Portugal, Destinasi Paling Ramah Disabilitas di Dunia

Administrator - Rabu,18 September 2019 - 13:44:38 wib
Portugal, Destinasi Paling Ramah Disabilitas di Dunia
Kota Porto di Portugal. cnni pic

Jakarta : Pemandangan indah dan harga akomodasi yang terjangkau nyatanya belum cukup untuk menjadikan sebuah destinasi ramah turis segala kalangan.

Selain kelestarian alam, salah satu hal yang juga disoroti belakangan ini ialah keberadaan fasilitas dan layanan bagi penyandang disabilitas di suatu tempat wisata.

Tahun ini dalam penghargaan perdana, Portugal menyandang predikat sebagai destinasi wisata dengan fasilitas dan layanan disabilitas terbaik di dunia.

Penghargaan 'Accessible Tourist Destination 2019' ini merupakan inisasi dari Badan Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) dan ONCE Foundation, seperti yang seperti sitat CNN Indonesia, Rabu (18/9/2019).

Portugal menduduki peringkat pertama karena memiliki program 'All for All Programme' yang dicanangkan sejak tahun 2016.

"Pariwisata yang dapat diakses oleh segala pihak ialah hal penting bagi negara dan dunia. Meskipun masih banyak yang harus dilakukan, kami berharap dapat terus menjadi pemimpin dunia dalam kategori ini," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata Portugal Mendes Godinho, seperti sitat CNN Indonesia.


Dalam program tersebut badan pariwisata negara, Visit Portugal, membuat kegiatan wisata terpadu untuk turis penyandang disabilitas ke penjuru daerahnya.

Tak hanya ke museum atau bangunan bersejarah, Visit Portugal juga mengajak turis penyandang disabilitas untuk mendatangi pantai dan festival.

Bukan cuma anak kecil atau anak muda, turis lansia juga bisa mengikuti program ini.

Segala informasi mengenai kegiatan wisata bagi turis penyandang disabilitas di Portugal bisa diketahui melalui situs tur4all.


RRN/CNNI