yang sudah ada sejak dulunya.

Dengan telah tetapkan 5 karya budaya tak benda itu, maka pemerintah daerah dan masyarakat mempunya kewajiban, memelihara dan melestarikan budaya lokai itu untuk generasi sekarang dan dimasa mendatang.

"Dengan diakuinya 5 karya budaya tak benda itu, membuktikan Kabupaten Rohul memiliki keberadaban sejak dulunya. Pengakuan karya budaya Rohul yang ditetapkan menjadi WBTB Indonesia oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kedepannya harus dilestarikan,’’ katanya, dilansir rokanhulu.com.

Dalam kesempatan itu, Sukiman menjelaskan, selain bidang budaya, pemerintah daerah konsen memperhatikan bidang Pariwisata. Karena potensi Pariwisata Rohul ini sangat menjanjikan di Proivinsi Riau yang tidak ada di daerah lain.

Sehingga potensi pariwisata yang ada menjadi perhatian serius untuk ditata dan dikembangkan oleh Pemkab Rohul, sehingga kedepan memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi kelanjutan pembangunan di Negeri Seribu Suluk, baik untuk membuka lapangan kerja baru maupun sumber pendapatan baru.

 

RR/DAI