Rutin Makan Ikan Saat Hamil, Tingkatkan Kemampuan Otak Janin

Administrator - Rabu,09 Oktober 2019 - 11:41:18 wib
Rutin Makan Ikan Saat Hamil, Tingkatkan Kemampuan Otak Janin
Ilustrasi. cnni pic

JAKARTA: Asupan nutrisi selama hamil tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan stamina ibu, namun juga sangat berpengaruh pada perkembangan janin. Ada sejumlah makanan yang kandungan nutrisinya dapat meningkatkan kemampuan otak bayi bila dikonsumsi selama kehamilan, salah satunya ialah seafood atau makanan laut.

Makanan laut, terutama ikan, dinilai memiliki kandungan lemak baik yang bisa menjadi nutrisi penopang tumbuh kembang otak janin. Itu sebabnya, makanan laut disarankan untuk masuk ke dalam menu diet harian. Sebuah studi menemukan, konsumsi makanan laut selama masa kehamilan bisa meningkatkan kemampuan otak janin, terutama dalam hal konsentrasi saat mereka sudah masuk ke usia sekolah.

Melansir dari INews UK, peneliti dari Barcelona Institute for Global Health menganalisis asupan diet dari seribu ibu hamil. Anak-anak mereka pun kemudian menjalani tes kemampuan konsentrasi.

Hasilnya, peneliti menemukan anak yang ibunya rutin mengonsumsi ikan dan jenis makanan laut lain selama kehamilan trimester pertama, memperoleh skor tinggi. Skor tinggi juga diperoleh anak yang ibunya mengonsumsi lemak ikan selama hamil. Sedangkan anak yang ibunya hanya mengonsumsi tuna kaleng atau kerang memperoleh nilai lebih rendah ketimbang yang lain.

Mengapa ikan bisa berkaitan dengan kemampuan memperhatikan?

Tim menduga ikan mengandung komponen nutrisi yang penting untuk perkembangan otak semisal asam lemak tak jenuh ganda. Riset yang diterbitkan di The International Journal of Epidemology juga menganalisis data dari kebiasaan makan anak usia 1, 5, dan 8 tahun.

"Konsumsi makanan laut selama trimester pertama kehamilan memiliki efek yang lebih besar pada kemampuan anak-anak dalam berkonsentrasi ketimbang mengonsumsinya di akhir usia kehamilan," jelas pemimpin studi Jordi Julvez melansir dari Science Daily (2/10).

Manfaat tersebut juga didapat bila anak-anak rutin mengonsumsi ikan dan makanan laut lainnya sejak balita, ketimbang baru mengonsumsinya pada usia lima tahun di mana proses perkembangan saraf anak sudah selesai.

Beberapa makanan laut yang direkomendasikan bagi ibu hamil ialah ikan salmon, ikan sarden, ikan sarden, ikan berlemak lainnya, kepiting, serta udang. Konsumsi sebanyak 3-4 porsi seminggu, kombinasikan dengan konsumsi lauk lainnya seperti daging dan ayam agar kebutuhan protein terpenuhi.

Namun, ada beberapa makanan laut yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena potensi kandungan merkuri yang justru bahaya bagi perkembangan janin. Merkuri dalam jumlah tinggi yang juga terdapat pada sejumlah kosmetik dapat menembus plasenta dan menyebabkan kerusakan otak, sistem syaraf, hingga ginjal janin.

Jenis makanan laut yang berpotensi mengandung merkuri tinggi ialah ikan hiu, king makarel, ikan marlin, ikan todak, ikan mentah, serta ikan dari perairan yang tercemar.


RRN/CNNI