3 Pilihan Susu 'Alami' Untuk Penderita Diabetes

Administrator - Rabu,11 September 2019 - 12:30:48 wib
3 Pilihan Susu 'Alami' Untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi. Susu rendah lemak bisa menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes. cnni pic

Jakarta : Bagi penderita diabetes, rutin mengonsumsi susu dapat memberikan dampak positif.

Sebuah studi tahun 2011 dalam Journal of Nutrition pernah meneliti 82 ribu wanita yang sudah memasuki masa menopause. Selama 8 tahun, peneliti mengukur jumlah produk susu yang mereka konsumsi.

Hasil studi mendapati, asupan produk susu rendah lemak dan karbohidrat berkaitan dengan risiko diabetes yang lebih rendah pada wanita pascamenopause.

Studi lainnya dari American Journal of Clinical Nutrition juga meneliti adanya hubungan mengonsumsi susu selama masa remaja dengan rendahnya risiko terkena diabetes tipe 2.

Tetapi, tidak semua jenis susu bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengutip Medical News Today, berikut sejumlah susu 'alami' yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.


1. Susu almond tanpa gula

Jika penderita diabetes sedang berusaha mengurangi asupan karbohidrat sebanyak mungkin, susu almond bisa menjadi pilihan. Sebab susu ini memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, bahkan beberapa mengandung hampir nol karbohidrat. Kandungan lemaknya pun hanya sepertiga dari susu biasa yang umumnya memiliki minimal 8 gram kandungan lemak.

Berikut kandungan nutrisi dalam 1 gelas susu almond:
Kalori: 39
Lemak: 2,88 g
Karbohidrat: 1,52 g
Serat: 0,5-1 g (tergantung merk)
Protein: 1,55 g
Kalsium: 516 mg


2. Susu kedelai tanpa gula

Kandungan karbohidrat dalam segelas susu kedelai memang lebih tinggi ketimbang susu almond, namun jumlahnya hanya sepertiga dari susu full cream ataupun susu skim yang mencapai 12 gram.

Berikut kandungan nutrisi dalam 1 gelas susu kedelai:
Kalori: 79
Lemak: 4,01 g
Karbohidrat: 4,01 g
Serat: 1
Protein: 7 g
Kalsium: 300 mg


3. Susu rami tanpa gula

Susu yang terbuat dari biji rami ini bisa jadi belum populer di Indonesia, namun namanya sudah populer di negara barat karena khasiat sehatnya. sama seperti susu almond, susu rami memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah, namun kaya akan omega 3, kalsium, zat besi, serta magnesium. Sehingga menjadi pilihan susu terbaik bagi penderita diabetes.

Berikut kandungan nutrisi dalam 1 gelas susu rami:
Kalori: 24
Lemak: 2,5 g
Karbohidrat: 1,02 g
Serat: 0
Protein: 0
Kalsium: 300 mg


RRN/CNNI