Trik Mudah Membersihkan Plafon Mobil Menguning

Administrator - Selasa,08 Oktober 2019 - 15:16:09 wib
Trik Mudah Membersihkan Plafon Mobil Menguning
Menghilangkan noda kuning di plafon cukup dengan menggunakan cairan sabun. medcom.id pict

PEKANBARU: Mobil dengan usia di atas lima tahun, biasanya memiliki plafon yang mulai menguning. Namun jangan kecil hati, hal ini bisa dengan mudah diatasi pakai air sabun. Marcello, pemiliki Details Auto Detailing, menjelaskan bahwa menghilangkan noda kuning di plafon mobil tidaklah sukar. Pemilik cukup menggosoknya dengan sikat dan air sabun.

"Kalau atapnya dari semi kulit atau kulit, bisa ambil air sabun deterjen baju atau sabun dengan konsentrat tinggi," jelas Marcello saat dihubungi Medcom.id, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Ia menerangkan, untuk membersihkan plafon yang bernoda dapat menggunakan sikat dan sponge. setelah itu di lap dengan kain micro atau lap bersih agar tidak basah dan cepat kering. Sedangkan untuk plafon berbahan suede, sebaiknya menggunakan cairan khusus untuk membersihkan suede. Cairan ini ada banyak tersedia di beberapa pusat perbelanjaan ataupun supermarket.

Marcello tidak menjamin bahwa noda bisa hilang 100 persen, semua tergantung nodanya. Tetapi Ia memastikan bahwa noda bisa tersamarkan dan tidak mencolok di plafon mobil. Jadi tak perlu harus ganti bahan plafon yang baru agar interior klimis lagi.

Lalu faktor apa yang biasa membuatnya berwarna kuning? tentu ada beberapa hal, termasuk kebiasaan merokok saat mengendarai mobil, lalu sering melalui jalan dengan kondisi berdebu dengan kaca kabin yang terbuka. Ada juga yang disebabkan oleh debu karena sering ada cairan yang tumpah dan mengering karena mobil terjemur di bawah sinar matahari.

Untuk menghindari plafon yang menguning kembali setelah proses pembersihan dilakukan, tentu dengna menghindari hal-hal tersebut di atas terjadi. Misalnya tidak merokok ketika mengendarai kendaraan atau pun ketika jadi penumpang. Juga tidak sering membuka jendela saat melewati kondisi jalan berdebu.


RNN/MEDCOM.ID