Masalah Lorenzo Diungkap Honda Jelang MotoGP San Marino

Administrator - Kamis,12 September 2019 - 15:12:00 wib
Masalah Lorenzo Diungkap Honda Jelang MotoGP San Marino
Jorge Lorenzo kesulitan beradaptasi bersama Repsol Honda. cnni pic

Jakarta : Direktur tim Repsol Honda Alberto Puig mengungkap masalah utama Jorge Lorenzo jelang balapan MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano, Minggu (15/9/2019).

Lorenzo mengalami masa sulit di musim pertama bersama Honda. Juara dunia MotoGP tiga kali itu belum pernah menembus finis sepuluh besar musim ini. Lorenzo juga sempat empat kali absen balapan karena cedera.

Lorenzo kembali dari cedera dengan meraih finis posisi 14 pada balapan MotoGP Inggris, 25 Agustus lalu. Selanjutnya pebalap asal Spanyol itu akan kembali tampil di MotoGP San Marino akhir pekan ini.

Puig mengatakan penampilan buruk yang dialami Lorenzo musim ini bukan karena teknik X-Fuera tidak cocok dengan sepeda motor RC213V. Puig menganggap Lorenzo hanya kurang 'berani' dan kurang 'kemauan'.

"Untuk Lorenzo, ini seperti memulai dari nol lagi. Tapi, dia harus menginginkannya, antusias, dan termotivasi. Dia harus memiliki kemauan untuk mengambil risiko dan menerima kalau MotoGP adalah olahraga yang bisa melukai Anda," ujar Puig seperti sitat CNN Indonesia.


"Saya tidak melihat masalah Lorenzo adalah teknik, tapi lebih kepada keberanian dan kemauan. Kami ingin melihat dia tampil cepat seperti saat bersama Yamaha, itu impian kami," sambung Puig.

Lorenzo sempat dikabarkan akan meninggalkan Honda usai MotoGP 2019. Puig mengaku Honda belum siap ditinggal Lorenzo dan akan kesulitan mencari pengganti.

"Jika Lorenzo memutuskan untuk mengakhiri kontrak, yang merupakan sesuatu yang kami tidak inginkan, saat ini Honda tidak siap untuk mengganti dia. Kami belum memikirkan pengganti. Tapi, jika Lorenzo benar-benar pergi, kami harus bereaksi dan mulai mencari opsi, meski itu tidak akan menyenangkan," ucap Puig.


RRN/CNNI