Luhut: Tak Masalah Prabowo Bergabung ke Koalisi Jokowi

Administrator - Rabu,16 Oktober 2019 - 15:31:04 wib
Luhut: Tak Masalah Prabowo Bergabung ke Koalisi Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Foto: INT

RADARRIAUNET.COM:  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan tak ada masalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bergabung dalam koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Luhut menilai bagus jika Prabowo merapat ke koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Ya bagus-bagus saja kan, enggak ada masalah kan. Apa saja bisa terjadi," kata Luhut usai bertemu Jokowi, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/10). Luhut tak mempersoalkan Gerindra yang berlawanan dalam Pilpres 2019. Menurutnya, demi kepentingan yang lebih besar semua bisa dilakukan.

"Ya, kalau untuk kepentingan bangsa yang lebih besar kan, apa saja bisa dilakukan," ujarnya. Meski nantinya Gerindra bergabung, Luhut meyakini tetap ada kelompok yang menjadi penyeimbang pemerintah lima tahun ke depan. Namun, ia tak tahu apakah Gerindra, termasuk Demokrat ataupun PAN akan bergabung dalam koalisi,menyitat dari CNNI Senin (15/10/2019). "Ya ada. Pasti. Check and balance itu pasti saja ada," tuturnya. Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat pekan lalu. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengaku turut membicarakan peluang Gerindra masuk dalam koalisi pemerintah.

Namun, ia menyatakan belum ada kesepakatan dengan Prabowo terkait Gerindra masuk koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin. "Kami bicara mengenai kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi," kata Jokowi, Jumat (11/10). Sementara itu, Prabowo menuturkan pihaknya selalu mengutamakan kepentingan yang besar, yakni bangsa dan negara. "Apabila kami diperlukan, kami siap untuk membantu. Kalau diperlukan kami siap," katanya.

Sebelum bertemu dengan Prabowo, Jokowi lebih dahulu bertemu dengan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga membahas peluang Demokrat masuk dalam koalisi. Kemarin, Senin (14/10), Jokowi bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Jokowi mengakui turut membicarakan peluang PAN bergabung dalam koalisi. Namun, kata Jokowi, belum lahir kesepakatan mengenai hal itu dengan Zulhas.

 

RR/DRS/CNNI