5 Obat Alami Panas Dalam

Administrator - Rabu,09 Oktober 2019 - 11:45:24 wib
5 Obat Alami Panas Dalam
Ilustrasi. cnni pic

JAKARTA: Panas dalam kerap dialami banyak orang, khususnya saat musim pancaroba. Serangan panas dalam sering digambarkan dengan kondisi tenggorokan yang panas, tak nyaman, terasa sakit untuk menelan, bibir pecah-pecah, sampai susah buang air besar.

Bau mulut juga menjadi penanda kalau Anda terserang panas dalam.

Apa penyebab panas dalam? Mengutip berbagai sumber, panas dalam diyakini terjadi karena terlalu banyak makan makanan yang diolah dengan suhu tinggi (panas) misalnya gorengan, cokelat, makanan berbumbu, ataupun durian.

Namun secara medis, panas dalam bisa muncul karena adanya peradangan di dalam tubuh. Hal ini terjadi misalnya karena infeksi saluran napas atas (ISPA), iritasi tenggorokan, refluks asam lambung, dan lainnya.

Ketika merasakan panas dalam, kebanyakan orang langsung menenggak berbagai jenis obat tradisional seperti minuman penyegar dan pereda panas dalam yang banyak dijual di pasaran.

Hanya saja, sebelum memutuskan untuk menenggak obat panas dalam, ada berbagai obat alami untuk meredakan panas dalam yang dialami.

Berikut obat dan cara alami untuk meredakan panas dalam.

1. Minum air putih
Minum air putih adalah cara 'paling aman' untuk mengobati panas dalam. Air putih akan membantu melembapkan tenggorokan dan mencegah dehidrasi.

2. Kumur air garam
Kumur air hangat garam tak hanya membantu meredakan sakit gigi. Namun air garam juga akan membantu meredakan panas dalam.

3. Minum air jahe, madu, dan lemon
Mengutip Hello Sehat, air jahe, madu, dan lemon akan menghangatkan tenggorokan dan meredakan panas dalam. madu dan jahe akan meredakan rasa sakit di tenggorokan karena kandungan antibakteri di dalamnya.

4. Makan sayur dan buah
Panas dalam juga akan menyebabkan susah buang air besar. Namun obat terbaik untuk gejala panas dalam yang satu ini adalah serat melalui sayur dan buah.

5. Minum dan makanan hangat
Minum air hangat dan makan makanan hangat akan membantu Anda meredakan tenggorokan yang terasa sakit karena panas dalam.

Sup hangat, teh hangat, air madu hangat akan membantu.


RRN/CNNI