Tiru Liverpool, Kota Seoul Bakal Dijadikan Pusat Musik

Administrator - Selasa,17 September 2019 - 11:11:06 wib
Tiru Liverpool, Kota Seoul Bakal Dijadikan Pusat Musik
Pemerintah Korsel tergerak untuk memajukan kesejahteraan penduduknya lewat musik. Ide itu dipicu oleh kesuksesan BTS. cnni pic

Jakarta : Pemerintah Seoul mengumumkan rencana untuk menjadikan ibu kota Korea Selatan tersebut sebagai pusat musik, demi membangun momentum kesuksesan K-Pop yang dipicu oleh boyband BTS. Menurut laporan Yonhap, pemerintah Seoul telah berinvestasi senilai 481,8 miliar won atau sekitar Rp5,7 triliun.

Nantinya, dalam rencana yang ditargetkan beres kurang dari lima tahun itu pemerintah setempat memiliki sembilan proyek dengan tujuan melestarikan industri musik lokal, meningkatkan pertukaran musik dengan kota-kota di seluruh dunia, serta memperluas program musik untuk penduduk Seoul.

"Kami bertujuan untuk meningkatkan daya saing Seoul, serta meningkatkan kualitas hidup penduduk Seoul, melalui musik," kata Yoo Yeon-sik, Wakil Walikota untuk Bidang Kebudayaan seperti sitat CNN Indonesia.

Menurutnya, program itu mengikuti Liverpool dan Aspen sebagai kota yang telah berhasil menjadi pusat musik global.

Liverpool dianggap sebagai kampung halaman The Beatles, sementara Aspen terkenal karena festival musik klasik tahunannya.

Rencana ini juga diarahkan untuk meningkatkan pembangunan tempat-tempat konser, dengan Seoul Arena yang memiliki 18.400 kursi dan Seoul Classic Hall berkapasitas dua ribu kursi dijadwalkan masing-masing selesai pada 2023 dan 2024.


Pejabat kota yang mengambil bagian dalam menyusun rencana memperkirakan pendirian tempat musik juga akan menciptakan sekitar 12 ribu pekerjaan setiap tahun.

Sebagai bagian dari rencana, Seoul juga akan memperluas program pendidikan musik untuk masyarakat setempat dengan menjalankan pusat-pusat musik dan kampanye yang mendorong orang untuk meminjamkan alat musik.

Sementara itu, pemerintah kota mengatakan akan memperluas cakupannya dari K-pop ke genre lain, seperti musik tradisional Korea dan musik indie.

Berdasarkan rencana tersebut, Seoul akan mendirikan pusat musik tradisional Korea pada 2022 dan mendukung kelompok musik indie melalui berbagai pemasaran.

Menurut data pemerintah setempat yang dikutip dari Yonhap, 77 persen konser negara itu dan 62 persen dari perusahaan yang berhubungan dengan musik berbasis di Seoul.


RRN/CNNI