Tiga Tim Mundur dari Tour De Siak Gara-gara Kabut Asap

Administrator - Rabu,18 September 2019 - 16:19:24 wib
Tiga Tim Mundur dari Tour De Siak Gara-gara Kabut Asap
ilustrasi.cakaplah.com pic

SIAK : Meski udara di Siak masih diselimuti kabut asap tebal dan tidak sehat akibat kebakaran hutan dan lahan, event balap sepeda berskala internasional Tour De Siak (TDSi) tetap dilaksanakan.

Namun tidak semua peserta yang telah mendaftar mengikuti TDSi tahun ini. Tiga tim dari 14 tim yang mendaftar membatalkan keikutsertaannya karena kabut asap yang tebal.

"Awalnya yang akan turut berlaga 14 tim sekarang tinggal 11 tim, 3 tim yang sudah hadir di bandara SSK II Pekanbaru kembali pulang karena kabut asap. Pesertanya sudah hadir, tapi mungkin dari management maupun sponsosrnya meminta pulang dikarenakan persoalan kesehatan," ujar Sondi Sampurno Ketua PB ISSI, Selasa (17/09/2019), malam di Ruang Zamrud Room seperti sitat cakaplah.com.

Ia juga mengatakan, perbedaan standar daripada peraturan kesehatan dari berbagai negara juga menjadi penyebab pulangnya 3 tim yang sebenarnya pesertanya sudah sampai di Pekanbaru.

"Pada intinya acara TDSi akan tetap dilanjutkan dengan tidak menyampingkan aspek keselamatan dan kesehatan dan peserta pun juga turut mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Siak untuk terus melanjutkan pelaksanaan Ivent TDSi, tentunya dengan menjaga keselamatan dan kesehatan" tambahnya lagi.

Bahkan ia menjelaskan para peserta balap sepeda saat berlaga tidak menggunakan masker, sebab menurut hasil diskusi dari PB ISSI bersama peserta menganggap kabut asap ini adalah hal yang biasa.


"Peserta sampaikan soal kabut asap ini adalah hal yang biasa. Lagi pula ini adalah asap kiriman sehingga tidak menyurutkan semangat peserta untuk tetap melanjutkan TDSi ini" tambahnya

Ketiga tim yang membatalkan diri untuk ikut dalam laga balap sepeda tingkat internasional itu adalah Sapura dari Malaysia, St George Continental Cycling Team dari berbagai negara, dan PGN Road Cycling Team dari Indonesia. Maka dari itu peserta yang awalnya 14 kini menjadi 11 tim.

Tour de Siak akan diawali pada Rabu (18/9/2019) ini dengan "Fun Bike" di Kecamatan Siak. Lalu Bazar di Lapangan Tugu Siak serta penampilan Grup Band Andra and the Backbone pada malam harinya di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II, Mempura.

Kamis (19/9/2019) besok balap Etape Pertama yang dilalui Siak-Mempura-Dayun-Siak itu akan dilalui dengan dua lap dengan panjang perjalanan 128 Kilometer. Etape kedua Siak-Bungaraya-Sungai Apit-Siak panjang perjalanan 114 Km.

Etape ketiga Siak-Dayun-Buatan-Siak dua Lap dengan panjang perjalanan 160 Km. Terakhir etape keempat Siak City Race dengan delapan lap panjang perjalanan 140 Km. Total panjang etape untuk tahun ini, sepanjang 542 Km.

Ada sebanyak 55 orang pebalap dari 11 Tim yang turut berlaga akan perebutkan hadiah ratusan juta rupiah pada acara yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.


RRN/CKP