Manfaat Bercerita bagi Perkembangan Anak

Administrator - Rabu,18 September 2019 - 15:07:45 wib
Manfaat Bercerita bagi Perkembangan Anak
Ilustrasi.medcom.id pic

Jakarta: Bercerita kepada anak ternyata memiliki banyak manfaat. Entah itu dilakukan oleh orang tua ataupun anak yang bercerita.

Membacakan cerita kepada anak juga bisa dilakukan kapanpun, mulai dari siang hari setelah mereka pulang sekolah ataupun malam hari sebelum mereka tidur.

"Ada banyak manfaat dari bercerita untuk anak, karena dunia mereka memang bermain dan bercerita," ujar Jovita Marliana, M.Psi, seorang psikolog anak dan keluarga seperti sitat medcom.id.

Bercerita, lanjutnya, bisa meningkatkan perkembangan memori anak. Karena ada proses mengingat kembali cerita. "Sehingga itu sangat bermanfaat bagi perkembangan memorinya," terangnya.

Selain itu, dengan bercerita juga  akan memperkaya kemampuan berbahasan dan kosakata anak. "Tingkat intelegensi anak juga akan meningkat dan dengan mengulang kembali cerita, itu dapat mengasah kemampuan kognitif anak," jelas Jovita.

Dengan menanggapi cerita atau bercerita juga anak bisa menyalurkan emosi yang mereka rasakan. Sehingga emosi mereka menjadi lebih baik. "Bercerita juga bisa meningkatkan bonding antara anak denfan orang tua atau keluarga," tutur Jovita.


Ia juga menjelaskan bahwa anak yang sejak kecil sering bercerita atau mendengarkan cerita dari orang tua akan menjadi lebih terbuka, ketika usia remaja dan dewasa karena mereka umumnya memiliki bonding yang kuat dengan orang tuanya.

"Bercerita juga bisa meningkatkan kreativitas anak sehingga mereka memiliki kemampuan problem solving yang baik. Dengan imajinasi dan kreativitas yang baik anak bisa mengambil keputusan denfan cepat serta mampu menjelaskan sesuatu dengan lebih baik," ujar Jovita.

Menurut Jovita, hal ini sangat perlu dilakukan karena imajinasi dan kreativitas seseorang merupakan sesuatu yang tidak bisa digantikan sekalipun dengan mesin. "Bercerita dengan anak sangat penting dilakukan karena dengan begitu, proses tumbuh kembang anak yang positif bisa dilakukan," ucapnya.

Jovita menyarankan agar orang tua melakukan kebiasaan bercerita atau mendengarkan cerita anak sejak mereka masih kecil. Terutama ketika anak memasuki masa-masa golden age atau 1000 hari pertama kehidupan mereka. Karena itu merupakan landasan yang tepat untuk perkembangan selanjutnya terutama pada saat mereka remaja nantinya.


RRN/MCI